Sabigaju.com – Selain Moscow dan St Petersburg kawasan lain yang bisa kamu sambangi saat mengunjungi Rusia adalah Kaliningrad.

Kaliningrad terpisah hampir 1.300 kilometer dari ibu kota Rusia, Moskwa. Kota ini bahkan sudah tak berseberangan dengan Federasi Rusia lagi, melainkan terjepit di antara Polandia, Lithuania, dan Laut Baltik.

Perjalanan pesawat ke Kaliningrad membutuhkan waktu sekitar dua jam dan memasuki zona waktu berbeda. Kota Kaliningrad terletak sekitar 40 menit perjalanan taksi dari Bandara Internasional Sheremetyevo.

BACA JUGA: Segera Ajukan E-Visa dan Nikmati Pesona St. Petersburg

E-Visa  ke Kaliningrad

Bagi anda yang memiliki paspor Indonesia, kini anda sudah bisa mengunjungi Kaliningrad dengan E-Visa. Untuk mendapatkan izin memasuki kawasan ini, anda bisa mengajukan E-Visa secara online tidak lebih dari 4 (empat) hari sebelum anda memasuki kota Kaliningrad.

Adapun masa berlaku E-Visa adalah 30 hari sejak tanggal diterbitkannya dengan masa tinggal di kota tersebut paling lama adalah 8 (delapan) hari.

Walaupun anda memiliki E-Visa, perlu diketahui bahwa anda hanya dapat memasuki dan keluar dari wilayah Rusia melalui titik perlintasan perbatasan yang telah ditentukan, yaitu hanya Kaliningrad saja.

Nah berikut rekomendasi sejumlah tempat menarik untuk kamu kunjungi di Kota Kaliningrad dari Albatrostrip.

1. Museum Amber

(Foto: Instagram.com/ambermuseum)

Bagi anda yang menyukai batu permata atau batu berharga, berkunjung ke museum ini bisa menjadi sangat menarik lantaran menampilkan berbagai macam spesimen amber yang berasal dari jutaan tahun lalu,

Amber museum kaliningrad
(Foto: Instagram.com/ambermuseum)

Selain itu, anda juga memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung proses pembuatan perhiasan batu amber yang dilakukan oleh seniman-seniman ternama dan membeli batu amber dengan kualitas terbaik dunia.

2. Museum Kapal Selam B-413

Museum Kapal selam B-413 adalah salah satu objek paling populer yang merupakan bagian dari Museum Samudra Dunia. Kapal selam B-413 dibangun di Leningrad dan diluncurkan pada bulan September 1968 dan beroperasi selama lebih dari 30 tahun.

(Foto: Sarapinas V Museum Of The World OCean)

Kapal selam ini ditambatkan di dermaga museum pada tahun 2000 dan kapal selam ini adalah satu-satunya di Rusia dan beberapa di dunia yang beroperasi pada periode kapal selam pra-atom.

Kapal selam ini masih dipertahankan seperti dalam keadaan aslinya, seperti masih dilengkapi dengan peralatan, dan senjata utama.

Museum kapal selam Kaliningrad
(Foto: Instagram.com/ekalavya)

Salah satu sensasi yang bisa kamu rasakan disini adalah saat kamu berjalan di sepanjang koridor kapal selam yang  membuatmu berada di dalam kapal selam yang sebenarnya.

3. Curonian Spit

Taman nasional yang berada di semenanjung sempit ini terdiri dari bukit pasir berbentuk saber sempit sepanjang 90 km yang memisahkan Laguna Curonian dengan Laut Baltik dan merupakan salah satu spit terpanjang di dunia.

Curonian Spit Kaliningrad

(Foto: Instagram.com/innovations.business.travel)

Daerah ini, sering disebut Sahara Laut Baltik dan termasuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.l yang dilindungi dengan sangat baik oleh pemerintah Rusia.

Di taman nasional ini  ini terdapat lebih dari 30 spesies burung langka dan lebih dari 800 tanaman berbeda, sehingga kawasan ini juga cocok bagi yang tertarik dengan flora dan fauna.

BACA JUGA: Melongok Stasiun Metro yang Indahnya Bak Istana di Moscow

4. Konigsberg Cathedral

Katedral yang dibangun sekitar abad ke 13 dengan gaya arsitektur gotik ini didedikasikan untuk mengingatkan kita kepada Virgin Mary dan St. Adalbert.

Katedral ini berlokasi di pulau Kneiphof, dan sempat hancur ketika Perang Dunia II, tepatnya pada saat pesawat pengebom Inggris meluluhlantahkan sebagian besar kota ini.

Konigsberg Cathedral
Foto: (instaram.com/elena_k0s)

Pada tahun 1992, ketika katedral ini dibangun kembali ditemukan ratusan tulang belulang, dimana sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak.

Selain untuk mengingatkan peristiwa  Perang Dunia II, di Katedral ini kamu bisa mengenang  filsuf paling berpengaruh di dunia dalam bidang filsafat politik, Immanuel Kant yang dimakamkan di kawasan katedral ini .

BACA JUGA: Sederet Tempat Hiburan yang Tidak Biasa di Moscow 

5. Fishing Village

Fishing Village yang terletak di tepi River Pregel antara Jembatan Honey Bridge dan High Bridge akan memberikan kesan kepada anda sedang berada di kota tua yang menyenangkan untuk memancing.

Tempat ini memiliki banyak bangunan dengan gaya arsitektur Jerman tua abad ke 15 yang menawan.

Kaliningrad
(Foto: Instagram.com/metaavatar2)

Hal ini  bakal  membuatmu merasa tenang karena anda akan disuguhkan dengan pemandangan mercusuar, pulau Kant dan sungai Pregel yang indah.

Selain itu, di musim panas anda juga dapat melihat-lihat kota Kaliningrad dari atas perahu di sungai Pregolya. (Sbg/Rig/Mhr)

Comments