Rasa Bosan
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – ketika seseorang dilanda rasa bosan lantaran harus melakukan berbagai rutinitas sebenarnya adalah hal yang wajar.

Namun, terus menerus merasakan kejenuhan di lingkungan kerja bisa memengaruhi semangat kerja karyawan secara negatif.

Tapi kamu harus tau nih gaes sebenarnya rasa bosan punya manfaat kesehatan dan dapat memicu seseorang menjadi kreatif. Kalo nggak percaya simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Yakin Cuma karena Bosan? Cek 4 Sebab Lain Pasangan Selingkuh di Sini! 

Rasa Bosan Picu kreativitas

Menurut Pandangan seorang dosen psikologi senior dari University of Central Lancashire, Inggris, Sandi Mann mengingatkan, membiarkan diri merasakan kebosanan ternyata bisa memicu kreativitas di era modern ini.

Sebelum membahasnya lebih jauh, apa sebetulnya peran “kebosanan” itu sendiri dalam pembentukan ide-ide kreatif?

Sandi menjelaskan, ketika kita bosan, kita cenderung berkhayal dan pikiran dalam otak kita akan berkeliaran.

Kondisi ini sangat penting sebagai bagian dari proses kreatif. “Kebosanan seringkali datang dengan pola pikir impulsif alami di antara orang-orang yang secara rutin mencari pengalaman baru. Bagi mereka, jalan hidup yang stabil tidak cukup menarik perhatian mereka,” demikian isi laporan dari penelitian yang dilakukan oleh Sandi.

Mereka hampir selalu memiliki masalah yang berlawanan. Dunia adalah tempat yang penuh dengan rasa takut, sehingga mereka menutup diri dan berusaha tidak keluar dari zona nyaman mereka.

Kemunduran ini mungkin memberikan kenyamanan, namun mereka tidak selalu puas dengan keamanan yang ditawarkan.

Hasilnya, mereka merasakan kebosanan kronis. Jika sebagian orang memilih meditasi atau menonton acara televisi favorit, orang dalam kelompok kedua memikirkan biodata Instagram yang jenaka atau mendapatkan ide jenius tertentu. maka ilmu pengetahuan mengatakan lebih baik kamu menjadi orang-orang bosan tipe kedua.

BACA JUGA: Winter Blues, Galau Nggak Karuan Saat Musim Hujan Datang

Rasa Bosan dan Kesehatan

Saat dirimu dilanda rasa bosan ternyata hal tersebut juga memberikan berbagai manfaat manfaat bagi kesehatan.

Membuatmu Tidak Kecanduan Teknologi

Hampir setiap hari kita memegang ponsel cerdas untuk mengirimkan pesan, menelepon, dan mencari informasi. Kecanduan smartphone ternyata membahayakan.

Menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan teknologi dan media sosial menyebabkan depresi dan gelisah, nilai akademis yang buruk, dan kurang tidur.

Jadi, jika Anda mempunyai waktu lima menit atau satu jam tanpa ponsel, lakukanlah itu dengan cara mematikan ponsel. Lepaskan diri dari teknologi untuk  sementara waktu.

Cobalah untuk duduk diam tanpa gangguan apapun.

Ajak Otak untuk Relax

Nah daripada buang waktu percuma saat dilanda rasa bosan , cobalah gunakan waktu itu untuk mengistirahatkan otak agar batin bisa merasa segar dan pulih.

dengan begitu kamu Memberi kesempatan otak agar lepas dari rutinitas yang dikerjakan setiap hari

BACA JUGA: Ketika Hubungan Intim Jadi Hambar dan Membosankan

Bosan Bisa Bikin Kamu Punya Hobi Baru

Ketika rasa bosan mendera, biasanya kita tidak melakukan apapun. Cobalah manfaatkan waktu, energi dan pemikiran itu untuk mencoba hal-hal baru, belajar sesuatu yang baru daripada sekadar mengecek media sosial yang sudah dilakukan secara rutin setiap hari.

Diam tak melakukan apapun merupakan esensi olah pikir, memfokuskan kesadaran seseorang pada momen saat ini. Ini bisa dilakukan dengan cara meditasi yang sudah banyak mengungkapkan manfaatnya bagi kesehatan, termasuk memperbaiki proses tidur, menstabilkan emosi dan menurunkan berat badan.

Nah kalau kamu sendiri apa yang bakal kamu lakukan saat dilanda rasa bosan? (Sbg/Rig)

Comments