Sate kambing adalah salah satu kuliner Idul Adha yang dapat nikmati di hari Raya Idul Adha bersama dengan keluarga. (Foto: Pixabay)
Sate kambing adalah salah satu kuliner Idul Adha yang dapat nikmati  bersama dengan keluarga. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Umat muslim di Tanah Air sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Adha juga dikenal dengan sebutan “Hari Raya Haji”, karena peristiwanya bertepatan dengan prosesi puncak ibadah Haji yang utama, yakni wukuf di Arafah.

Hari Raya Idul Adha 1439 H yang diperingati setiap tanggal 10 Zulhijjah, dan di tanah air diperkirakan akan tiba pada hari Rabu, 22 Agustus 2018.

Selain dinamakan sebagai Hari Raya Haji, Idul Adha juga disebut Idul Qurban. Pasalnya, pada hari itu Allah SWT memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Yup, bagi umat muslim yang belum mampu melaksanakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan kurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT. Oleh karenanya, peringatan Idul Adha tiap tahunnya pasti identik dengan keberadaan daging hasil kurban tersebut

Umumnya, setelah penyembelihan kurban, para penerima daging kurban akan membuat masakan untuk disantap bersama. Nah, berikut beberapa menu kuliner yang bisa anda coba masak di rumah saat Idul Adha nanti:

1. Gule atau Gulai

Gule merupakan kuliner Idul Adha yang familiar di Jawa, sedangkan gulai berasal dari Sumatera. Gulai yang mempunyai unsur masakan India dimasak dalam kuah berempah dengan citarasa gurih.

Tidak segurih gulai, kuah gule lebih cair dan tidak terlalu kental. Gule lebih cenderung menggunakan santan encer dan kaldu daging kambing.

2. Rendang

Tak hanya saat Idul Adha saja, daging rendang memang favorit dan terkenal kelezatannya. Bahkan, rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

View this post on Instagram

Tadi pagi pesen daging 1/2 kg di bawainnya 1 kg, yah udah sekalian di masaknya aja semuanya, lagian bikin rendang juga lumayan lama masaknya. Happy dinner All… . . . . Rendang daging Bahan : 1 kg daging sapi (sy pakai khas dlm) potong selera 2 sdm air asam jawa 500 ml santan kental (dr 2 btr kelapa) 1.5 ltr santan encer Haluskan : 15 bh b.merah 10 bh b.putih 3 bh cabe merah besar 12 bh cabe merah keriting 7 bh cabe rawit 4 btr kemiri 2 cm jahe 2 cm lengkuas 1 sdt ketumbar, sangrai 1/2 sdt jinten 1/2 sdt pala bubuk Sejempol kunyit Bumbu cemplung 2 bh sereh 5 lmbr daun jeruk 3 lmbr daun salam 2 lmbr daun kunyit 5 bh cengkeh 2 bh bunga lawang 1 sdm gula merah Garam, kaldu jamur Tambahkan sdkit gula pasir bila rasanya kurang pas Caranya : *Tumis bumbu halus hingga matang masukkan semua bumbu cemplung,aduk2 lalu masukkan daging sapi aduk hingga daging kaku. *Tuangkan santan encer aduk perlahan supaya santannya tidak pecah. Masak dengan api kecil hingga daging empuk beri garam, gula merah, air asam dan kaldu jamur lalu tambahkan santan kentalnya. *Masak hingga daging meresap dan airnya sdkit agak menyusut, angkat. *Sajìkan Sekalian setor untuk GAnya @kumpulan resepmasak bersama @supplieralasfoto #krm3rdGA#kumpulanresepmasak #rendang #rendangdaging #rendangsapi #homemade #homecooking #minangfood #masakkanpadang #masakkanrumahan #bakingcookingpemula #doyancooking_ #resepmasakan #resepmasak #resepikan #reseprendang #resepayam #resepsayur #resepsambal #dietmulaibesok #laperbaper #wowresep #kuliner #doyancooking #berbagiresep #yukbelajarmasak #resepyummy #resepomahku ##resepmasakan #resepmasak #resepikan #reseprendang #resepayam #resepsayur #resepsambal #dietmulaibesok #laperbaper #wowresep #kuliner #doyancooking #berbagiresep #yukbelajarmasak #resepyummy #resepomahku#resepmasakan #resepmasak #resepikan #reseprendang #resepayam #resepsayur #resepsambal #dietmulaibesok #laperbaper #wowresep #kuliner #doyancooking #berbagiresep #yukbelajarmasak #resepyummy #resepomahku #

A post shared by Heri Gunawan (@chef.gunawan) on

Rendang bisa menggunakan daging sapi atau kambing. Saat kamu menggunakan daging kambing pastikan mengolahnya dengan baik, supaya tidak meninggalkan rasa amis.

3. Sate

Siapa sih yang gak tahu sate? Makanan ini sering banget kita jumpai di sepanjang jalan saat Idul Adha tiba biasanya masyarakat membuat sate dan memanggangnya usai menerima daging.

