Berbagi
Momen Ramadhan rupanya bukan hanya terbatas pada upaya menahan nafsu saja, tapi juga memiliki makna berbagi .(Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Bulan Ramadhan rupanya bukan hanya terbatas pada upaya menahan nafsu saja, tapi juga memiliki makna berbagi .

Ramadhan dikenal sebagai momentum untuk bersimpati dan menolong kepada fakir miskin dengan berbagi dan bersedekah yang merupakan salah satu dari amal utama di bulan yang sangat mulia ini.

Berikut keistimewaan dan keindahan Ramadhan yang mungkin jarang kamu dengar. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Wow! 5 Manfaat Puasa Ini Pasti Bikin Kamu Gak Mau Batal 

Indahnya Berbagi

Ramadhan membuat siapa saja menjadi senang untuk berbagi. Tanpa kamu sadari, dengan berbagi kamu sudah memberikan dua kali kebaikan, yaitu caring dan sharing.

Caring maksudnya kamu memperlihatkan keinginan untuk membantu sesama serta sharing maksudnya kamu berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Bulan yang Lebih Baik dari 1000 Bulan

Ramadhan juga merupakan bulan yang sangat baik untuk meningkatkan kedamaian dan toleransi.

Menahan hawa nafsu tentu membuatmu akan memiliki hubungan yang lebih baik dengan sesama manusia, memberimu kedamaian lahir batin serta membuatmu lebih sadar dengan lingkungan sekitarmu.

Tidak jarang kita melihat banyak orang berlomba-lomba berbuat kebaikan di bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Rahasia Manfaat Sahur yang Jarang Diketahui Orang

Berempati terhadap Mereka yang Tidak Punya

Para muslim yang tidak mampu rupanya seringkali merasa kelaparan sehingga berpuasa bukanlah menjadi suatu hal yang tidak biasa.

Melalui filosofi inilah, setiap muslim akan merasakan bagaimana harus menahan dahaga dan nafsu makan selama sebulan penuh.

Meskipun demikian, puasa juga rupanya memiliki makna lebih dengan tidak membiarkan tubuh memakan makanan dalam jumlah banyak.

Secara otomatis, kamu akan langsung dapat mengontrol sendiri makanan yang masuk dalam tubuhmu.

Ramadhan juga membuat tubuhmu akan menyeleksi racun yang masuk dalam tubuhmu dengan sendirinya.

BACA JUGA: Waspadai Serangan Empat Penyakit Berikut Saat Berpuasa 

Toleransi yang Semakin Tinggi

Bukan hanya muslim saja yang merasakan indahnya Ramadhan, karena non-muslim pun turut merasakan suasana damai yang tercipta.

Di Uni Emirat Arab, misalnya, para ekspatriat non muslim akan merasa terpukau melihat teman-teman yang berpuasa.

Mereka datang dengan berbagai latar belakang dan mempelajari toleransi yang tidak dapat diajarkan oleh buku teks manapun.

Toleransi membuat manusia menjadi manusia baik seutuhnya. Toleransi berarti menerima keadaan tiap orang dengan apa yang mereka percayai. Setiap orang tentu memiliki kebebasan untuk memeluk agama sesuai kepercayaan masing-masing.

Comments