Ilustrasi Belanja Online dengan sistem Pre Order
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Belakangan ini kita sering mendengar istilah PO alias pre-order saat berbelanja alias transaksi jual beli online via internet

Saking marak dan  banyaknya peminat, sistem pre-order kini diterapkan oleh para pedagang mulai dari menjual kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur, sneakers  hingga kendaraan bermotor.

Nah, pre-order merupakan suatu sistem yang cukup berbeda dengan transaksi daring pada umumnya yang mana pembeli memesan barang secara langsung.

Pembelian melalui sistem pre-order merupakan cara memesan dan membayar terlebih dulu di awal sebelum barang dijual secara bebas dengan jaminan kamu akan mendapatkan barang sesuai waktu yang telah ditentukan.

Dalam transaksi ini, umumnya pembeli, penyedia barang, maupun penjual menyertakan perjanjian tenggat waktu pengiriman barang yang telah dipesan.

Nah, ada beberap hal yang harus kamu perhatikan bila ingin melakukan transaksi pre-order.

BACA JUGA: Belanja Bulanan dan Kebutuhan Saat Pandemi COVID-19 

Harga Lebih Murah

Harga yang dibayarkan ketika memesan barang pre-order hampir selalu lebih murah dari harga normalnya.

Bahkan selisihnya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ini dikarenakan pembeli sudah mau membayar di awal sebelum produksi atau pemasaran barang pesanannya.

Namun, ada juga lho barang pre-order yang harganya sama dengan harga normal atau malah lebih mahal.

Hal ini dapat terjadi saat pembeli diberi kebebasan ekstra dalam memilih ukuran dan melakukan kustomisasi dengan barang yang hendak dibelinya.

Dalam sistem pre-order, ada kemungkinan terjadinya out of stock atau kehabisan stock dari supplier tempat memesan baran .

Umumnya jika terjadi hal demikian maka uang yang sudah dibayar akan dikembalikan lagi kepada para pembeli.

BACA JUGA: Kebiasaan Belanja Online Malam Hari Picu Gangguan Mental? 

Lakukan dengan Penjual Terpercaya

Sistem pre-order juga biasa menjadi pilihan karena permintaan atau minat yang berlebih pada suatu barang yang belum rilis di pasaran.

Jika kamu menginginkan barang yang menarik dan tak dijual secara langsung, cobalah ikuti pre-order di  penjual online yang terpercay agar tidak .merasa khawatir akan risiko penipuan dan hal tidak menyenangkan lainnya.

Nah, Kamu pun wajib membayar down payment atau uang muka di awalnya. Pembayaran awal untuk sistem pre-order terkadang bisa 50% dari total keseluruhan belanjanya, jika barang sudah datang baru pembeli melunasi sisa jumlah keseluruhannya.

BACA JUGA: Pentingnya Fitur Emergency Bagi Penumpang Taksi Online 

Harus Sabar

Sistem ini juga biasa menjadi pilihan karena permintaan atau minat yang berlebih pada suatu barang, biasanya sebelum barang tersebut rilis di pasaran.

Jenis produk yang dijual lebih bervariasi dan pilihan produk yang disuguhkan lebih lengkap sehingga kamu bisa memesan lebih dari satu produk atau memesan lebih banyak barang.

Sistem booking barang ini merupakan opsi tepat bagi pembeli yang tak ingin kehabisan barang incarannya.

Dari sisi pembeli, meski lamanya transaksi online bersistem pre-order cukup menguji kesabaran, hal ini tentu akan terobati ketika barang yang dibeli sudah datang.

Comments