Kanker Payudara
(Foto: Pixabay)

Sabigaju.com Kepedulian terhadap kanker payudara diperingati sepanjang bulan Oktober setiap tahunnya secara internasional.

Pada awal hingga akhir Oktober nanti, akan dilakukan berbagai kampanye untuk mengedukasi masyarakat mengenai penyakit mematikan ini.

Jika penyakit mematikan ini  dikonotasikan sebagai penyakit yang hanya menyerang wanita, maka sebaiknya kamu berhenti berpikir serupa sekarang juga.

Yes, ini lantaran penyakit ini juga bisa menyerang pria. Dan, jangan salah, sama membahayakannya juga walau memang risikonya tak sebesar wanita karena jaringan payudara mereka yang lebih banyak.

BACA JUGA: Bukan Pikiran Kotor, Ini yang Bikin Pria Menyukai Payudara

Faktor Genetik

Kanker pada pria biasanya disebabkan oleh faktor genetik. Pria yang mewarisi gen bermutasi dari orangtuanya lebih berisiko mengidap penyakit ini.

Mutasi pada gen bernama BRCA2 lebih besar risikonya mengalami kanker payudara atau prostat.

Selain genetik, ini dia faktor yang bisa bikin kamu berisiko kena kanker payudara:

Faktor Usia

Semakin tua usia kamu, maka risiko terkena kanker payudara juga semakin tinggi. Biasanya, kanker payudara pria terdiagnosa pada pria usia 60 tahunan.

BACA JUGA: Begini Seharusnya Perlakuan Pria Terhadap Payudara Wanita

Estrogen

Kalau kamu sedang menjalani terapi hormon estrogen, misal ketika pengobatan kanker prostat, maka risiko kanker payudara pun meningkat.

Sindrom Klinefelter

Ini adalah sindrom di mana pria dilahirkan dengan lebih dari satu salinan kromosom X. Ini menyebabkan perkembangan testis tidak normal. Kadar hormon androgen pun akhirnya lebih rendah dari estrogen.

Penyakit Hati

Pada penyakit hati tertentu, misal sirosis hati, kadar hormon wanita pada pria biasanya akan lebih besar dari hormon pria. Di sini, risiko penyakit mematikan bisa meningkat.

BACA JUGA: Begal Payudara, Antara Iseng dan Konsekuensi Hukum 

Obesitas

Siapa sangka obesitas bisa meningkatkan risiko penyakit mematikan ini. Ketika gemuk, kadar hormon estrogen dalam tubuh pria meningkat nih, Sob.

Penyakit testis atau pembedahan

Pada penyakit tertentu seperti orkitis (radang testis) atau pembedahan pengangkatan testis, risiko penyakit mematikan ini pada pria bisa meningkat.

BACA JUGA: Kaum Milenial Malas Berhubungan Seks dan Tidak Suka Payudara

Jenis Kanker Payudara Pria

Ductal Carcinoma, ini adalah kanker payudara yang paling sering menyerang pria. Kanker ini bermula di saluran susu.

Lobular Carcinoma, kanker yang bermula di kelenjar penghasil susu. Namun ini jarang sekali terjadi pada pria.

Jenis kanker lain seperti pada puting atau kanker yang meradang.

Agak mengerikan ya? Tapi kamu tenang aja. Selain memang jarang terjadi, penyakit seperti ini akan menjauh jika kamu betul-betul memperhatikan kesehatan kamu. So, stay healthy guys! (Sbg/Dinda)

Comments