Twitter
Hari ini Rabu (9/12) netizen secara beramai ramai mengusung tagar #RamediTwitter seraya mengungkapkan berbagai hal terbaik yang pernah di angkat sebagai trending di jagat Twitter.  (Foto: Twitter)

Sabigaju.com -Tahun 2018 ini bisa dibilang sebagai momen kebangkitan bagi platform Twitter di dunia maya.

Bagaimana tidak ditahun ini para netizen ramai membicarakan berbagai momen berskala global, seperti #WorldCup dan #AsianGames2018, hingga yang berskala nasional, seperti #JumatBerkah dan #Dilan1990, Twitter berhasil mewakili keberagaman ketertarikan pengguna di Indonesia.

Data penggunaan harian microblog berlogo burung ini di Indonesia justru mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pengguna di Indonesia justru melebihi pengguna harian global bahkan angkanya dua digit. Dari segi konten, meningkat lebih dari 120 persen, meningkat 300 persen dari konsumsi video langsung dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA:

Trending Topic Twitter

Nah hari Rabu (5/12) Sejak pagi hingga menjelang sore hari netizen tanah air secara beramai-ramai mengusung tagar #RameDiTwitter seraya mengungkapkan berbagai hal terbaik yang pernah di angkat sebagai trending di jagat Twitter.

tak ayal, tagar  #RameDiTwitter  yang diusung oleh para netizen pun ramai dan menduduki puncak trending topic tak tergoyahkan  hampir seharian penuh.

Tercatat, pada tahun 2018 ini ada 10 tagar yang #RameDiTwitter di Indonesia. Seperti yang kita tahu, berbagai momen menarik telah terjadi di tahun ini. Tak hanya berita terkini, politik, hiburan, musik dan olahraga juga jadi momen yang menarik di tahun 2018.

Jokowi Teratas Di Twitter

Pengguna microblog ini memiliki kecenderungan dalam percakapan. Mereka bertemu karena memiliki kedekatan, ketertarikan yang sama terhadap suatu informasi. Terkait inovasi, Twitter juga mengembangkan diri sesuai identitas platform dan kebutuhan pengguna.

Kecenderungan percakapan di media sosial ini juga,tidak selalu identik diskusi berat, semisal politik. Konten paling banyak dibicarakan, termasuk hiburan dan atau olahraga. Bahkan Twitter populer dengan tagar-tagar receh yang diperankan besar oleh generasi milenial.

Di peringkat teratas, ada tagar #BTS yang diikuti oleh #EXO, #AsianGames2018, #WorldCup dan #2019TetapJokowi. Selain itu, ada juga tagar #2019PrabowoSandi, #JumatBerkah, #RecehkanTwitter, #PersijaDay dan di posisi ke-10 ada #SambutRamadhan.

Di tahun ini, masyarakat Indonesia juga menunjukkan ketertarikannya yang sangat beragam. Hal ini terlihat dari beragam akun yang sering dibicarakan di linimasa. Presiden Joko Widodo (@jokowi) berada di peringkat pertama, disusul oleh Fiersa Besari (@FiersaBesari), Firgiawan Ramaulana (@seterahdeh) dan Prabowo Subianto (@prabowo).

Ada tiga area menarik di microblog ini, seperti banyak percakapan tentang situs belanja yang peningkatannya sekitar 20 persen, industri teknologi keuangan serta perbincangan seputar area wisata.

Microblogging ini  juga jadi wadah terbaik bagi sejumlah brand dan konsumen untuk saling terhubung. Untuk tahun ini, BNI (@BNI) berada di posisi pertama sebagai brand dengan engagement terbaik. Disusul oleh Grab Indonesia (@GrabID) dan Shopee (@ShopeeID).

Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa yang terpenting dalam meningkatkan reputasi sebuah brand tidak selalu mengenai jumlah pengikut alias follower. Namun  lebih kepada cara sebuah brand mempertahankan dan meningkatkan layanan yang dimilikinya dengan konsumen. (Sbg/Rig)

Comments