Osteoporosis ternyata lebih berbahaya dibanding kanker prostat. (Foto: RawPixel/Unsplash)

Sabigaju.com – Osteoporosis adalah keadaan dimana kualitas kepadatan tulang menurun yang mengakibatkan keropos dan rentan retak. Selama beberapa dekade, para dokter merasa penurunan kepadatan tulang ini lebih banyak terjadi kepada wanita daripada pria.

Namun, Yayasan Osteoporosis Internasional baru-baru ini mengungkapkan satu dari lima pria di atas usia 50 tahun akan menderita patah tulang karena Osteoporosis. Sebuah penelitian menyatakan sebanyak 27 persen pria memiliki kemungkinan mengalami patah tulang akibat Osteoporosis daripada kanker prostat.

Bukan hanya itu, pria juga memiliki kemungkinan dua kali lipat meninggal karena patah tulang. Pencegahan Osteoporosis pada usia lanjut dapat dilakukan sejak dini.

BACA JUGA: Wah! Ternyata Musik Bisa Bikin Kamu Kian Giat Berolahraga 

Berikut beberapa tips untuk menjaga kualitas tulang :

1. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

(Foto: Shot by Cerqueira/Unsplash)

Rokok dan minuman dengan kandungan alkohol menjadi dua hal yang menyebabkan kerusakan pada tulang. Robert Recker selaku Presiden Yayasan Osteoporosis Nasional mengatakan mengkonsumsi lebih dari dua gelas minuman beralkohol menyebabkan kerusakan pada tulang manusia. Kandungan nikotin dan berbagai zat racun yang terdapat di dalam rokok dapat memperlambat mempembentukkan sel tulang baru atau osteoblast. Selain itu, rokok juga dapat menghambat proses penyerapan nutrisi seperti vitamin D dan Kalsium dalam usus.

2. Kalsium dan Vitamin D

(Foto: rawpixel/Unsplash)

Seperti diketahui, kalsium dan vitamin D yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perlindungan tulang. Kalsium yang menjadi komponen utama dalam tulang akan terus berkurang melalui keringat dan urine. Oleh sebab itu Robert Recker menyarankan agar mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium danVitamin D seperti susu, telur, jus buah dan suplemen kaya akan vitamin.

BACA JUGA: Ternyata Olahraga Bersepeda Bikin Bahagia dan Panjang Usia

3. Olahraga

(Foto: Josh NuttallUnsplash)

Salah satu cara untuk menjaga kepadatan tulang pada usia 50 adalah olahraga. Hal ini dikarenakan olahraga meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan dan kordinasi yang membuat resiko patah tulang berkurang. Olahraga yang dianjurkan adalah segala aktivitas membuat tubuh kita harus melawan gravitasi dan menahan berat badan kita sendiri. Angkat beban menjadi pilihan terbaik untuk menjaga massa tulang. Bukan hanya itu, aktivitas seperti jogging, hiking, basket ataupun tenis juga baik kesehatan tulang kita. (Sbg/Ammy)

Comments