pusat souvenir apik izmailovskii-park-moskow,-rusia (goodfon.com)
(Sumber: goodfon.com)

Sabigaju.com – Selain menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di Eropa lantaran memiliki berbagai destinasi unik, Ada beberapa souvenir apik dari Rusia yang bisa kamu dapatkan bila kamu mengunjungi negeri tersebut usai pandemi nanti.

Sebagai catatan, Jika kamu ingin membeli souvenir apik dari Rusia , jangan pernah segan untuk menawar. Terutama souvenir-souvenir yang dijual di pasar souvenir Izmaylovsky. Hampir semua pedagang di Rusia dengan senang hati menerima proses tawar menawar. Jika memungkinkan, Anda bisa menawarnya menggunakan bahasa Rusia agar terkesan lebih akrab.

Berikut adalah beberapa rekomendasi dari Albatrostrip beberapa souvenir khas Rusia yang dapat kamu pertimbangkan untuk didapatkan:

BACA JUGA: 

1. Matryoshka

Siapa yang tidak mengenal boneka khas Rusia ini? Murah, ceria, ringan dan diakui secara universal sebagai simbol Rusia. Matryoshka pertama kali dibuat pada tahun 1890. Set pertama boneka bersarang Rusia yang terinspirasi dari budaya Asia Timur ini dibuat oleh tukang kayu bernama Vasilii Zvyozdochkin, dan dilukis oleh seorang seniman, Sergei Malyutin.

Pengrajin kayu tersebut kemudian mengecat boneka tersebut menjadi sosok gadis manis yang menggunakan pakaian tradisional Rusia lengkap dengan kerudungnya dan pernak pernik khas lainnya.

Souvenir apik dari Rusia Matryoshka
(Foto: Instagram.com/godiego)

Nama Matryoshka sendiri berasal dari nama wanita kuno Matryona. Pada tahun 1900, Matryoshka dibawa ke Paris expo oleh istri pelindung seni Rusia, Savva Mamontov dan sejak saat itu boneka ini menjadi sangat populer.

Setiap satu set boneka biasanya memiliki 5 buah atau lebih boneka kecil di dalamnya. Di Rusia, Matryoshka memiliki berbagai variasi pilihan gaya dan warna seperti bentuk gadis petani dengan pakaian tradisional, karakter dongeng sampai para pemimpin Soviet atau pemimpin negara lain.

2. Ambar

Souvenir apik dari rusia yang juga bisa kamu dapatkan dari Rusia adalah Perhiasan dari batu Ambar.

Variasi warna dan bentuk yang indah membuat setiap perhiasan Ambar menjadi karya seni yang indah untuk dinikmati.

Batu ambar salah satu souvenir apik dari Rusia
(Foto: Instagram.com/yantarrussia)

 

Tetapi apa yang membuat ambar Rusia begitu diminati? Ambar bukanlah batu asli, tetapi merupakan resin pohon yang memfosil sejak zaman purba dan mengeras menjadi seperti batu. Sekitar 98% ambar dunia berasal dari wilayah laut Baltik, dan Rusia adalah sumber lebih dari 90% Ambar Baltik.

Warna jingga yang hangat, tekstur yang unik dan berbagai desain perhiasan yang dibuat secara handmade membuat souvenir ini memiliki nilai yang tinggi dan pantas menjadi salah satu koleksi souvenir dari Rusia.

3. Caviar

Caviar wajib masuk ke dalam salah satu daftar makanan yang perlu anda bawa kembali ke tanah air  bila kamu mengunjungi  Rusia.

Caviar bis kamu jadikan souvenir apik dari Rusia
(Foto: Instagram.com/caviarrussia_store)

 

Makanan berbentuk bola semi-transparan kecil dan mengkilap dalam nuansa merah yang menyerupai batu berharga ini tidak saja terlihat indah, tetapi rasanya juga enak.

Caviar sangat bergizi dan dianggap bermanfaat bagi kesehatan otak, tulang, mata dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, caviar juga mengandung hampir semua vitamin dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

BACA JUGA: Kerennya Jam Tangan Buatan Rusia, Anti Mainstream Gaes!

4. Arloji

Souvenir apik dari Rusia lain yang bisa kamu dapatkan saat mengunjungi negeri tersebut adalah berbagai jenis arloji alias jam tangan.

Sebagian besar arloji Rusia menggunakan a mechanical jewelled movement pada mesinnya dan dijual dengan harga antara USD 30 dan USD 600.

(Foto: Instagram.com/sturmanskie)

Banyak pembeli ataupun kolektor arloji menganggap bahwa arloji Rusia memiliki mesin mekanik berkualitas tinggi dan memiliki nilai sejarah dibalik pembuatannya. Desain jam tangan Rusia juga dinilai kuat dan fungsional.

Merek-merek paling terkenal di dunia meliputi: Buran, Sturmanskie, Vostok, Gagarin, Slava. Arloji-arloji ini memiliki hubungan yang kuat dengan orang-orang yang bekerja di lapangan-lapangan berbahaya seperti pilot, pembalap, penyelam para prajurit militer hingga astronot.

5. Samovar

Souvenir apik dari rusia yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung kesana adalah samovar, sejenis ketel yang dirancang secara khusus untuk menjaga air tetap panas untuk waktu yang lama,

Souvenir apik dari Rusia Samovar
(Foto: russiau.com)

Masyarakat Rusia masih banyak yang menggunakan samovar yang merupakan tempat air panas atau kerabat jauh dari ketel listrik modern ketika minum teh bersama keluarga atau teman.

Ketel air logam melengkung ini dianggap sebagai simbol persatuan keluarga dan rumah yang nyaman. Samovar Rusia muncul pada abad ke-18 di wilayah Ural, dan bentuk ketel seperti ini sebenarnya juga telah dikenal di Iran selama berabad-abad sebelumnya.

BACA JUGA: Berkunjung ke Kota Kazan yang Bernuansa Islami di Rusia

6. Vodka

Minuman khas  ini merupakan salah satu souvenir apik dari Rusa yang banyak didamba oleh pria.

Sejak lama vodka dikonsumsi pada saat memakan makanan ringan seperti salad, caviar ataupun roti bakar bersama.

Souvenir Apik dari Rusia vodka
(Foto: Instagram.com/spirits_naturally)

Tradisi ini sering disebut dengan ‘zakusochnyi stol’, dimana sebelum minum vodka, kamu  harus bernafas terlebih dahulu dan kemudian meminumnya dengan cepat dalam satu tegukan.

Setelah selesai minum satu tegukan, ketuk gelas  di meja dan gigit makanan ringan sebelum mengisi ulang gelasmu.

Namun demikian perlu diperhatikan bahwa mengkonsumsi Vodka berkualitas rendah dapat berbahaya bagi kesehatan.

Jika kamu ingin  membeli vodka di Rusia, kamu bisa meminta bantuan asisten toko untuk memilih botol vodka berkualitas tinggi. (Sbg/Mhr/Rig)

Comments