Polusi Udara
(Sumber Foto: Antara)

Sabigaju.com – Meski ada banyak destinasi wisata di Jakarta yang begitu cantik untuk dikunjungi saat akhir pekan, tetapi kamu harus waspada karena kualitas udara kota Jakarta menyandang status tidak sehat lantaran tingginya polusi udara.

Dilansir AirVisual di situsnya, saat akhir pekan ini Sabtu (3/8)pukul 03.24 WIB, Jakarta kembali menjadi kota paling berpolusi di dunia dengan kondisi udara tidak sehat.

Air Quality Index (AQI) Jakarta berada di angka 167. Artinya kualitas udara di Jakarta tidak sehat. Ranking polusi ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Timbul pertanyaan haruskah kita ngotot untuk berwisata di Kota dengan kualitas udara yang tidak sehat karena polusi?

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi  polusi udara sebelum melakukan wisata ke kawasan  Jakarta.

BACA JUGA: Polusi Udara Ternyata Bisa Picu Munculnya Penyakit Diabetes 

Ketahui Kualitas Udara

Hal utama sebelum kamu pergi berwisata ke kawasan tingkat polusinya tinggi adalah menggunakan perangkat ataupun  aplikasi yang dapat membantu kamu memantau kualitas udara saat bepergian:

Dan kamu dianjurkan untuk mengecek kualitas udara di tempat atau kawasan yang yang akan dikunjungi

Meskipun aplikasi tersebut mungkin tidak memberi kamu daftar komprehensif setiap kemungkinan polutan. Namun, jangan anggap remeh bahaya polusi udara yang dapat memengaruhi kesehatanmu.

Bawa Obat-obatan

Jika kamu rentan terhadap kualitas udara yang buruk jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang dibutuhkan

Warga lanjut usia dan bayi terlalu rentan terhadap kualitas udara yang buruk, dan karenanya tindakan pencegahan yang tepat diperlukan jika kamu bepergian bersama mereka.

BACA JUGA: Dampak Polusi, Bikin Kecerdasan Menurun 

Wajib Masker

Nah ala hal lain yang mesti kamu bawa untuk mengunjungi kawasan dengan tingkat polusi tinggi seperti Jakarta saat ini adalah masker.

Setiap masker pernapasan yang tersedia di pasar berbeda fungsinya. Maka ada baiknya kamu mengetahui ataupun bertanya masker seperti apa yang harus kamu bawa untuk melindungi dirimu dari kualitas udara yang buruk.

BACA JUGA: Kuliner Super untuk Menghadapi Polusi Udara Jakarta

Rencana Cadangan

Buatlah rencana perjalanan liburan cadangan dengan mempertimbangkan tingkat kualitas udara terlebih  jika kondisinya memburuk.

Jangan biarkan kualitas udara buruk merusak rencana liburan akhir pekanmu bersama keluarga ataupun orang tercinta. (Sbg/Rig)

Comments