View this post on Instagram

#sate #vegantasty #deliciousfood

A post shared by Cheerful Vegan Bistro & Bakery (@cheerfulsurabaya) on

Sate merupakan cara mengolah daging yang sederhana tapi sungguh nikmat. Saus sate yang paling umum digunakan adalah bumbu kacang dan kecap manis.

Makanan ini gampang banget dimasak di rumah, Sob. Namun, yang perlu diingat, pastikan kamu membakar sate hingga matang. Sate daging kambing atau sapi yang kurang matang beresiko membawa penyakit Toxoplasmosis. Waspada ya, Sob!

4. Sop Buntut

Selain sate, kuliner Idul Adha  yang juga bisa kamu nikmati adalah hidangan berkuah seperti sop buntut. Makanan dari olahan daging buntut sapi memang menggiurkan dan nikmat.

View this post on Instagram

Bingung mau masak apa buat makan siang? Bikin Sop dengan Rasa Rempah yang Khas ini aja! 📲 Nikmati resep Indonesia lainnya pada aplikasi kami👉 Link di bio. BAHAN: 1 buntut sapi, dipotong-potong ½ bawang bombai, iris 2 L air 7 siung bawang putih 1/2 butir biji pala (geprek) 3 cm kayu manis 2 buah bunga lawang 4 bauh cengkeh 2 ruas jahe geprek 4 batang daun bawang 3 buah wortel 2 batang daun seledri 1 sdt Garam 1 sdt Gula (opsi) 1 sdt merica bawang merah goreng . CARA MEMBUAT: 1. Panaskan minyak, masak buntut di atas pan dengan api sedang, angkat buntut lalu sisihkan. Biarkan sisa minyak pada pan. 2. Tumis bawang bombai hingga agak layu, tambahkan bawang putih, jahe, bunga lawang, cengkeh, biji pala dan kayu manis. Aduk rata. 3. Masukkan buntut dan kemudian bumbui dengan garam, gula dan merica sesuai selera. Masukkan air lalu presto hingga matang. 4. Saat sudah matang tambahkan wortel, daun bawang dan tomat. 5. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat. . . . . #tastemade #food #foodie #instafood #kuliner #culinary #indonesiapunya #indonesia #indonesianfood #makananindonesia #jelajahindonesia #discoverindonesia #eat #tastemadeindonesia #tastemadeid #foodporn #foodstagram #ivgfood #indovidgram #recipe #recipevideo #sopbuntut #oxtailsoup

A post shared by Tastemade Indonesia (@tastemadeindonesia) on

Tentunya makanan ini lebih sehat karena dilengkapi berbagai macam sayuran dan rempah-rempah. Daging empuk dalam kuah kaldu sapi bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng.

5. Nasi Kapsah

Kuliner Idul Adha ini berasal dari kawasan Timur Tengah terutama Yaman dan sekitarnya. Rasanya tetap berbumbu seperti nasi kebuli tapi dibandingkan nasi kebuli, nasi kapsah relatif lebih plain.

View this post on Instagram

Nasi Kapsah #nasikapsah

A post shared by Rodex1313 Resto™ (@romantic_resto1313) on

Nasi kapsah menggunakan nasi basmati yang sudah direndam dan dicampur dengan daging, sayur dan aneka bumbu. Nasi kapsah memang tidak terlalu spicy tapi rasanya enak sekali ketika dipadukan dengan kambing oven yang dapat kita santap.

6. Nasi Kebuli

Nasi kebuli adalah salah satu hidangan Timur Tengah yang bisa menjadi pilihan Kuliner Idul Adha. Kuliner nasi ini memiliki aroma rempah yang sangat kuat.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan kismis dan bawang goreng. Sebagai pelengkapnya diberi topping kambing goreng yang masih melekat di tulangnya. Terdapat inovasi taburan bumbu kecokelatan yang jadi pelengkapnya.

Rasa daging kambingnya juga gurih. Bumbu meresap ke bagian serat daging. Untuk taburan bumbunya terasa gurih harum.

7. Kuliner Idul Adha Roti Jala Kari Kambing

Roti jala adalah salah satu jenis kue basah yang merupakan panganan tradisional khas Melayu. Kuliner ini kerap kita jumpai di berbagai rumah makan Timur Tengah yang terhampar di Jakarta.

Roti jala terasa lembut. Enak disuap dengan kuah kari yang berwarna oranye sedikit kemerahan. Kuah kari yang agak encer terasa gurih santan dan agak pedas berempah.

Potongan daging kambing dalam kuah juga begitu empuk dan sedap. Lipatan roti jala disajikan bersama kuah kari kambing dalam mangkuk terpisah.

Nah, mana kuliner yang bakal kamu nikmati saat Idul Adha nanti nih, Sob? (Sbg/Rig)

Comments