Bekerja sambil rebahan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Begitu banyak pekerja yang kini bekerja dari rumah demi mencegah penyebaran virus corona lebih meluas. Ada yang serius Tapi, tak sedikit yang bekerja sambil rebahan.

Meski terkesan santai, ada satu hal yang mesti kamu perhatikan. Bekerja dari rumah sebaiknya kamu lakukan sambil duduk seperti halnya saat di kantor dan menghindari posisi kerja sambil rebahan. Mengapa demikian Berikut ulasannya

BACA JUGA: Tak Semua Orang Menikmati Kebiasaan Kerja dari Rumah

Tidak Baik untuk Kesehatan Fisik dan Psikologis

Menurut psikolog Charlotte Armitage, bekerja sambil rebahan di atas tempat tidur adalah ide yang buruk.

Hal ini Tidak hanya berpengaruh untuk kesehatan fisik dan postur, tetapi juga memengaruhi perspektif psikologis karena bisa merusak kesehatan mental, mengganggu pekerjaan,

Bekerja sambil rebahan juga dapat menimbulkan rasa sakit pada punggung, mengganggu tidur, dan tidak higienis. Masalah utama muncul dari bagaimana otak kita membuat hubungan antara lokasi dan bagaimana seharusnya berperilaku.

Di dalam otak, kantor adalah tempat yang diasosiasikan untuk menyelesaikan pekerjaan. Ketika kita tidak lagi berada di kantor seperti biasa, fokus kita akan mudah berubah dan produktivitas menurun.

“Bekerja di kamar akan membuat kita mengasosiasikan rumah dengan pekerjaan sehingga nantinya kita akan sangat sulit untuk berhenti bekerja dan menciptakan ketidakseimbangan yang sehat antara rutinitas harian dan pekerjaan,” ujar Charlotte.

BACA JUGA: Aplikasi Anti Covid-19 Buat Bantu Kamu Bekerja dari Rumah

Pandangan senada juga datang dari Pakar tidur Bensons for Beds, Dr Sophie Bostock, menyebutkan bahwa melakukan aktivitas kerja sambil rebahan sebentar saja di tempat tidur bisa memberi efek negatif pada tidur kita. Kita akan cenderung lebih sulit fokus terjaga selama waktu kerja.

Bisa Bikin Kotor

Faktor lain yang menjadi pertimbangan agar kamu tidak bekerja sambil rebahan adalah hal itu bisa memicu perilaku tidak higienis alias jorok.

Studi dari Amerisleep menemukan adanya penumpukan bakteri di seprai tempat tidur setelah terlewat mencucinya beberapa hari.

BACA JUGA: Perhatikan Hal Ini Saat Bekerja dari Rumah Jadi Pilihan

Manusia melepaskan sekitar 15 juta sel kulit setiap malam dan ini saja bisa membuat seprai kita mengumpulkan lebih dari 5 juta jenis bakteri setelah satu minggu tidak dicuci.

Bekerja sambil rebahan di tempat tidur bisa meningkatkan jumlahnya dua kali lipat dari ini sehingga memengaruhi risiko kesehatan secara keseluruhan.

So, pastikan kamu duduk tegak atau berdiri saat bekerja dari rumah. Dan jika menggunakan laptop, pastikan ada topangan yang kokoh dengan ketinggian yang pas. Selamat Bekerja. (Sbg/Rig)

Comments