Menerapkan pola berhemat di masa new normal
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Selain meningkatkan perilaku hidup bersih sehat seperti rajin mencuci tangan, memakai masker saat berpergian dan melakukan jarak sosial, di masa new normal ini kamu juga harus menerapkan pola berhemat dan pengaturan keuangan, karena eranya sudah beda.

Masa new normal bukan saatnya untuk berfoya-foya  ataupun menghamburkan uang karena sudah lama tidak berbelanja ataupun berwisata , karena alasan bosan, stress  lantaran menerapkan anjuran stay at home.

Nah, ada sedert tantangan yang perlu kamu antisipasi saat menerapkan pola berhemat di masa new normal berikut ulasannya

BACA JUGA: Peluang Sumber Pendapatan Baru di Tengah Pandemi Corona

1. Waspada Window Shopping

Kamu sebaiknya menghindari window shopping gaes. Kebisaan “lihat lihat barang ini, bisa memicumu melakukan pembelian barang yang tidak direncanakan.

Kamu mesti belajar untuk menjaga pandangan saat pergi ke mana saja. Hal ini berguna dalam meminimalisir godaan membeli barang yang sama sekali tidak dibutuhkan, sehingga pola berhemat tidak terganggu

Utamakan membeli barang-barang kebutuhan yang ada dalam list, dan tundalah keinginan ini itu sementara waktu.

2. Menahan Nafsu Jajan

Buat kamu yang hobi kulineran,Sebaiknya pikir-pikir ulang buat mencicip makanan yang lagi hits atau kekinian.

Daripada uangmu habis untuk mencicipi aneka kuliner terbaru, lebih baik buat sendiri saja di rumah. Selain hemat, makanan yang dibuat sendiri juga tak kalah lezat bahkan lebih sehat daripada yang dijual di luar sana.

Ini langkah jitu berhemat di masa new normal gaes.

BACA JUGA: Aktif Bergaul itu Keren, Tapi Boros dan Bikin Mudah Berhutang

3. Nongkrong Nggak Penting Lagi

New normal bukan berarti virus corona menghilang. So, nggak usah berinisiatif buat mengadakan acara nongkrong bareng di era new normal ini.

Bila kamu ingin menerapkan pola berhemat kamu harus berani mengatakan tidak untuk godaan ataupun ajakaan nongkrong bareng.

Memang awalnya sulit tapikan masa stay at home sudah kamu lewati itu artinya tantangan ini bisa kamu lewati, Lagipula coba deh kamu bayangkan beraapa biaya yang bakal kamu keluarkan bila pulang nongkrong kamu malah terkena corona.

4. Waktunya Menggunting Kartu kredit

Biar kamu dapat berhemat di masa new normal sebaiknnya kamu berhenti menggunakan kartu kredit untuk berbelanja.

Sebab penggesekan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan pengeluaran melonjak karena kamu harus membayar tagihannya setiap bulan.

Berhenti menggunakan  dan menggunting kartu kredit adalah cara cerdas memulai pola berhemat di masa new normal.

BACA JUGA: Cara Tolak Permintaan Keluarga yang Kerap Meminjam Uang 

5. Minimalisir Keinginan Berhutang

Menerapkan pola berhemat bisa meminimalisirkamu berhutang pada orang lain. Ingat, berhutang tidak akan pernah menyelamatkan kondisi finansialmu. Tetapi sebaliknya, utang dapat menghancurkan keadaan finansial

Nah. kalau kamu punya utang, maka bayarlan utang-utang tersebut sampai lunas. Bayar secara rutin sebelum utang jatuh tempo, hindari pembayaran minimum, dan yang paling penting jangan membuat utang baru. (Sbg/Rig)

Comments