Beranda SABIGAJU+ Rahasia Tentang Gairah Seksual Pria, Lima Hal Ini Sangat Menentukan Lho!

Rahasia Tentang Gairah Seksual Pria, Lima Hal Ini Sangat Menentukan Lho!

6 menit baca
0
0
109

gairah seksual

Sabigaju.com – Ada sebuah ungkapan umum yang menyebutkan kalau gairah seksual pria lebih mudah terpancing dibanding wanita. Anda pernah dengar?

Sebenarnya ungkapan tersebut tidak sepenuhnya benar, tapi juga tidak sepenuhnya salah. Perbedaan timbulnya gairah seksual pada pria dan wanita merupakan hasil dari cara kerja otak dan organ tubuh yang berbeda pula terhadap rangsangan seksual.

Wanita dapat terangsang oleh cerita atau fantasi, sementara pria butuh stimulasi langsung dan visual. Itulah sebabnya pria dapat merasakan gairah seksual hanya dengan duduk sendirian lalu memandang gambar atau video erotis. Berbeda dengan wanita yang butuh hubungan intim atau novel drama romantis yang dilengkapi dengan fantasi untuk memicu gairahnya.

Selain perbedaan tersebut, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi gairah seksual pada pria. Dirangkum Sabigaju dari beberapa sumber, cek ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Hormon testosteron

Hormon testosteron diproduksi di testis. Hormon ini berperan penting bagi tubuh pria, khususnya berkaitan dengan dengan gairah seksual. Hormon testosteron ini memiliki fungsi pembentukan organ seks pria, pertumbuhan rambut dan otot, produksi sperma, serta sel darah merah.

Ada satu area di otak bernama amigdala, yang memiliki reseptor testosteron melimpah. Jika ada cukup testosteron, hormon tersebut akan membakar reseptornya dan membangkitkan libido. Jika tidak, maka gairah seksual pun akan berkurang.

Tingkat hormon testosterin tertinggi pria dialami di akhir masa remaja. Menginjak usia 30 tahum hormon akan menurun sedikit demi sedikit hingga membut reaksi ereksi akan semakin lambat, dan sulit ereksi kembali setelah ejakulasi.

3. Kebugaran tubuh

Tentunya butuh tubuh yang bugar untuk mendapatkan gairah seks yang mumpuni. Kadar lemak dalam tubuh juga bisa berpengaruh pada gairah seksual pria, lho. Riset Clinical Endocrinology tahun 2014 menemukan fakta bahwa seorang pria dengan lingkar pinggang lebih dari 102 cm memiliki tingkat testosteron yang jauh lebih rendah daripada pria yang langsing.

Di sisi lain, sebenarnya pembentukan hormon bisa didorong dengan suplemen, namun penelitian terbaru mencatat suplementasi testosteron tidak menunjukkan manfaat yang konsisten untuk fungsi seksual. Jadi cara terbaik menjaga hormon testosteron tetap pada kadar yang seimbang adalah dengan menjaga kebugaran tubuh, yakni berolahraga.

3. Pengalaman seks

Pengalaman seks merupakan salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi gairah pada pria. Pengalaman di sini bukan tentang “ilmu” dalam berhubungan seks. Dilansir dari CNN Indonesia, dokter spesialis Andrologi, Nugroho Setiawan, mengatakan bahwa pengalaman seks yang dimaksud adalah berkaitan dengan pengalaman seks yang buruk. Misal, wanita tidak puas dengan hubungan intim yang mereka lakukan dan menyampaikannya kepada si pria. Hal ini bisa bisa membuat pria jadi tak begitu bergairah saat melakukan seks berikutnya.

 4. Adanya masalah sleep apnea

Hormon testosteron akan meninggi saat tidur, namun berkurang jika Anda tidur mengorok. Sebuah riset yang menemukan fakta bahwa 70% dari 401 pria yang menderita sleep apnea mengalami disfungsi ereksi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan sleep study dan melakukan terapi dengan alat khusus untuk mengurangi dengkuran saat tidur sekaligus meningkatkan libido.

5. Kadar kortisol tinggi

Kortisol adalah hormon pereda stres, tapi jika dosisnya terlalu tinggi tubuh Anda akan bekerja lebih cepat. Anda bisa jadi sulit tidur, lemak meningkat, mudah cemas, serta tiroid, dan semuanya berdampak pada libido Anda. Untuk itu, Anda harus bisa memanajemen stres! Tidur lebih awal dan makan makanan sehat juga akan sangat membantu mengontrol kadar kortisol dalam tubuh Anda.

Selain suplemen, Anda juga bisa mencoba cara yang lebih alami, yakni dengan mengonsumsi beberapa makanan seperti kerang tiram, ikan, kacang almond, semangka, alpukat dan delima yang dipercaya dalam meningkatkan gairah seksual. (Sbg/Ftr)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak Ladrina Sabigaju
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIGAJU+
Komentar ditutup

Lihat juga

Warganet Ucapkan Salam Perpisahan pada Aplikasi Yahoo Messenger

Sabigaju.com – Salah satu aplikasi pesan instan pertama di dunia, Yahoo Messenger re…