Pekerjaan yang dibutuhkan
(Sumber Foto: svec.education)

Sabigaju.com – Beberapa waktu lalu Presiden Jokowi lewat akun Twitternya menyebut ada banyak pekerjaan baru di masa depan dan pekerjaan lama menjadi hilang akibat teknologi.

Jokowi juga menyebut telah membahas isu tersebut di pertemuan G20, APEC, dan ASEAN Summit dengan mengungkap kebingungannya karena keterlambatan regulasi.

Cuitan presiden di Twitter itu tak menyebut jenis pekerjaan apa saja yang muncul dan yang hilang.

Untuk itu, ia berencana menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia agar mampu bersaing di masa depan.

Nah kali ini Sabigaju mau kasih tahu sejumlah pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan berdasarkan tren lingkungan, sosial, dan teknologi. Berikut ulasannya:

Petani Aquaponic

Populasi ikan di lautan kian berkurang drastis dan diperkirakan pada 2030 nanti populasi ikan di alam liar akan habis. Cuaca ekstrem kini juga membuat nelayan di berbagai belahan dunia takut melaut.

Oleh sebabnya, profesi petani aquaponic sangat dibutuhkan dimasa depan. Aquaponic adalah budidaya ikan dengan konsep berkebun, dimana tanaman tumbuh di atas permukaan air, sedangkan ikan hidup di bawahnya . Jadi, manusia masih bisa makan makanan laut meski berada di lokasi terpencil.

BACA JUGA: Ragam Pekerjaan yang Diprediksi Tergusur Kecanggihan Teknologi

Desainer Sampah

Sampah di dunia sudah sangat menumpuk bahkan jumlah sampah lebih banyak ketimbang daur ulangnya.

Salah satu pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan adalah desainer sampah yang  bisa mengubah sampah menjadi produk baru yang lebih bermanfaat,

Seorang desainer sampah akan memastikan produk-produk baru lebih berkualitas dan bernilai pasar. Tak lupa, produk baru itu akan menyisakan sedikit saja limbah sehingga lingkungan tetap terjaga.

Navigator Kesehatan

Saat ini, profesi navigator kesehatan masih masih dianggap aneh dan kurang dibutuhkan, namun keadaannya akan berbalik . Profesi navigator kesehatan bakal sangat dibutuhkan di masa depan.

Navigator kesehatan bertanggung jawab untuk membantu pasien dan keluarga mereka menavigasi sistem medis yang kompleks.

Pengawas Drone

Masa depan berbagai belahan dunia tampaknya akan dipenuhi dengan drone, drone, drone, dan semakin banyak drone.

Lantaran Itulah   petugas pengawas drone adalah pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan

Petugas pengawas drone bakal memonitor setiap pergerlanakan drone, khususnya yang melanggar batas-batas teritorial sebuah negara. Ataupun Drone yang melakukan aktivitas mencurigakan akan membuat konflik dan masalah serius antarnegara.

BACA JUGA: Ragam Pekerjaan Seru untuk Kamu Si Tukang Curhat 

Nostalgist

Nostalgist  adalah pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan. Profesi ini mengkhususkan diri menciptakan suatu desain dari kenangan seseorang.

Seiring perkembangan zaman, para nostalgist bakal memenuhi keinginan pensiunan akan kenangan masa lalunya, seperti rumah era 1970-an atau rumah tradisional era 1980-an.

Nah, profesi desainer nostalgist dibutuhkan waktu itu.

Rewilder

Pekerjaan yang  dibutuhkan di masa depan adalah profesi petani modern alias rewilder, yaitu petani dengan kemampuan apokaliptik yang bisa mengembalikan kondisi alam menjadi lebih baik.

Rewilder bertugas memperbaiki ekosistem alam yang rusak akibat manusia, apakah itu pembangunan pemukiman penduduk atau areal bekas pabrik.

Rewilder juga mampu meningkatkan kualitas pangan secara maksimal.

BACA JUGA: Ragam Pekerjaan yang Cocok untuk Pria Introvert

Konselor Robot

Ketika robot mengambil semua pekerjaan manusia, maka seorang konselor untuk mengawasi mereka.  Konselor robot adalah pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan

Profesi ini hadir untuk membantu pelanggan potensial mengetahui persis tentang robotnya atau bisa dikatakan pengasuh robot.

Jika robot baru yang dibeli tidak pas atau menyebabkan konflik, maka konselor robot akan membantu memperbaiki mereka ke kondisi normal.

Ahli Fleksibilitas

Masa depan identik sekali dengan fleksibilitas atau kesederhanaan. Nah profesi ahli fleksibilitas menjadi pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan

Ahli fleksibilitas ini akan membantu begitu banyak orang untuk menyederhanakan segala hal ataupun  segala kemungkinan atau sesuatu yang rumit.

Ahli Fleksibilitas disewa untuk mempermudah sebuah operasi bisnis, mengurangi panggilan telepon, mengurangi dokumen yang tidak perlu, bahkan mengurangi jumlah hari kerja yang terbuang percuma.

BACA JUGA: Pandangan Tentang Robot yang Akan Mengambil Alih Pekerjaan Manusia 

Ahli Tenaga Surya

Pekerjaan yang juga dibutuhkan di  masa depan adalah profesi  ahli tenaga surya. Lewat profesi ini mereka akan  menciptakan berbagai teknologi yang berbasis energi surya.

Sebab energi fosil pada 2030 nanti mungkin akan sangat tipis dan perlahan habis. Energi alternatif dengan menggunakan tenaga surya akan berperan penting banyak orang dan perusahaan  di masa depan dan jumlahnya sangat melimpah.

Tele-Dokter

Pekerjaaan  lain yang dibutuhkan dimasa depan adalah profesi Tele-dokter alias dokter bedah jarak jauh.

hadirnya profesi ini membuat pasien  tidak perlu  terbang ke negara atau kota lain  lain untuk melakukan operasi.

Profesi tele-dokter bekerja  dengan bantuan tenaga robotiknya dapat bisa melakukan operasi dari jarak jauh. (Sbg/Rig)

Comments