Salah seorang pengunjung kedai Kerang Kiloan Pak Rudi tengah menyantap hidangan kerang yang dipesannya. (Foto: Instagram kerangpakrudi)
Salah seorang pengunjung kedai Kerang Kiloan Pak Rudi tengah menyantap hidangan kerang yang dipesannya. (Foto: Instagram kerangpakrudi)

Sabigaju.com – Para pecinta masakan seafood di kota Jakarta kini tengah menggilai sajian Kerang Kiloan Pak rudi. Kedai Kerang kiloan Pak Rudi ini terletak di Jakarta Selatan, tepatnya di Teras Agogo, Jl. Patiunus No. 9, Blok M, Jakarta Selatan.

Kedai kerang kiloan ini mulai buka dari jam 4 sore sampai jam 12 malam. Nah, buat kamu yang mau kesini disarankan banget agar siap mengantri sebab Walaupun kedainya berukuran sedang, tapi, ramainya bukan main. Bahkan sebelum kedai dibuka sudah ada pembeli yang antre.

Pengunjung kedai Kerang Kiloan Pak Rudi bukan cuma orang Indonesia, tapi juga ada warga negara asing, seperti Jepang dan Thailand. Beberapa selebriti tanah air juga pernah makan di sini.

Kerang Kiloan Ramah Kantong

Harga makanan disini berkisar mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 155 ribu. Adapun aneka pilihan kerang tersedia disini, ada kerang dara, kerang kepa, kerang madu, kerang batik, kerang salju, kerang bambu dan kerang hijau.

Kerang di sini disajikan dengan aneka pilihan saos. Ada saos asam manis, saos padang, saos mushroom, saos kacang, saos barbeque, dan masih banyak lagi. Kerang yang dijual di sini enak banget, bumbunya meresap, gak akan puas deh kalau kamu cuma pesan kerangnya 1 kg.

View this post on Instagram

never say enough!! #kerangpakrudi #barbarian

A post shared by Kerang Kiloan Pak Rudi (@kerangpakrudi) on

Semua kerang di kedai ini direbus, kecuali kerang hijau yang juga bisa digoreng. Harganya Rp 30-40 ribu per kilo. Untuk kerang bambu di banderol Rp 40 ribu per setengah kg dan kerang kapak yang dijual satuan seharga Rp 12.ribu.

Berbeda dengan restoran seafood yang umumnya menjual kerang yang dimasak dengan sausnya, di Kerang Kiloan Pak Rudi sausnya dipisah dan dijadikan cocolan.

Dari 11 saus, yang ada saat itu hanya saus mushroom, nanas asam manis, saus Padang, dan saus kacang nanas. Padahal, ada saus tiram, saus lado hijau, sambal matah, saus barbecue, saus garlic butter, saus cheesy cream, dan saus Pak Rudi yang konon super pedas.

Kerang dara vs Kerang Bambu

Meski menyediakan nasi, pelanggan kedai ini biasanya datang hanya untuk makan kerang. Setelah pesan, sekitar 10 menit kemudian kerang terhidang di atas meja. Penyajian untuk tiap jenis kerang berbeda.

Saat  menjajal Kerang dara berwarna putih ini sudah terbuka di meja makan. Alhasil, kita tak kesulitan untuk mencomot kerang yang kaya protein ini. Rasa rempah di kerang  dara ini cukup terasa.  Rasa asin yang halus pada kerang sangat serasi ketika bercampur dengan saus pedas lado ijo.

Kami juga merekomendasikan buat kamu menjajal  kerang bambu. Soalnya begitu digigit, kerang ini langsung meletus dan mengeluarkan kuah rebusan yang meresap dalam daging. Apalagi bila dipadukan dengan saus mushroom. Rasanya creamy, gurih, serta ada sedikit rasa asam dan pedas

Buat menghilangkan rasa penasaran kerang bulu dipilih jadi penutup. Kerang ini memiliki permukaan cangkang yang sedikit berbulu. Cangkangnya yang berwarna putih hitam tebal, keras, dan berukuran tak sama. Di dalamnya tersimpan daging berwarna gelap dengan semburat oranye. Gurih enak aromanya.

Rasa dagingnya gurih dan lumayan enak dimakan begitu saja. Namun, lebih seru jika dicocolkan ke saus yang bisa diminta gratis. (Sbg/Rig)

Comments