Meski memiliki Privilege kita tidak boleh egois dn sombong
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Privilege adalah salah satu kata yang kini sedang banyak digunakan oleh masyarakat. Privilege sendiri artinya adalah hak istimewa secara sosial milik individu atau sebuah kelompok tertentu.

Memiliki hak istimewa itu artinya kamu juga punya keuntungan yang enggak perlu susah payah kamu dapatkan. Seperti dikutip Very Well Mind, privilege bisa dimisalkan sebagai berikut:

1. Ras:

Misalnya saja ketika kamu lahir dari ras kulit putih. Tentu kamu punya hak istimewa tanpa kamu minta sebelumnya dibanding mereka yang lahir dari ras kulit hitam. Ini karena kamu berada dalam kelompok mayoritas. Kelompok ras kulit putih juga biasanya akan diperlakukan dengan lebih baik.

2. Kelas

Hak istimewa juga bisa kita dapatkan ketika kita lahir dari keluarga kaya raya. Di sisi lain, ketika orang bersusah payah memenuhi kebutuhannya, kita tak perlu kesulitan untuk mendapatkannya.

Beberapa riset menemukan bahwa ketika membicarakan kelas, maka akan mengarah pada ras juga. Ini karena ketika orang lahir dari ras tertentu mereka punya hak dan kesempatan yang lebih dari ras lainnya.

BACA JUGA: Cara Self Love untuk Mengapresiasi Diri Sendiri 

3. Gender

Enggak denial, kalau laki-laki mendapat privilege yang lebih dari perempuan dan jenis kelamin lain.

Laki-laki punya kesempatan di ruang publik yang lebih luas dari gender lainnya. Laki-laki bisa memimpin dengan segala gaya kepemimpinan, bisa mendapat pekerjaan yang lebih layak, stigma yang tak lebih banyak, dan bahkan dalam hal pendapatan.

4. Abilitas

Kamu yang punya fisik sempurna harus bersykur, nih! Kamu bisa lebih leluasa dari mereka yang punya kekurangan secara fisik.

Mirisnya, kesempatan para disabilitas terhadap akses pendidikan, informasi dan pekerjaan jauh lebih sulit dari kita yang sempurna.

Masih banyak privilege yang kadang kita enggak sadar sudah dapatkan dari lahir. Misalnya aja menjadi penganut agama mayoritas, berbahasa internasional, warga negara dari negara maju dan sejahtera, penampilan yang lebih baik dan lain-lain.

Manfaatkan Privelege-mu untuk Bantu Sesama

Setelah kamu sadar dengan privilege yang kamu punya, kamu harus bisa mengarahkan privilege kamu untuk bantu sesama.

BACA JUGA: Tidak Ikut Arus, Tanda Kamu Punya IQ Tinggi 

Refleksikan diri untuk mengarahkan privilege

Refleksi diri adalah cara terbaik untuk memahami privilege kamu. Kamu bisa berpikir kritis sehingga bisa mengoneksikan kehidupan pribadimu dengan sistem realita yang lebih luas.

Melakukan hal ini juga bisa memuluskan jalanmu untuk menciptakan perubahan sosial yang ada.

Mengakui privilege-mu

Lahir sebagai seseorang yang punya privilege membuat kamu kadang merasa superior dan melakukan penindasan terhadap kaum yang inferior walau dalam pikiran kamu sendiri.

Tapi dengan mengakui bahwa kamu terlahir bersama privilege, kadang ini bisa membantu mereka dengan kondisi yang sebaliknya.

Misalnya, kamu lahir sebagai seorang laki-laki, dari keluarga kaya tujuh turunan, serta tampan. Kamu sedang berdiskusi dengan orang yang kehidupannya jauh berbalik dengan kehidupanmu

BACA JUGA: .Keseimbangan, Kunci Utama Hidup Bahagia

Kamu harus mengakui bahwa kamu memiliki privilege sehingga sangat diuntungkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dengan tindakan ini, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu punya kesadaran diri, empati dan kasih sayang terhadap sesama.

Jangan lupa juga untuk lebih banyak mendengarkan kisah mereka yang hidup sebagai minoritas.

Ingat bahwa privilege yang kamu miliki ini bukan sesuatu yang kamu dapatkan dengan susah payah. Jadi, apa yang bisa disombongkan dari itu semua? (sbg/Dinda)

Comments