Nordic Walking
Sejumlah penyuka aktivitas jalan kaki di belahan eropa mempopulerkan sebuah trend baru berjalan kaki yang mereka namakan Nordic Walking.(Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Jalan Kaki adalah Salah satu aktivitas murah meriah plus bonus memberikan kesehatan serta membantu tubuh dalam kelancaran proses metabolisme. Lebih dari itu jalan kaki bisa membuat mood atau suasana hati menjadi lebih baik.

Nah, belum lama ini sejumlah penyuka aktivitas jalan kaki di belahan eropa mempopulerkan sebuah trend baru berjalan kaki yang mereka namakan Nordic Walking.

Nah Sabigaju bakal mengupas aktivitas kesehatan Nordic Walking berikut ini.

Keunggulan Jalan Kaki ala Nordic Walking

Olahraga yang tengah populer di Skandinavia dan beberapa negara lain di Eropa ini menawarkan pengalaman berjalan kaki menjadi latihan untuk mengatasi rasa sakit pada punggung, leher, dan bahu, terutama bagi kamu yang bekerja seharian duduk di depan komputer.

Nordic Walking
(Foto: Instagram)

Menurut asosiasi olahraga ini, American Nordic Walking Association, meski terlihat sederhana, olahraga jalan kaki, Nordic walking ini adalah olahraga yang melibatkan sekitar 90 persen otot di tubuh manusia.

Berjalan dengan tongkat ski selama 30 menit adalah cara efektif menjaga kebugaran bagi orang-orang yang sering duduk dan membungkuk selama bekerja.

Saat berjalan, gerakan lengan dan kaki secara berlawanan. Meski terkesan mudah, awalnya Anda akan merasa kagok karena harus berjalan dengan dua tongkat ski.

Namun, butuh waktu untuk membiasakan diri berjalan dengan tongkat, tetapi bila sudah terbiasa, Anda bahkan bisa mencapai intensitas yang sama seperti berlari.

Mengusir Berbagai Penyakit

Pejalan Nordic dapat membakar sekitar 50 persen lebih banyak kalori dibandingkan dengan pejalan kaki biasa.

Nordic Walking
(Foto: Instagram)

Nordic Walking bisa membantu mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular dan lebih baik dalam meningkatkan keseimbangan, gaya berjalan.

Selain itu kegiatan ini berguna  bagi aktivitas sehari-hari di antara pasien stroke selama rehabilitasi, daripada pelatihan treadmill biasa.

Kamu pun akan merasakan manfaatnya pada pernapasan. Latihan ini terbukti efektif untuk orang dengan penyakit saluran napas obstruktif kronik, meningkatkan penyerapan oksigen walaupun pasien tidak menganggap dirinya melakukan lebih banyak olahraga daripada biasanya.

Tak hanya itu, Nordic walking pun dapat membantu kondisi osteoartritis, mengatasi sakit punggung, hingga mengurangi gejala Parkinson.

Kamu tertarik mencoba  Nordic Walking? (Sbg/Rig)

Comments