Kondisi keuangan
Bagi yang tidak bisa mengelola pengeluaran dengan baik, biasanya kondisi keuangan mereka pasca Lebaran bakalan berantakan.(Foto: Koin works)

Sabigaju.com – Saat momen Lebaran tiba, itu  bukan berarti kamu lantas jadi jutawan ya. Karena biasanya, kondisi keuangan pasca Lebaran bakalan ikut berantakan.

Kenapa? Coba bayangin aja, kamu harus kasih THR ke orangtua, mertua, istri dan anak, mbak di rumah, petugas kebersihan, dan lain sebagainya. Belum lagi cicilan dan tagihan yang kamu harus bayar. Oh iya, satu lagi: mudik!

THR rasanya bakal lewat gitu aja. Tapi kamu enggak usah khawatir, Sob. Ada kok cara aman memulihkan kondisi keuangan pasca Lebaran. Cus, dicek!

BACA JUGA: Mengatasi Hutang Usai Merayakan Lebaran

Lunasi Hutang

Ini adalah salah satu beban pengeluaran ya g harus kamu dahulukan. Sebab, hutang berupa cicilan, tagihan atau iuran biasanya akan membengkak jumlahnya atau diberhentikan keberlangganannya jika kamu terlambat bayar.

Jangan sampai kamu menundanya dan justru menghamburkan uang di awal. Akibatnya, uang habis hutangpun belum dibayar. Berabe, dong!

Catat Setiap Pengeluaran

Penganggaran semacam ini perlu ada dalam kegiatan rumah tangga. Catat dari mulai prioritas teratas hingga akhir. Misal: membayar tagihan, cicilan, memberi jatah bulanan istri, sekolah anak, ongkos kerja, dan lain-lain.

BACA JUGA: Cara Aman Nagih Hutang ke Temen 

Hitung Sisa

Kamu bisa menghitung sisa uang setelah dipakai untuk berbagai hal. Kamu adalah orang yang paling tahu apakah sisa uang ini akan cukup untuk sampai tanggal gajian berikutnya?

Jika ya, bagi sisa uang ini untuk beberapa hal seperti dana darurat dan tabungan. Dana darurat nantinya bisa dipakai jika ada kondisi urgent yang kamu dan keluarga alami seperti sakit atau kerusakan rumah. Sedangkan tabungan, tentu perlu dong untuk jangka panjang.

Jika tidak cukup:

BACA JUGA: Bagi-bagi Uang di Hari Idul Fitri, Sebuah Keharusan?

Batasi Pengeluaran Harian

Ini perlu mengingat kondisi keuangan kamu sudah sangat menipis. Misal kamu bisa pakai uang untuk rokok sebanyak satu bungkus dalam tiga hari. Kamu bisa loh, menguranginya. Hitung-hitung gaya hidup sehat juga.

Jangan Keseringan Makan di Luar

Makan di luar ini lah yang kadang bikin kamu bokek seketika. Jika istri masak di rumah bisa Rp100 ribu per hari, maka makan di luar bisa Rp300 ribu per hari. Lumayan banget, kan? Ingat, Kondisi keuanganmu sedang dalam pemulihan.

BACA JUGA: Biar Enggak Habis Sia-sia, Begini Cara Mudah Mengelola THR 

Batasi Gaya Hidup

Kamu juga perlu membatasi pengeluaran yang berkaitan dengan gaya hidup kamu. Enggak perlu banget kan, beli sepatu terbaru yang padahal baru bulan lalu kamu udah beli sepatu.

That’s all! Teorinya gampang, praktiknya emang susah. Tapi enggak ada salahnya dicoba demi pulihnya kondisi keuangan kamu? (Sbg/Dinda)

Comments