hidup Sehat
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Selain sebagai ibadah, anjuran berpuasa merupakan bagian dari gaya hidup sehat demi kebaikan tubuh.

Puasa bisa menjadi waktu untuk belajar mengontrol pola makan untuk menjaga lambung dan lebih selektif memilih makanan yang tepat, dan pastinya bikin hidup sehat.

Efek Puasa Terhadap Fisiologis Tubuh

Pada saat berpuasa, memang seringkali merasa lebih lemas dan malas beraktivitas karena kurangnya asupan nutirisi dan cairan.

Pencernaan kita menggunakan sebagian besar energi di dalam tubuh. Ketika menggunakan energi ini, pencernaan bersaing dengan semua sistem dan organ lainnya, seperti sistem kekebalan tubuh, otot, dan otak.

“Dengan berpuasa selama 16 jam, Anda dapat mengistirahatkan sistem pencernaan, memberikan organ lain kesempatan untuk menggunakan lebih banyak energi,” kata ahli diet, Vildan Celik.

BACA JUGA: Mengapa Kita Terpikat Kuliner Tak Sehat Saat Stay at Home?

Turunkan Kolesterol

Puasa ternyata juga   dapat meningkatkan kadar HDL yang lebih dikenal dengan sebutan “lemak baik” serta menurunkan kadar LDL yang sering disebut “lemak jahat” dalam tubuh.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas California Irvine, Amerika Serikat. Studi ini menyebutkan puasa memengaruhi ritme kerja sirkadian hati dan otot rangka, sehingga mampu memperbaiki metabolisme dan meningkatkan perlindungan tubuh terhadap serangan  jantung, osteoporosis, hipertensi, diabetes tipe 2, dan kanker.

Hasil serupa didapatkan oleh studi lain yang yang menyebutkan bahwa puasa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 58 persen. Puasa mendorong tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi utama.

Alhasil, kolesterol di dalam tubuh berkurang dan berdampak pada penurunan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA: Sederet Aplikasi Gaya Hidup Sehat Buat di Smartphonemu

Makanan yang baik dikonsumsi saat puasa

Agar hidup sehat, alangkah baiknya di saat berpuasa kamu memilih makanan dan minuman dengan porsi yang cukup namun dengan variasi nutrisi yang seimbang dan sesuai kebutuhan tubuh.

Perbanyaklah minum air putih juga memakan buah dan sayur yang memiliki kadar air yang tinggi seperti tomat, semangka, selada, dan timun untuk mencegah dehidrasi.

Usahakan untuk menghindari makanan yang tinggi garam, karena garam bersifat menarik air dan tubuh akan jadi lebih mudah merasa haus.

Hindari juga makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi terutama gula sederhana, seperti kue-kue manis, permen, sirup.

Makanan jenis ini mengandung gula sederhana yang cepat diserap tubuh sehingga menstimulasi alarm rasa lapar yang lebih cepat.

Sebaliknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan roti gandum agar tidak mudah merasa lapar dan hidup sehat.

BACA JUGA: Alasan Kenapa Yoga Cocok untuk Cowok di Kehidupan Ini

Olahraga Saat Puasa

Selain pola makan yang tetap terjaga, tubuh tetap perlu berolahraga selama puasa. Olahraga yang dipilih cukup olahraga ringan saja dengan durasi yang tidak terlalu lama.

Hal ini dapat membantu tubuh untuk menjaga metabolisme, memperlancar sirkulasi darah, dan membantu tubuh tetap bugar.

Puasa bisa jadi gaya hidup sehat asal dilakukan dengan cara dan pola yang seimbang . (Sbg/Rig)

Comments