Bermalas-malasan
Bulan Ramadhan bukan momen untuk  bermalas-malasan, tetapi bulan yang harus diisi dengan amalan utama dan akhlak mulia.(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Ramadan adalah bulan yang produktif dan penuh makna bagi kamu yang melaksanakan amalan Islam. Yup, Ramadan menjadi sia-sia bagi mereka yang tidak beribadah ataupun bermalas-malasan saat bekerja di kantor.

Bulan Ramadan bisa menjadi bulan yang produktif apabila kita beribadah, bekerja, dan melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat. Ramadan bukan momen untuk  bermalas-malasan, tetapi bulan yang harus diisi dengan amalan utama dan akhlak mulia.

Kamu akan menemui banyak kendala yang memungkin produktivitasmu lebih menurun dibanding hari biasa. Mulai dari waktu tidur yang berkurang, hingga asupan energi yang terasa berkurang.

Namun demikian, puasa sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk bermalas-malasan Kamu harus tetap bersemangat untuk memberikan yang terbaik bagi pekerjaan.

BACA JUGA: Smartphone dan Media Sosial Bikin Buka Bersama Jadi Enggak Seru

Tetapkan Prioritas

Puasa memang agak berisiko mengurangi fokus selama bekerja. Itu sebabnya Anda harus membuat skala prioritas terlebih dahulu. Susunlah urutan pekerjaan mulai dari yang paling penting dan deadline-nya dekat hingga pekerjaan yang masih bisa ditunda.

Konsentrasimu akan jauh lebih baik di pagi hari dibanding beberapa jam sebelum berbuka. Jadi, cobalah menyelesaikan semua tugas yang banyak menggunakan otak dan memerlukan konsentrasi tinggi di pagi hari untuk hasil yang lebih baik. Lakukan pekerjaan rutin setelahnya.

Dengan begitu, risiko pekerjaan terlewatkan pun dapat diminimalkan. Anda bisa tetap kerja produktif saat puasa dengan mengandalkan skala prioritas yang sudah Kamu susun.

BACA JUGA: Lima Pengaruh Positif akibat Diserang Rasa Malas

Kurangi  Aktifitas Tidak Penting

Hal yang bisa membuat kamu  bermalas-malasan di kantor adalah ngobrol ngalor ngidul dengan rekan kerja.

Hal itu selain menunjukan kamu tidak profesional juga membuat tertundanya penyelesaian pekerjaan dan  berisiko mengurangi pahala puasa.

Energi tubuh bakal berkurang saat kamu mengobrol dengan rekan kerja dan itu akan mengacaukan konsentrasi kerja.

Selain itu kamu juga perlu menghindari segala hal yang membuatmu nggak produktif di kantor. Melamun, menghitung jam menjelang berbuka, kebanyakan bersosmed ria hingga pekerjaan tertunda, dan terlalu berleha-leha.

Gunakan waktu sebaiknya untuk bekerja dan jangan bermalas-malasan.

BACA JUGA: Tinggalkan, Sederet Gaya Hidup yang Bisa Menghambat Kesuksesan

Memanfaatkan Waktu Istirahat Agar Tidak Bermalas-malasan

Jika rasa lelah menghinggapimu lelah, usahakan memanfaatkan waktu istirahat makan siang untuk tidur.

Karena tidur selama setengah jam akan membantu mengembalikan mood dan energi tubuh.

Pastinya begitu kamu bangun pasti merasa lebih bersemangat dan siap menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.h

BACA JUGA: Aturan Berbuka Puasa yang Optimal Menurut Pakar Gizi 

Buka Puasa bersama Rekan Kerja

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mengusir sikap bermalas-malasan adalah merencanakan momen buka puasa bersama rekan kerja.

Pilihlah tempat yang nyaman dan istimewa untuk buka puasa. Sehingga kamu akan merasa lebih bersemangat di kantor karena menantikan momen bukan puasa tersebut.

So, Ingat yah gaes, ibadah puasa dan aktivitas kerja jangan membuatmu bermalas-malasan dan tidak semangat. Bulan Ramadhan adalah ajang pembuktian kalau kamu adalah pekerjaan profesional yang produktif. (Sbg/Rig)

Comments