Minum Kopi
Ada hal yang perlu kamu perhatikan jika kamu ingin melakukan kebiasaan minum kopi di bulan puasa. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Para penggemar kopi tentu merasa agak kesulitan meredam kebiasaan ini bahkan ketika sedang berpuasa. Minum kopi pada pagi hari dapat meningkatkan semangat dan fokus di sepanjang hari.

Pada hari-hari biasa tentu kamu tidak akan merasa kesulitan karena dapat mengonsumsi kopi kapanpun kamu mau.

Lalu, bagaimana jika kondisinya sedang berpuasa? Berikut ini adalah ulasan mengenai cara yang tepat untuk minum kopi ketika kamu tengah berpuasa.

BACA JUGA: Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Manis, Berbahaya

Batas dalam Mengonsumsi Kopi

Kamu dapat tetap minum kopi hitam setiap hari dalam takaran 2-3 cangkir atau setara dengan kafein sebesar 400 mg.

Namun, lebih dari itu, kafein mampu memberikan efek buruk pada tubuh seperti rasa mual yang disebabkan oleh kenaikan asam lambung, pusing serta detak jantung yang semakin cepat.

Pada waktu puasa, kamu tidak harus langsung menghentikan konsumsi kopimu. Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi setengah dari porsi kopi yang biasa kamu minum.

Jika biasanya kamu meminum 3-4 cangkir dalam sehari, kamu dapat menggantinya menjadi 1-2 cangkir sehari. Jangan mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebih saat kamu sedang berpuasa.

BACA JUGA: Susu Coklat, Terjangkau Harganya, Sehatnya Tidak terkira

Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

Ketika berpuasa, waktu untuk makan atau minum hanya tersedia pada saat sahur dan berbuka. Jika kamu ingin minum kopi, sebaiknya kamu memilih untuk mengonsumsi kopi pada waktu berbuka saja.

Namun, beri jeda maksimal untuk minum kopi selama 2 jam sebelum kamu tidur. Pemilihan waktu untuk minum kopi pada malam hari dilakukan guna mencegah tubuhmu dehidrasi pada siang hari.

Pemilihan Jenis Kopi yang Tepat

Satu hal yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah pilihan jenis kopi yang kamu konsumsi.

BACA JUGA: Bahaya Mematikan Apabila Terlalu Sering Minum Teh 

Sebaiknya kamu memilih untuk meminum kopi dengan jenis decaf karena kopi dengan jenis ini kandungan kafeinnya telah diambil mencapai 90 persen.

Pengambilan kopi dengan jenis ini mampu memberikan efek samping yang baik karena kamu dapat meminum hingga 5 cangkir kopi namun tetap setara dengan 1 cangkir kopi.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari kopi dengan jenis asam karena tidak baik untuk tubuh terutama jika kamu menderita maag akut. (Sbg/Vania)

Comments