Sabigaju.com – Di negara-negara yang masih menerapkan sistem monarki, pernikahan keluarga selalu menjadi sesuatu yang amat sakral. Sehingga, tidak heran jika pernikahan keluarga kerajaan selalu menjadi sorotan masyarakat dunia. Berikut ini adalah potret pernikahan keluarga kerajaan termegah di dunia.

1. Pangeran William dan Kate Middleton (29 April 2011)

Pernikahan Pangeran William merupakan sebuah royal wedding yang dinantikan abad ini. Pangeran William dan Kate Middleton telah menjalin asmara selama 10 tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. Mulai dari busana, make up, kue hingga souvenir yang dibagikan di pernikahan ini menjadi perbincangan dunia selama berminggu-minggu. Saat itu, Kate mengenakan gaun pengantin rancangan desainer ternama Alexander McQueen. Pernikahan pewaris tahta Inggris dengan teman kuliahnya ini digelar pada 29 April 2011 di Gereja Westminster Abbey.

2. Putri Madeleine dan Christopher O’Neill (17 September 2013)

Putri Madeleine dari Swedia memutuskan untuk menikah dengan seorang pria ‘biasa’. Pria tersebut adalah Christopher O’Neill yang berprofesi sebagai banker dari New York City. Pernikahan putri bungsu Raja dan Ratu Swedia itu digelar di Konigstein, Jerman, pada 17 September 2013.

Baca juga: Wedding Anniversary Pangeran William dan Kate Middleton dari Tahun ke Tahun

3. Pangeran Felix dan Claire Lademacher (17 September 2013)

Pangeran Felix dari Luxembourg menikah dengan seorang wanita yang bukan merupakan keturunan kerajaan. Wanita yang dinikahinya adalah Claire Lademacher yang merupakan anak dari bos perusahaan telekomunikasi ternama di Jerman, Hartmut Lademacher. Lademacher sendiri diketahui memiliki dua kastil di Saint-Tropez dan Kroasia. Pada hari pernikahannya, Claire terlihat sangat cantik mengenakan gaun pengantin warna putih yang dirancang oleh desainer Elie Saab. PernikahanPangeran Felix dan Claire dilaksanakan secara megah pada 17 September 2013 di Konigstein, Jerman.

4. Pangeran Rainer III dan Grace Kelly (18 April 1956)

Pangeran Rainer III dari Monako menjadi sorotan dunia pada hari pernikahannya. Hal itu karena sang pangeran memilih menikahi seorang aktris Hollywood ternama yaitu Grace Kelly. Pernikahan tersebut dihadiri oleh 600 undangan dan digelar di Saint Nicholas Cathedral Monte Carlo. Pernikahan itu disiarkan langsung di seluruh Eropa dan tercatat sebagai wedding of the century.

5. Putri Sayako dan Yoshiki Kuroda (15 November 2005)

Putri Sayako dari Jepang memilih menikah dengan pria biasa yang bukan keturunan bangsawan atau kerajan. Ia bahkan rela melepaskan gelar ‘Putri’ dari dirinya sebab ia bukan lagi menjadi pewaris Kekaisaran Jepang setelah menikah dengan Yoshiki Kuroda. Yoshiki Kuroda merupakan seorang perancang kota yang bekerja pada pemerintahan metropolitan Tokyo. Pernikahan tersebut digelar secara meriah di Hotel Imperial, Tokyo, pada 15 November 2005.

6. Gusti Kanjeng Ratu Hayu dan Haryo Notonegoro (22 Oktober 2013)

Keraton Jogjakarta menggelar royal wedding yang mampu menarik perhatian publik pada 22 Oktober 2013. Pimpinan Keraton Jogjakarta, yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono X menikahkan putri keempatnya yaitu Gusti Kanjeng Ratu Hayu dengan seorang pria yang bukan berasal dari keluarga kerajaan. Pria tersebut adalah Haryo Notonegoro yang mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran setelah menikah. Haryo sendiri bekerja di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ia bertemu dengan putri sang sultan saat reuni sekolah mereka. Pernikahan tersebut berlangsung mewah dan dirayakan selama 3 hari 3 malam. Sesuai dengan budaya Jawa, gaun pengantin yang digunakan keduanya terlihat sangat kental dengan nuansa Jawa. (Sbg/Van)

Sumber foto: Instagram
Comments