Sabigaju.com – Mengingat luasnya wilayah Rusia, jelas negara ini memiliki banyak destinasi wisata gunung yang menakjubkan

Destinasi wisata gunung ini tidak saja hanya ada di kawasan Eropa Rusia, tetapi di wilayah Asia Rusia juga membentang pegunungan-pegunungan yang memiliki keunikannya tersendiri.

Nah bagi kalian  yang suka tertantang untuk menjajal wisata gunung, maka berikut adalah rekomendasi Albatrostrip gunung-gunung yang dapat kalian jelajahi di Rusia:

1. Puncak Gunung Elbrus

Gunung Elbrus yang terletak di pegunungan Kaukasus di selatan Rusia dan dekat perbatasan Georgia ini memiliki puncak gunung tertinggi di Eropa.

(Foto: Instagram.com/elbrusmountain)

Gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi ini menawarkan pemandangan spektakuler bagi pendaki gunung berpengalaman maupun pendaki gunung pemula yang penuh semangat.

Merasakan berada di atap tertinggi Eropa ini tentunya bisa menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi Anda yang memiliki jiwa petualang.

BACA JUGA: Ngebet Ke Luar Angkasa? Jajal Wisata Kosmonot Rusia Yuk 

2. Puncak Gunung Narodnaya

Destinsi wisata Gunung Narodnaya merupakan puncak tertinggi di pegunungan Ural dengan ketinggian mencapai 1.895 meter di atas permukaan laut.

(Foto: Instagram.com/poiskputi.ru)

Pendaki baik dari Rusia dan seluruh dunia tertarik untuk menjajal wisata gunung ini karena pemandangannya yang indah dan akses transportasi yang relatif lebih mudah dibandingkan ke gunung-gunung lainnya di kawasan Ural.

Nah, kamu dapat melihat sisi benua Asia dan Eropa dari ketinggian secara bersamaan karena gunung ini merupakan bagian dari pegunungan Ural yang memisahkan benua Asia dan Eropa.

3. Puncak Gunung Kyzyyl-Taiga

Bagi orang lokal Rusia, Kyzyyl-Taiga dikenal sebagai gunung yang keramat dan diterjemahkan sebagai “the red mount covered in forests”.

Bagi yang mendaki gunung ini akan memiliki kesempatan melihat pemandangan menakjubkan pegunungan Altai dan lembah sungai Yenesei.

(Foto: Instagram.com/intosiberia)

Gunung yang memiliki ketinggian 3.121 meter di atas permukaan laut ini dapat dikatakan jarang dikunjungi oleh turis, sehingga sangat cocok buat kalian yang ingin mencari tempat yang tenang dan damai.

Untuk memulai perjalanan di pegunungan ini, kalian dapat memulainya dari Republik Tuva, yang terletak di Siberia Selatan, Rusia.

4. Puncak Gunung Belukha

Puncak Gunung Belukha yang memiliki ketinggian 4.509 meter di atas permukaan laut ini adalah puncak tertinggi di Pegunungan Emas Altai di jantung Siberia yang terdaftar di UNESCO.

Meskipun mendaki puncak gunung ini membutuhkan keterampilan dan pengalaman mendaki gunung, ada juga jalur trekking untuk pemula.

(Foto: Instagram.com/altaidreamtour)

Majalah Forbes pernah memasukkan Gunung Belukha dalam daftar gunung yang bahkan bisa didaki oleh para pemula.

Namun demikian, kondisi cuaca yang tidak menentu, jalur pendakian yang penuh es dan licin membutuhkan perhatian khusus ketika mendaki pegunungan ini.

Sepanjang tahun puncak gunung yang megah ini selalu tertutup salju, dan oleh sebab itulah mengapa orang Rusia menyebutnya “Belukha” dari kata “bely”, yang artinya “putih”.

5. Puncak Gunung Dykhtau

Gunung Dykhtau atau diterjemahkan sebagai “gunung curam” ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Eropa dengan ketinggian 5.202 meter diatas permukaan laut dan berlokasi di kawasan Kaukasus, Rusia.

(Foto: Instagram.com/alexey.trubachev)

Untuk mendaki gunung yang seringkali dijuluki sebagai “Russian Himalaya” ini diperlukan kemampuan teknis mendaki dan nyali yang tinggi karena gunung ini merupakan salah satu gunung tersulit di planet bumi untuk didaki

Salah satu alasannya adalah karena jalur pendakian ini sering longsor salju, curam dan cuaca buruk.

(Foto: Instagram.com/alexey.trubachev)

Gunung  ini sangat cocok bagi pendaki berpengalaman yang ingin merasakan sensasi melihat pemandangan alam dari salah satu puncak gunung paling menantang di dunia.

BACA JUGA: Pacu Adrenalin, Jajal Bazooka Plus Naik Tank Tempur di Rusia 

6. Puncak Gunung Klyuchevskaya Sopka

Destinasi wisata Gunung Klyuchevskaya Sopka yang terletak di Semenanjung Kamchatka Rusia ini adalah gunung berapi aktif tertinggi tidak saja di Rusia, tetapi juga di Kawasan Eurasia.

(Foto: Instagram.com/vallyspichak)

Masuknya destinasi wisata gunung ini ke dalam daftar UNESCO lantaran menyimpan kekayaan flora palearktik, spesies-spesies langka seperti elang laut stellar dan elang buntut putih yang tertarik dengan salah satu sumber berkembang biaknya ikan salmon di Selat Bering.

(Foto: Instagram.com/parallel60)

Gunung Klyuchevskaya Sopka diperkirakan muncul sekitar 6000 – 7000 tahun yang lalu dan pertama kali terekam erupsi pada tahun 1697.

Gunung ini juga dianggap sakral oleh sebagian masyarakat adat di Rusia karena diyakini bahwa gunung ini adalah lokasi dimana dunia diciptakan oleh Tuhan.

7. Puncak Gunung Bolshoi Tkhach

Puncak gunung Bolshoi Tkhach yang memiliki ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut ini terletak di wilayah Kaukasus Barat dan merupakan bagian dari daftar UNESCO di Rusia.

Destinasi wisata gunung ini dapat dikatakan unik karena memiliki “wajah” yang berbeda-beda apabila dilihat dari berbagai penjuru mata angin.

Apabila dilihat dari utara, pegunungan ini tampak seperti kepalan tangan yang menghadap ke kota.

(Foto: Instagram.com/katja.reiterr)

BACA JUGA: Berpetualang ke Murmansk, Lingkar Kutub Utara Rusia 

Dilihat dari sisi barat, Bolshoy Tkhach  akan terlihat seperti tembok batu besar. Puncaknya sendiri terlihat menyerupai gigi gergaji besar yang miring.

Sementara bila dari timur, kamu dapat melihat puncaknya tampak seperti busur kapal laut raksasa dengan buritan setengah cekung.

Sementara bila dilihat dari selatan, Bolshoy Tkhach menyerupai kastil gotik. Destinasi wisata Gunung ini semakin terlihat sangat indah dan mengesankan jika dilihat dari pusat wisata Lagonaki,

Comments