Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya kereta Bandara (Foto Setkab.go.id.)
Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri meresmikan beroperasinya kereta Bandara Soetta pada Selasa (2/1). (Foto Setkab.go.id.)

Sabigaju.com – Presiden Joko Widodo Hari Ini Selasa, (2/1) meresmikan kereta Bandara Soekarno-Hatta. Jokowi tiba di Integrated Building Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 09.00.

Tidak seperti biasanyan hari ini Jokowi tampil santai dengan mengenakan kaus merah lengan panjang, celana hitam, dan sepatu kets warna merah.

Saat meresmikan beroperasinya kereta api bandara, Kepala Negara didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno; Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono; serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ada juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

Dapat Kurangi Kemacetan

Presiden Jokowi menggunakan eskalator saat menuju Stasiun Kereta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa 2 Januari siang. (Foto setkab.go.id
Presiden Jokowi menggunakan eskalator saat menuju Stasiun Kereta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, (2/1). (Foto: Setkab.go.id

Dalam sambutannya, Jokowi berharap ke depan, apabila moda transportasi kereta bandara ini sudah terintegrasi antara MRT, LRT, transjakarta, dan kereta cepat, Jokowi mengharapkan masyarakat sudah tidak banyak lagi yang menggunakan mobil pribadi.

“Tetapi, semuanya mau berpindah ke transportasi massal, transportasi umum yang aman, nyaman, yang bisa kita gunakan bersama-sama, baik di Jabodetabek maupun menuju Bandara ini,” kata Jokowi.

Jokowi bersama para pejabat yang hadir pun langsung menekan tombol tanda peresmian. Setelah itu, Jokowi dan rombongan naik ke kereta bandara dan menempuh perjalanan ke Stasiun Sudirman Baru.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian kereta Bandara Soekarno-Hatta,” kata Jokowi.

Tiket Kereta Bandara jadi Rp 70 Ribu

Kini Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta sudah bisa dijajal masyarakat Setelah diresmikan pada 2 Januari 2018 nanti, masyarakat akan dikenai tarif normal Rp 70.000. Harga ini ditetapkan langsung Presiden Joko Widodo.

Awalnya Pihak Kementerian Perhubungan menetapkan harga Rp 100.000 sekali perjalanan dengan menggunakan kereta Bandara. Namun, Jokowi merasa harga tersebut terlalu mahal untuk dijangkau masyarakat. PT Railink akhirnya menyesuaikan harga, menjadi Rp 70.000.

PT Railink selaku pengelola kereta bandara akan memberlakukan dua kelas, yakni regular dan reserve. Untuk kelas reserve, calon penumpang bisa memilih nomor tempat duduk di dalam kereta. Sedangkan kelas reguler tidak mendapatkan nomor.

Kendati berbeda dengan kelas reguler namun,  fasilitas lainnya yang didapat penumpang di dalam kereta tetap sama. Kelas reserve akan berguna untuk calon penumpang yang membeli tiket secara rombongan. Hal itu membuat jadi berguna untuk yang rombongan lantaran bisa pilih tempat duduk yang berdekatan. Buat kalian yang penasaran dengan kereta api Bandara Soetta, silahkan saksikan videonya di bawah ini. (Sbg/Rig)

Comments