Musik rock bisamembuat seseorang tampil enerjik
(Foto: Instagram.com/wattie_exploited)

Sabigaju.com – Banyak orang awam menafsirkan musik punk rock identik gerombolan anak jalanan yang urakan, tak tahu sopan santun, dan meresahkan. Padahal jika kita melihat sejarah punk yang sudah lama berkembang, paradigma tersebut sangatlah salah.

Punk rock tidaklah identik dengan semua itu sebab punk rock sejak kemunculannya hingga kini telah menjelma dan punya pengaruh terhadap banyak hal di kehidupan. Mulai dari Industri fesyen, pendidikan game hdan banyak hal lainya .

Nah, kali ini sabigaju mau kasih info  soal sisi lain dari musik punk rock terhadap kesehatan  yang mungkin tidak banyak ketahui,

BACA JUGA: Pionir Punk Jakarta RIno Akbar RGB Meninggal Dunia

Bikin Energik

Dalam sebuah  ulasan ilmiah  seseorang akan merasa energik usai disetel musik jenis punk rock . Hal ini dikarenakan musik rock and punk ini memiliki energi yang besar sehingga memicu adrenalin pendengar menjadi lebih meningkat.

Tak heran, seseorang yang merasa mengantuk akan segera sadar dan kembali bugar. Disisi lain, efek musik ini akan berbeda ketika seseorang memiliki selera tersendiri terhadap musik punk.

Misalnya saja bagi seseorang yang menyukai jenis  punk akan langsung merasa senang ketika mendengarkannya. Sebaliknya, baik seseorang yang tidak menyukai jenis musik ini akan langsung marah dan kesal ketika mendengarkannya.

BACA JUGA: Kolaborasi Super Keren Dr. Martens dengan Sex Pistols, Mesti Punya!

Bikin Perasaan Tenang dan Kalem

Musik punk selama ini mungkin lebih identik dengan hingar bingar kebrutalnya. Namun, sebuah penelitian ilmiah justru menunjukan sebaliknya. Kedua jenis musik tersebut membuat pendengarnya menjadi lebih tenang dan kalem.

Belum lama ini, sebuah penelitian Universitas Queenland Australia mencoba membuktikan anggapan kalau metal dan punk menyebabkan emosi meledak-ledak dan memicu amarah.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Genevieve Dingle dan mahasiswinya Leah Sharman tersebut menggunakan 39 orang fans musik cadas.

“Kami menemukan bahwa musik ini mengakomodir kesedihan dan meningkatkan perasaan positif.. Saat merasakan amarah, pendengar musik ekstrim senang mendengarkan musik yang cocok dengan perasaan mereka,” ujar Sharman seperti dilansir NME belum lama.

“Musik ini membantu mereka mengekplorasi emosi yang mereka rasakan, namun juga meninggalkan perasaan aktif dan terinspirasi.

Hasil menunjukan kalau tingkat kekerasan, perasaan terganggu, berkurang.. Dan yang paling banyak adalah tingkat inspirasi yang mereka rasakan,” pungkasnya.

Yuk ah kita denger musik dari band punk rock favorit kita! Punk’s not dead!  (Sbg/Rig)

Comments