Berat Badan Naik
Banyak orang justru mengeluhkan berat badan naik saat puasa. Padahal saat berpuasa durasi makan kita hanya dua kali, sementara diluar waktu itu kita bisa makan tiga kali atau bahkan bisa lebih. (Sumber Gambar: healthcenterwellness.blogspot.com)

Sabigaju.com – Menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan Puasa sebenarnya bisa menjadi momen bagi kita untuk menurunkan berat badan. Namun demikian, banyak orang justru mengeluhkan berat badan naik saat puasa.

Padahal saat berpuasa durasi makan kita hanya dua kali, sementara diluar waktu itu kita bisa makan tiga kali atau bahkan bisa lebih.

Lantas apa yang membuat hal itu terjadi dan bagaimana cara mencegah agar berat badan tidak naik saat puasa?

BACA JUGA: Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Manis, Berbahaya

Terlalu Sering Menyantap Makanan yang Manis

Umumnya banyak orang yang berbuka puasa dengan mengonsumsi segelas es teh manis, es kelapa, atau minuman manis yang dingin.

Memang hal demikian menyegarkan, tetapi minuman manis dan dingin justru nggak disarankan untuk berbuka puasa.

Jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi minuman manis berkalori tinggi secara berlebih pada saat buka puasa, maka dapat terjadi penimbunan kalori berupa lemak yang berujung pada berat badan naik.

BACA JUGA: Bukan Kaleng-kaleng, Nih Minuman Berenergi untuk Berbuka Puasa

Makanan dan minuman manis tidak memberikan rasa kenyang sehingga kita akan terus mengonsumsinya, dan tanpa disadari asupan kalori kita sudah sangat berlebihan.

Belum lagi kalori dari gorengan dan cemilan, yang dilanjutkan dengan makan nasi dengan porsi besar.

Bayangkan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh pada saat berbuka puasa? Jangan heran kalau ini berlangsung terus selama sebulan penuh, berat badan naik melonjak.

BACA JUGA: Aturan Berbuka Puasa yang Optimal Menurut Pakar Gizi

Langsung Makan Porsi Besar

Lantaran menahan rasa lapar seharian, tak sedikit orang yang memilih langsung makan dengan porsi besar saat waktu buka puasa tiba.

Selain dapat menyebabkan berat badan naik,  kebiasaan ini a bisa mengakibatkan rasa kurang nyaman pada lambung.

Sebaiknya saat buka puasa, lebih baik minum air putih dan makan beberapa potong buah-buahan segar. Setelah salat magrib/isya/tarawih, kamu bisa makan malam dengan menu yang lengkap, dari nasi, lauk pauk, dan sayuran.

BACA JUGA: Sederet Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Buka Puasa 

Terlalu Banyak Menyantap Camilan

Tak sedikit dari kita yang tergoda tergoda dengan aneka camilan seperti kolak, gorengan, kue basah, es campur, sampai aneka jajanan pasar pasti mudah ditemukan di mana-mana.

Sayangnya, terlalu banyak makanan yang kamu konsumsi selain makanan utama justru membuat berat badanmu bertambah.

BACA JUGA: Jenis dan Manfaat Olahraga yang Baik Buat Cowok Saat Berpuasa 

Berat Badan Naik Lantaran Jarang Melakukan Aktifitas Fisik

Kalau kamu tidak ingin berat badan  naik saat menjalankan puasa, selain kamu harus mengontrol asupan makan, rutin olahraga saat puasa juga dapat membantu mempertahankan berat badanmu.

Tapi, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga saat puasa. Kamu bisa olahraga ringan setelah sahur, sebelum berbuka, atau setelah Tarawih.

Kamu bisa melakukan olahraga yang intensitasnya ringan hingga sedang, seperti berenang, jalan santai, yoga, atau bersepeda. Pokoknya, hindari berolahraga terlalu berat untuk mencegah kelelahan dan dehidrasi.

Jika sebulan penuh kamu berpuasa namun tidak berolahraga maka jangan mengeluh kalau berat badan naik yah gaes. (Sbg/Rig)

Comments