Sabigaju.com – Rusia sudah sejak lama menjadi salah satu negara produsen pesawat terbang terbesar di dunia baik untuk keperluan penerbangan militer, kemanusiaan maupun penerbangan sipil.

Industri pesawat terbang merupakan industri yang penting di Rusia  karena mampu menyerap sekitar 335.000 tenaga kerja dan merupakan komoditas ekspor yang besar.

Setelah bubarnya Uni Soviet, industri penerbangan Rusia mengalami krisis yang sangat dalam. Namun demikian, pada pertengahan dekade tahun 2000an situasi membaik karena tingginya kebutuhan dan permintaan transportasi udara baik di Rusia dan di luar negeri.

Kini perusahaan-perusahaan produsen pesawat terbang Rusia berlomba-lomba berusaha menghasilkan karya terbaiknya dan berikut adalah beberapa produsen pesawat-pesawat buatan Rusia terbaik pilihan Albatrostrip:

BACA JUGA: Ragam Souvenir Apik dari Negeri Rusia

1. Beriev

Beriev merupakan produsen pesawat terbang Rusia yang sudah berdiri sejak tahun 1934.

Beriev sendiri terkenal dengan produk-produk pesawat terbang amphibinya untuk keperluan militer, search and rescue, penumpang dan kargo.

Pesawat-pesawat buatan Beriev begitu terkenal pada tahun 1940-1960an ketika mereka memproduksi pesawat Be-6 flying boat, B-10 jet hydroplane, dan Be-12 amphibian, yang kala itu merupakan beberapa pesawat terbesar didunia yang dapat beroperasi diatas permukaaan air.

Untuk periode waktu yang lama, pesawat-pesawat tersebut beroperasi dengan kinerja yang tinggi dan telah mendapatkan lusinan pengakuan rekor dunia.

Pesawat Terbang Rusia Beriev Be-200ES-2
(Sumber:airspace-review.com)

Kini, Beriev terus mengembangkan model-model pesawatnya, yang tentunya dengan kemampuan teknologi yang lebih canggih lagi.

Salah satu pesawat Beriev terkini diantaranya adalah Be-200ES yang mampu tinggal landas dari darat dengan membawa beban seberat 41.000 kg dan mampu tinggal landas dari atas air dengan membawa beban seberat 37.900 kg.

Jenis pesawat ini pernah didatangkan dua kali oleh Pemerintah Indonesia dari Rusia untuk membantu misi pemadaman kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

BACA JUGA: Menengok Masjid-Masjid Indah nan Menakjubkan di Rusia

2. JSC Sukhoi

Perusahaan pesawat terbang Sukhoi pertama kali didirikan pada tahun 1939 dan kemudian pada tahun 2006 pemerintah Rusia menggabungkan perusahaan ini dengan beberapa perusahaan pesawat terbang Rusia lainnya. W

Meski memproduksi pesawat penumpang, tetapi JSC Sukhoi lebih terkenal dengan pesawat-pesawat jet tempurnya.

Pesawat terbang Rusia Sukhoi SU-57 Stealth Fighter
(Foto: Instagram)

Pesawat jet tempur Sukhoi yang terkenal dengan kecanggihannya diantaranya adalah SU-34. Pesawat tempur ini sengaja didesign untuk melakukan berbagai penyerangan dan pengeboman baik di darat dan udara dalam kondisi cuaca apapun.

Pesawat jet ini juga sudah terbukti kemampuannya dalam operasi militer di Suriah dan merupakan salah satu pesawat utama untuk menjaga kepentingan Rusia pada suhu ekstrim di Artik.

JSC Sukhoi juga memproduksi Sukhoi SU-57 Stealth Fighter. dengan kemampuan lepas landas dari landasan pacu yang sangat pendek.  Belum lagi  kemampuan serang sasaran yang tinggi baik di darat, laut, maupun udara.

Selain didesign untuk operasi mata-mata, SU-57 juga didesign dengan tujuan untuk menyaingi pesawat tempur generasi ke-5 AS seperti F-22 Raptor dan F-35 Lightning II.

BACA JUGA: Kerennya Jam Tangan Buatan Rusia, Anti Mainstream Gaes!

3. Tupolev

Tupolev merupakan perusahaan pembuat pesawat terbang Rusia yang dibangun sejak tahun 1922.

Sejak tahun 1923, Tupolev telah mendesign lebih dari 100 model pesawat dan memproduksi lebih dari 18.000 pesawat.

Hasil produksi perusahaan ini tidak hanya dipergunakan untuk keperluan domestik saja, tetapi juga sudah diekspor ke 20 negara di dunia.

Pesawat Terbang Rusia Tupolev Blackjack. TU-160
(Sumber: Wikipedia)

Tupolev juga memproduksi TU-160 Missile Carrier Bomber atau yang lebih dikenal oleh NATO dengan nama Blackjack. TU-160 didesign untuk menghancurkan target yang berletak geografi jauh.

Pesawat ini merupakan pesawat supersonic terbesar dalam sejarah militer penerbangan dan merupakan salah satu pesawat pengebom terberat di dunia. (Sbg/Mhr/Rig)

Comments