Terobos Hujan
(Foto: Freepik,com)

Sabigaju.com – Menunggu hujan yang tiada habisnya kadang membuat kamu jadi nggak sabaran dan nekat untuk langsung terobos hujan.

Meski bagi banyak orang-, hujan merupakan anugerah sekaligus berkah. Namun tak sedikit juga orang menganggap hujan merupakan sebuah hal yang membuat kesal.

Buat kamu yang sering melakukan hal ini jangan lupa untuk melakukan sederet hal berikut biar kamu nggak jatuh sakit.

BACA JUGA: Winter Blues, Galau Nggak Karuan Saat Musim Hujan Datang 

Ganti Baju yan sudah Basah

Jika kamu sudah tiba dengan terobos hujan yang lebat, segeralah melepaskan pakaian basah agar hawa dingin tidak membuat kamu jadi batuk. Lepas semua pakaian, termasuk kaus kaki dan pakaian dalam.

Mengganti baju yang basah dengan baju kering juga penting agar suhu tubuh tidak semakin dingin yang membuat kekebalan tubuh semakin menurun.

Baiknya kamu merendam kaki dalam air panas untuk menyingkirkan semua kuman yang terkumpul dari genangan air dan jalan berlumpur saat menerobos hujan.

Segera Mandi & Keramas

Air hujan yang turun mengandung gas atau senyawa yang bersifat asam. Tingkat keasaman yang lebih besar dari gas ini ditemukan pada hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis.

Makanya, pasca kamu kebasahan setelah terobos hujan, kamu tetap disarankan untuk segera mandi dan keramas untuk menghilangkan senyawa bersifat asam yang dibawa oleh air hujan.

Oh iya, air hujan bisa saja membuat kulitmu kering maka oleskan pelembab untuk melembabkan kulit dan mencegah gatal atau infeksi.

BACA JUGA: Seks Saat Hujan Turun, Antara Psikologis dan Biologis

Konsumsi makanan tinggi vitamin C

Banyak ahli percaya bahwa vitamin C sebagai metode pencegahan flu. Apabila kamu mengonsumsi dosis yang sehat secara teratur, kamu lebih dapat menangkal gejala pilek dan flu yang mungkin menghampiri usai kehujanan.

Konsumsi Kuliner Sehat dengan Kondisi Hangat

Untuk menurunkan suhu tubuh yang dingin pasca nekat melakukan aksi terobos hujan, kamu juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman sehat yang hangat, seperti susu hangat, sup, dan sekoteng.

Selain itu, air jahe juga sangat baik diminum setelah kehujanan karena bermanfaat untuk menghangatkan tubuh sehingga mencegah kamu terkena flu dan pilek.

BACA JUGA: Mencuci Mobil Usai Terguyur Hujan itu Penting, Jangan Ditunda-Tunda!

Banyak Minum Air Putih

Dengan menghidrasi tubuh, air bisa membantu mencegah virus flu dan demam pasca kamu melakukan aksi terobos hujan.

Tidak perlu 8 gelas per hari, yang penting adalah menangkap sinyal haus dengan segera menenggak segelas air. (Sbg/Rig)

Comments