Twitter meluncurkan emoji khusus dalam merayakan Hari Kartini pada 21 April 2018
Twitter meluncurkan emoji khusus dalam merayakan Hari Kartini pada 21 April 2018.

Sabigaju.com – Perayaan tahunan Hari Kartini akan jatuh pada Sabtu (21/4). Beragam busana daerah dikenakan para murid sekolah dalam memperingati Hari Kartini.

Kemeriahan juga tak hanya dirasakan para siswa, tapi juga Twitter. Yup, meskipun belum tanggal 21 April, namun kata kunci ‘HariKartini’ telah menjadi trending di sosial media Twitter.

Twitter pun mempersembahkan emoji Kartini yang spesial ditampilkan untuk mengenang jasa pahlawan wanita asal Jepara ini.

Emoji Kartini ini hanya bisa digunakan mulai hari ini sampai 27 April 2018. Ini adalah emoji pertama Indonesia pertama yang berdasarkan pada tokoh perjuangan.

BACA JUGA: [tooltip gravity=”nw” txtcolor=”#1e73be”]Hiperaktif di Social Media Bisa Bikin Kamu Kena Gangguan Jiwa[/tooltip]

Emoji Kartini,  Pertama Dari Indonesia

Kehadiran emoji Kartini ini menjadi sejarah pertama bagi dunia per-emoji-an Twitter yang menggunakan tokoh perjuangan.

“RA Kartini adalah pelopor dalam bidang pendidikan dan hak-hak perempuan di Indonesia. Beliau bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi pilihan itu tidak tersedia bagi para perempuan pada zamannya,” tulis blog Twitter Indonesia.

“Kekuatan dan keberaniannya mengilhami perempuan saat itu hingga hari ini untuk berani berpendapat serta meraih cita-cita mereka dalam berbagai lini kehidupan,” demikian keterangan yang dikutip dari blog resmi Twitter Indonesia

Cara menggunakan emoji inipun tergolong mudah. Pengguna hanya perlu menggunakan tagar #Kartini, #HariKartini, #HabisGelapTerbitlahTerang, #KartiniDay dalam cuitannya untuk bisa melihat emoji tersebut.

BACA JUGA: [tooltip gravity=”nw” txtcolor=”#1e73be”]Ini Cara Detox Media Sosial Agar Tak Kecanduan[/tooltip]

Twitter Support Wanita Inspiratif

Twitter mempersembahkan emoji Kartini dalam merayakan Hari Kartini yang jatuh pad Sabtu (21/4). (Foto: Twitter Indonesia)
Twitter Indonesia mempersembahkan emoji Kartini dalam merayakan Hari Kartini yang jatuh pad Sabtu (21/4). (Foto: Twitter Indonesia)

Sebagai platform publik yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dan mencari informasi; Twitter juga telah digunakan oleh banyak perempuan Indonesia untuk berbagi, menginspirasi, saling menguatkan, dan memberdayakan satu sama lain,” kata keterangan Twitter melalui siaran persnya.

Dalam kesempatan ini, Twitter juga mengumpulkan 29 daftar nama perempuan Indonesia yang menjadi inspirasi bagi banyak perempuan Indonesia lainnya, sekaligus menggunakan akun Twitter mereka untuk berbagi informasi secara positif terkait industri yang mereka geluti.

Mereka diantaranya yakni Tunggal Pawestri, Alanda, Desi Anwar, Inayah Wahid, Febriana Firdaus, Ayu Utami, Intan Paramaditha, serta dua menteri perempuan Indonesia yakni Siti Nurbaya Bakar dan Susi Pudjiastuti. (Sbg/Rig)

Comments