Manfaat Sahur
Ada begitu banyak manfaat sahur bagi kesehatan maupun bagi sisi spiritual yang bisa didapat untuk menjalankan puasa di Bulan Ramadhan ataupun kala menjalankan puasa diluar waktu Bulan Ramadhan.(Foto: Unsplash

Sabigaju.com – Ada begitu banyak ulasan ataupun informasi yang membahas hal mengenai buka puasa di Bulan Ramadhan ini, namun sangat sedikit yang membahas soal manfaat sahur yang begitu penting.

Padahal ada begitu banyak manfaat sahur bagi kesehatan maupun bagi sisi spiritual yang bisa didapat untuk menjalankan puasa di Bulan Ramadhan ataupun kala menjalankan puasa diluar waktu Bulan Ramadhan.

Dan kali ini Sabigaju mau membahas pentingnya manfaat sahur bagi kita semua. Simak ulasannya berikut ini

BACA JUGA: Lakukan Ini Ketika Sahur Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

Membantu Kita Kuat Beribadah Puasa

Poin inilah keutamaan manfaat sahur yang kita pahami sejak kecil. Sahur akan memberikan asupan tenaga yang cukup besar untuk kita gunakan selama sehari penuh.

Terutama jika kita makan sahur dengan makanan yang tinggi protein. Energi dari protein akan mampu memberikan asupan tenaga selama sehari penuh.

Jika kamu tidak makan sahur, tubuh akan terasa sangat lemah. Kita akan malas melakukan apa saja. Bahkan tidur menjadi aktivitas favorit yang bisa kita lakukan. Meski tidur orang puasa ibadah, namun alangkah baiknya kita melakukan aktivitas lain yang jauh lebih bermanfaat.

BACA JUGA: Masih Perlukah Sahur On the Road di Zaman Digital Ini? 

Bikin Kamu Bangun Pagi dan Menjalankan Ibadah Penting

Kita biasanya makan sahur sekitar pukul 3 pagi. Waktu itu adalah 1/3 malam terakhir yang sangat baik untuk Sholat Tahajud.

Dengan bangun untuk sahur kita bisa menjalankan ibadah sunah ini terlebih dahulu. Baru diikuti dengan makan sahur dan menunggu waktu subuh.

Manfaat sahur membuat kamu terbiasa dengan bangun pagi untuk ibadah-ibadah yang sebelumnya jarang kita lakukan. Sahur benar-benar memberikan manfaat kepada kita secara langsung.

BACA JUGA: Waspadai Serangan Empat Penyakit Berikut Saat Berpuasa

Mencegah Potensi Penyakit Berbahaya

Manfaat sahur lain yang jarang  diketahui adalah  dapat mengurangi potensi berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes dan stroke yang diakibatkan oleh sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah sebuah kondisi kesehatan yang memburuk dan terjadi pada waktu yang bersamaan. Hal ini dapat terlihat lewat indikasi naiknya tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan penumpukan lemak.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa manfaat sahur bisa memberikan sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik. Sehingga, berbagai penyakit yang timbul akibat bakteri atau virus akan lebih sulit untuk menyerangmu.

BACA JUGA: Panjang Umur dan Awet Muda Khasiat Berpuasa di Bulan Ramadhan 

Membantu Program Diet

Jika kamu sedang menjalankan program diet, maka manfaat sahur dan pemilihan makanan yang tepat bisa berguna untuk program dietmu dengan cepat.

Tetapi jangan lupa pilihlah makanan yang mengandung gizi baik dan perhatikan juga asupan yang dipilih saat sahur. Jika salah, justru dapat merusak program diet jadi berantakan. Imbangi juga dengan pola tidur yang baik untuk hasil lebih maksimal.

BACA JUGA: Lindungilah Kami dari Godaan Nafsu Berbelanja di Bulan Puasa 

Momen Beramal

Manfaat sahur lainnya adalah  bisa membuat kita beramal baik kepada sesama. Jika kita memiliki rizki yang berlebih sahur bisa kita manfaatkan dengan memberikan makan sahur kepada orang lain yang tidak mampu.

Dengan beramal kepada orang lain, nilai puasa kita akan semakin meningkat. So, manfaatkan kesempatan untuk beramal karena tidak akan datang setiap waktu, apalagi di bulan yang penuh berkah. (Sbg/Rig)

Comments