Pola Makan Intuitif memberi manfaat bagi kesehatan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Salah satu hal yang banyak dilakukan orang di masa pandemi ini adalah menerapkan pola makan intuitif sebagai pilihan saat ingin hidup lebih sehat.

Pola makan intuitif ini mengajak setiap orang untuk lebih berdamai dengan makanan dan memintamu untuk lebih menikmati makanan bukan memaksa makanan masuk ke dalam tubuh padahal tidak kita inginkan.

Pola makan ini juga mengajarkan apapun makanan yang masuk ke dalam tubuh harus disyukuri nikmatnya.

Pola makan intuitif diperkenalkan oleh ahli gizi, Evelyn Tribole dan Elyse Resch, penulis buku Intuitive Eating: A Revolutionary Program That Works. Dalam bukunya, mereka mendorong orang untuk menolak budaya diet, menemukan kepuasan dalam makan, dan mendengarkan isyarat tubuh.

BACA JUGA: Adu Makan Pedas, Konten Unfaedah Skip Aja Gaes!

Aturan Pola Makan Intuitif

Utuk menerapkan pola makan intuitif kamu harus mengikuti 10 prinsip yang berfokus untuk menciptakan hubungan yang lebih sehat dengan makanan.

1. Tolak Mental Berdiet

Ini berarti  perlu membuang buku-buku diet dan menghindari artikel yang memberi tahumu cara menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Hormati Rasa Lapar

Belajar mendengarkan isyarat rasa lapar  sangat penting. Berfokus untuk menjaga tubuh mendapatkan nutrisi dari makanan yang tepat dapat membantu mencegah makan berlebihan.

3. Berdamai dengan Makanan

Ini artinya kamu memberi izin pada diri sendiri untuk makan apa yang diinginkan, ketika menginginkannya.

4. Ubah Persepsi Makanan

Evelyn dan Elyse meminta untuk menghilangkan pemikiran ‘baik’ dan ‘buruk’ pada makanan. Jangan merasa bersalah dengan semangkuk es krim karena itu hanya makanan dan bagian dari pola makanmu.

5. Temukan Faktor Kepuasan

Makan harus menjadi pengalaman yang menyenangkan dan dinikmati sehingga akan membantumu merasa puas. Ini dapat membantu Anda belajar merasa cukup dengan makanan yang dinikmati.

BACA JUGA: Ramai-ramai Bawa Bekal Makanan di Era New Normal 

6. Kenali Rasa Kenyang

Dengarkan sinyal tubuh yang memberitahu bahwa kamu sudah merasa kenyang.

Berhenti sejenak di tengah makan untuk bertanya pada diri sendiri seberapa lpar dirimu atau apakah sudah merasa kenyang.

7. Atasi Emosi

Membatasi makanan saat diet dapat memicu hilangnya kendali saat makan dan makan emosional.

Belajar mengatasi emosi dirimu dan temukan cara untuk menghadapinya tanpa melibatkan makanan.

8. Hargai Tubuh

Apa pun bentuk tubuhmu, terima dan hargai sehingga Anda bisa merasa lebih baik tentang diri sendiri.

9. Miliki Pandangan Berbeda tentang Olahraga

Daripada memikirkan berapa banyak kalori yang dibakar selama berolahraga, berfokuslah pada energi yang didapatkan untuk membantumu tetap termotivasi.

10. Hormati Kesehatan

Pilih makanan yang baik untuk kesehatan, tetapi tetap yang rasanya enak sehingga Anda bisa sehat dan merasa puas.

BACA JUGA: Makan Bersama Keluarga, Hidup Kembali di Masa Pandemi

Namun, kamu  tidak harus makan dengan sempurna untuk menjadi sehat. Satu hari menjalani pola makan kurang sehat tidak akan merusak tujuanmu untuk hidup lebih sehat.

Saat kamu sudah terbiasa makan dengan cukup melalui pola makan intuitif, kamu akan lebih menghargai tubuh. Dan Anda tidak terlalu obsesi pada diet yang seringkali dapat membuat stres para pelakunya. Tubuh juga lebih bugar dan sehat.

Selain dapat mengurangi rasa stres, pola makan intuitif ini juga dapat mengurangi kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita. (Sbg/Rig)

Comments