Beranda Lifestyle KULINER Ragam Kuliner Khas Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Ragam Kuliner Khas Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

4 menit baca
0
0
11

Sabigaju.com – Suasana penuh suka cita saat lebaran rasanya tak lengkap tanpa kehadiran hidangan lezat di meja makan. Di suasana Idul Fitri, hampir setiap keluarga pasti “berpesta” dengan menu-menu istimewa. Ayam, daging, sayur, semua ada!

Kuliner khas lebaran itu identik dengan ketupat dan sayur labu siam, dilengkapi rendang atau semur daging. Ya, kan? Sebenarnya tak hanya itu, lho. Sebagai salah satu cerminan kekayaan bangsa kita, kamu harus tahu kalau berbagai daerah di Indonesia punya hidangan khas lebaran versi mereka sendiri. Apa saja itu? Simak di bawah ini!

1. Bebek Gulai Kurma, Aceh

Meski tersemat kata “kurma” dalam namanya, namun dalam hidangan khas negeri Serambi Mekkah tak sedikitpun menyertakan kurma dalam olahannya.

Bahan utamanya adalah potongan daging bebek yang dimasak dengan daun pandan, daun temurui, dan serai. Kuahnya adalah kuah santan yang kental.

Bebek gulai kurma memiliki aroma yang sangat menggoda. Penggunaan rempah seperti cengkeh, kayu manis, biji pala dan kapulaga memberi cita rasa beragam dalam hidangan ini.

2. Lodeh Terong, Pekalongan

Kamu tahu terong bulat yang berwarna hijau? Nah, itu yang biasa dipakai dalam menu lodeh terong. Dengan campuran melinjo dan kacang panjang, lodeh terong ini sangat nikmat sekali dimakan dengan nasi putih maupun ketupat.

Nah, yang unik dari lodeh terng ini adalah penggunaan daun kecombrang yang menjadikan sayur lodeh khas Pekalogan ini berbeda nikmatnya dengan sayur lodeh lain.

3. Kella Pate, Madura

Bergeser sedikit ke bagian utara pulau Jawa yakni Madura, ada Kella Patte, menu ikan yang biasanya turut memeriahkan lebaran di sana. Kella Pate adalah makanan bersantan. Bumbu yang digunakannya mengandung jintan, kencur, dan terasi yang membuat cita rasanya khas.

Irisan cabai dan belimbing wuluh semakin membuat Kella Pate terasa nikmat, lho!

4. Ayam Gagape, Makassar

Penampilan Ayam Gagape memang mirip opor ayam kalau dilihat sekilas. Tapi kalau sudah dicoba, kamu pasti bisa rasakan bedanya “opor” khas tanah Bugis ini,

Menu ayam gagape menggunakan ayam kampung jantan. Biasanya, ayam gagape disajikan bersama ketupat. Cita rasa dalam ayam gagape berasal dari rempah yang kuat. Kadang-kadang juga ayam gagape disajikan dengan sangat pedas, lho!

Untuk penyajian akhir, ayam gagape ditaburi kelapa parut yang sudah disangrai d atasnya. Nyam! Siapa yang lebaran tahun ini pulang kampung ke Makassar? Siap banget menikmati ayam gagape pasti, ya.

5. Lemang Lepat Lau, Pontianak

Di Pontianak, popularitas lemang lepat lau sepertinya mengalahkan ketupat. Walau sepintas tampak sama, namun lemang lepat lau ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Bahan dasarnya beras, namun yang membedakan lemang lepat lau dengan ketupat adalah penggunaan santan saat memasaknya. Santan ini membuat rasa lemang lepat lau jadi lebih gurih.

Lemang lepat lau ini biasanya dinikmati bersama rending daging, plus dilengkapi dengan taburan serundeng di atasnya. Nikmat, ya!

Kalau kamu, punya makanan khas lebaran apa di daerahmu, Sobat Sabi? (Sbg/Fitri)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak Nico
Tampilkan Lebih Banyak Dalam KULINER
Komentar ditutup

Lihat juga

Ketupat Menjadi Makanan Khas Saat Lebaran, Begini Asal-Usulnya

Sabigaju.com – Ketupat menjadi makanan khas saat Lebaran yang paling familiar di Ind…