Source : http://teknikmesin.org

Sabigaju.com – Indonesia merupakan salah satu negara dengan natural resources terbanyak dibanding negara lain. Banyak sekali anak bangsa yang tergolong hebat dan berbakat. Kita patut bangga dengan karya, bakat, dan prestasi mereka.

Termasuk beberapa di antara mereka yang berprestasi di kancah Internasional. Walaupun berita-berita umum sehari-hari banyak diisi dengan tema korupsi, politik, dan ekonomi, di tahun 2017 ini kita patut bangga loh.

Karena di tahun ini terdapat beberapa prestasi anak muda Indonesia yang telah memberikan harapan kepada bangsa, bahwa masih banyak bibit unggul di negeri ini.

Prestasi Anak Bangsa di Tahun 2017

Meskipun ada beberapa orang menganggap di tahun 2017 adalah tahun banyak hiruk-pikuk berbagai sektor seperti politik, ternyata anak muda Indonesia juga banyak yang menorehkan prestasi dan harapan bagi perkembangan dan eksistensi bangsa ini. Prestasi anak bangsa tersebut antara lain:

1. Mobil Listrik Mahasiswa ITENAS

Source : antarafoto.com

Pada masa yang akan datang semua produsen kendaraan bermotor di dunia akan beralih memproduksi mobil listrik. Karena BBM dan bahan bakar fosil lainnya semakin sulit dicari.

Untuk mencari jalan keluar dari problem global tersebut, mahasiswa ITENAS (Institut Teknologi Nasional) secara mengejutkan mengumumkan inovasi kendaraan listrik roda empat model SUV bernama Evhero.

Kemampuan mobil listrik Evhero ini dikatakan bisa dikendarai hingga 2 jam dengan umur batere hingga 25 tahun. Mobil ramah lingkungan dengan bahan bakar listrik ini baru saja diluncurkan di kampus ITENAS pada hari Rabu tanggal 15 November 2017.

Gubernur Bandung Ridwan Kamil pun ikut bangga atas inovasi kendaraan listrik bermanfaat dan ramah lingkungan, yang berkapasitas 5 orang ini. Hal tersebut adalah suatu bukti kepada masyarakat Indonesia bahwa mahasiswa ITENAS sudah siap menghadapi jaman dan teknologi yang baru, ujarnya.

2. Pianis Grammy Award Joey Alexander

Source : cabecera.mx

Siapa yang tidak kaget mengetahui bahwa ada seorang bocah jenius pemain piano sangat cemerlang dari Indonesia, sempat muncul sebagai kandidat di Grammy Awards. Di usia yang sangat muda, Joey menorehkan prestasi internasional yang patut diacungi jempol.

Joey sering dipanggil untuk mengisi festival bergengsi di Amerika Serikat seperti Rochester Jazz Festival dan Newport Jazz Festival. Keluarga dari Joey pun sampai diberikan visa khusus orang-orang berbakat untuk tinggal di New York City Amerika Serikat.

3. Santri Pemenang Kontes Robot

Source : daerah.sindonews.com

Sekitar bulan November tahun 2017 grup santri asal Blitar Jawa Timur baru saja menjuarai kontes Robotic Games 2017 di Osaka, Jepang. Yang mengagetkan, ke empat santri ini menyabet 5 medali sekaligus pada kontes yang diikuti oleh puluhan negara. Mereka mendapatkan satu medali emas, tiga medali perak, dan satu medali perunggu.

Keempat santri ini adalah Moh Gymnastiar, Noval Hanif, Bahrul Bahria dan Farhan Habibi. Keempatnya berasal dari Ponpes Mambaus Sholihin Desa Sumber, Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar.

Empat robotic hasil rakitan para santri ini masing-masing berhasil meraih medali emas dalam kategori sumo racing dan medali perak dalam kategori Mazesolving. Dua robot line follower mikro dan dua robot soccer.

Sebelumnya, santri bernama Mambaus Sholihin juga menjadi juara pertama robotic di Malaysia pada awal tahun lalu. Usai tiba di Blitar, ke empat santri ini di arak dari pendopo menuju Ponpes Mambaus sebagai masyarakat kebanggaan daerah mereka.

4. Tim Robot Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

source : katariau.com

Sebelumnya, tim robot Ichiro sempat memenangkan Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) tahun 2017 yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung pada 9 Juli 2017 kemarin.

Kali ini tim robot Ichiro kembali menang sob, dan hebatnya lagi mereka menjadi pemenang di kompetisi Federation of International Robot-Soccer Humanoid Robot Cup (Fira Hurocup) 2017 yang diselenggarakan sejak tanggal 23 Agustus di Kaohsiung, Taiwan.

Tim Ichiro yang mengutus 3 tim ini berhasil mendapatkan 14 penghargaan yakni dengan rincian sebagai berikut:

1.Juara umum peringkat 1 kidsize (Tim Ichiro 2)

2.Juara umum peringkat 3 kidsize (Tim Ichiro 1)

3.Juara umum peringkat 3 adult size (Tim Ichiro 3)

4.Juara 1 mini DRC kidsize (Tim Ichiro 2)

5.Juara 2 mini DRC Adult size (Tim Ichiro 3)

6.Juara 1 united soccer kidsize (Tim Ichiro 2)

7.Juara 2 united soccer kidsize (Tim Ichiro 1)

8.Juara 2 weight lifting kidsize (Tim Ichiro 1)

9.Juara 2 halang rintang kid size (Tim Ichiro 1)

10.Juara 3 halang rintang kid size (Tim Ichiro 2)

11.Juara 1 sprint kid size (Tim Ichiro 2)

12.Juara 2 sprint adult size (Tim Ichiro 3)

13.Juara 3 marathon Adult size (Tim Ichiro 3)

14.Juara 2 halang rintang adult size (Tim Ichiro 3)

Yuk sob, kita menoreh prestasi untuk bangsa ini dengan cara kita sendiri! (Sbg/Ary)

Comments