warganet ramai membicarakan doole barlap karung yang dibuat oleh Google untuk merayakan Peringatan HUT RI ke-73. (Foto: Google)
Warganet ramai membicarakan doole barlap karung yang dibuat oleh Google untuk merayakan Peringatan HUT RI ke-73. (Foto: Google)

Sabigaju.com – Hari ini mesin pencarian terbesar di Planet Bumi tampil sedikit berbeda. Mesin pencari ini menghadirkan doodle khusus untuk turut memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  Kemerdekaan Indonesia ke-73.

Pada edisi Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia kali ini, tampak tiga orang anak yang sedang melakukan lomba balap karung. Dibawahnya, terdapat tulisan Google disertai dengan frame berwarna merah putih, yang juga merupakan warna bendera kebangsaan RI.

Lomba balap karung  sendiri adalah salah satu perlombaan tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia dan diadakan di berbagai daerah.

Google coba menggambarkan bagaimana kemeriahan peringatan ulang tahun RI. Karena mereka menilai hanya sedikit negara yang memperingati hari kemerdekaan melebihi kemeriahan di Indonesia.

“Di seluruh negeri, dari kota ke desa, Hari Kemerdekaan dimulai lebih awal dengan gotong royong membersihkan dan memperindah lingkungan. Spanduk dan bendera merah putih menghiasi rumah, toko-toko, dan sekolah-sekolah dalam persiapan menghelat lomba yang seru, seperti Lomba Balap Karung yang terlihat di Doodle hari ini,” tulis Google dalam keterenganya.

Warganet Ramai Unggah Logo Peringatan HUT RI ke -73

Selain gambar balap karung yang dijadikan doodle oleh Google hari ini begitu banyak warganet yang merayakan Hut Kemerdekaan Ri ke 73 dengan mengunggah logo resmi peringatan peringatan HUT RI ke-73 di berbagai media sosial.

Logo resmi resmi peringatan peringatan HUT RI ke-73 ini dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

Dikutip dari dokumen di laman resmi Setneg, logo HUT ke-73 RI terinspirasi dari kata energi dan kerja

Kata  energy tersebut diambil dari tema Asian Games yang sedang dilaksanakan di negara kita, yakni Energy of Asia. Sementara kata Kerja.adalah tema yang  digunakan untuk terus menunjukkan semangat Presiden kita yang selalu “kerja, kerja, dan kerja” demi negara Indonesia.

Agar terciptanya keselarasan antara warna bendera Republik Indonesia dan logo kemerdekaan, maka warna merah dipilih sebab  warna merah pun memang identik dengan semangat militan yang membara agar terus bisa berenergi dan bekerja

Selain bentuk angka dan warna, pada bagian bawah logo kemerdekaan Indonesia yang ke-73, juga turut dilengkapi dengan slogan bertuliskan “Kerja Kita Prestasi Bangsa.”

Istilah “Kerja Kita” tentu merepresentasikan semangat produktif seluruh elemen bangsa Indonesia di ulang tahunnya, lalu “Prestasi Bangsa” menunjukkan dukungan semangat bagi atlet-atlet negara kita yang akan berlomba di ajang Asian Games. (Sbg/Rig)

Comments