(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Semenjak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan pada 10 April, sudah dua kali Anies melakukan perpanjangan PSBB. PSBB terakhir seharusnya berakhir pada 4 Juni, hari ini.

Hari ini Kamis, 4 Juni 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk kembali memperpanjang  (PSBB) di Ibu Kota. PSBB di Jakarta diperpanjang hingga akhir Juni 2020.

Menurut Anies Perpanjangan PSBB ini akan menjadi PSBB masa transisi menuju new normal di Jakarta.

“Kami di gugus tugas memutuskan untuk menetapkan status PSBBdi DKI diperpanjang. Dan menetapkan bulan Juni sebagai masa transisi,” ujar Anies dalam siaran YouTube Pemprov DKI Jakarta.

Hal ini diputuskan lantaran sebagian besar wilayah sudah hijau dan kuning namun masih ada zona merah.

BACA JUGA: No Pesimis, New Normal Waktunya Kita Junjung Optimisme! 

Sejumlah Kegiatan yang Diperbolehkan di Masa Perpanjangan PSBB

Adapun jumlah kegiatan bakal diizinkan untuk dibuka kembali namun dengan penjadwalan yang dibagi menjadi 4 pekan.

Untuk pekan pertama adalah tanggal 5-7 Juni, pekan kedua dari 8-14 Juni, pekan ketiga berlangsung sejak 15-21 Juni dan pekan terakhir 22-28 Juni.

Anies menegaskan aktivitas 11 sektor yang selama ini sudah diizinkan beroperasi saat PSBB bisa diteruskan. Di masa transisi ini, ada beberapa yang ditambahkan.

“Pertama tempat dan kegiatan ibadah. Kegiatan keagamaan sudah bisa dimulai pada pekan pertama. Ini adalah pekan pertama. Kalau kita lihat di sini ini ada 4 pekan. Pekan pertama Juni, pekan kedua, pekan ketiga, pekan keempat. Ada hari kerja Senin sampai Jumat, lalu ada hari akhir pekan Sabtu dan Minggu,” papar Anies.

“Kita membagi kegiatan-kegiatan ini berdasarkan urutan pengendalian pergerakan penduduk. Kalau kita lihat, mulai besok kegiatan beribadah sudah mulai bisa dilakukan. Jadi masjid, musala, kemudian gereja, vihara, pure kemudian kelenteng semua sudah bisa mulai membuka tapi hanya untuk kegiatan rutin.Mulainya besok dan harus ikuti prinsip-protokol kesehatan,” tambah Anies.

BACA JUGA: Hindari Sederet Kesalahan Ini di Fase Awal New Normal

Sanksi PSBB tetap Berlaku

Anies juga membeberkan prinsip-prinsip umum dalam masa transisi PSBB di Jakarta. Anies meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan terkait penanganan Corona.

Berikut ini prinsip-prinsip umum di masa transisi:

– Warga sehat diperbolehkan berkegiatan di luar rumah

– Dilarang bepergian bagi warga tidak sehat/bugar

– Fasilitas/kegiatan hanya digunakan dengan maksimal 50% kapasitas

– Selalu gunakan masker jika berada di luar rumah

– Jaga jarak aman 1 m antar orang

– Cuci tangan dengan sabun secara rutin

– Menerapkan etika batuk, bersin

– Untuk jenis kegiatan tertentu, warga lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak belum diperbolehkan.(Sbg/Rig)

Comments