Sabigaju.com – Jika kamu menyimak beberapa warganet di Instagram, mungkin tak asing bagi kamu melihat banyak orang berfoto di Museum MACAN belakangan ini. Museum ini sebenarnya sudah lama dibuka. Namun karena ada yang baru pada museum yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini, maka orang kembali berbondong-bondong mengunjunginya.

Apa yang baru di Museum MACAN?

Baca juga: Belajar Seni Sambil Berlibur dengan Buah Hati di Museum MACAN

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau dikenal juga dengan Museum MACAN adalah museum yang punya banyak koleksi kontemporer dari para seniman di seluruh dunia. Koleksi dari museum ini berasal dari pendirinya serta koleksi pinjaman jangka panjang. Koleksinya telah tumbuh lebih dari 25 tahun dan terus berkembang. Hingga kini, koleksi museum ini ada pada jumlah 800 karya seni, 50 persen dari seniman lokal dan selebihnya berasal dari Eropa, Amerika Utara, China dan negara Asia lainnya.

Nah baru-baru ini, Museum MACAN kembali ramai dikunjungi karena adanya pameran terbaru dari seniman ternama di Jepang. Seniman wanita tersebut bernama Yayoi Kusama.

Tentang Yayoi Kusama

Yayoi Kusama adalah seniman kontemporer asal Negeri Sakura yang sudah dikenal dunia. Walau karya seninya nampak kekinian, siapa sangka bahwa Yayoi adalah wanita lanjut usia.

Ia lahir pada 22 Maret 1929, yang artinya kini ia genap berusia 89 tahun! Terang saja karyanya banyak disukai para penikmat seni karena di usianya yang sudah senja, ia masih saja produktif berkarya.

Tak hanya menghasilkan karya sculpture dan instalasi, Yayoi juga aktif di seni lukis, film, fashion, puisi dan seni lainnya. Karya seni Yayoi biasanya beraroma feminisme, minimalisme, surealisme, pop art dan abstrak.

Karya Yayoi ini sangat khas dengan motif polka dot. Jadi jangan heran jika kamu datang ke Museum MACAN saat ini, kamu akan menemukan banyak karya Yayoi dengan nuansa polka dot.

YAYOI KUSAMA: LIFE IS THE HEART OF A RAINBOW di Museum MACAN

Pameran bertajuk YAYOI KUSAMA: LIFE IS THE HEART OF A RAINBOW ini adalah yang pertama kalinya dan terbesar di Indonesia. Kamu bisa menemukan 130 buah karya Yayoi Kusama yang sudah ia hasilkan selama kurang lebih 70 tahun lamanya.

Pameran ini sebelumnya juga telah dihelat di Singapura loh ternyata! Nah, jika kamu tertarik merasakan sensasi serunya, kamu bisa berkunjung ke Museum MACAN sejak hari ini (12/5) hingga 9 September mendatang.

Bagaimana Sobat Sabi penikmat seni? Tertarik untuk mulai masuk ke dunia imajinasi milik Yayoi? (sbg/dinda)

Comments