Ilustrasi Platform digital
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Di Indonesia, siapa yang tidak mengenal dengan platform digital terkenal dari luar negeri seperti Google, Facebook, WhatsApp ataupun Grab. Platform-platform berbasis internet tersebut memang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, baik untuk keperluan pencarian data, komunikasi, belanja online atau memesan makanan dan minuman secara online.

Nah Rusia juga memiliki beberapa platform digital berbasis interneti yang tidak kalah populer lho gaes, khususnya di Eropa Timur dan Asia Tengah.

Berikut adalah beberapa platform digital populer asal Rusia yang telah dirangkum oleh Albatrostrip berikut ini:

BACA JUGA: Pacu Adrenalin, Jajal Bazooka Plus Naik Tank Tempur di Rusia 

1. Yandex

Yandex yang merupakan salah satu Google-nya Rusia. Yandex juga menyediakan berbagai layanan web multi-platfom seperti yang disediakan oleh Google dan bahkan Yandex mampu menyediakan layanan-layanan lainnya yang tidak disediakan oleh Google.

Beberapa contoh layanan platform lainnya tersebut diantaranya adalah aplikasi Yandex Taxi yang memungkinkan pengguna memesan taksi online dan Yandex.Transport sebuah aplikasi yang membantu memperkirakan waktu tunggu untuk transportasi umum lainnya.

Selain itu, Yandex juga memiliki layanan lainnya seperti pemesanan makanan di restoran-restoran secara online melalui Yandex.Eda.

Kamu yang ingin membeli dan menjual barang-barang di market place secara online, Anda dapat menggunakan layanan platform digital Yandex.Market.

Bagi Anda yang sedang mencari alternatif multi-platform internet yang powerful seperti Google, maka tidak ada salahnya Anda mencoba eksplorasi layanan-layanan multi platform Yandex.

2. Vkontakte (VK)

Platform digital terbesar yang paling banyak dipergunakan sebagai jejaring sosial di Rusia dan beberapa negara di Eropa Timur dan Asia Tengah adalah Vkontakte (VK).

Dalam gaya dan fungsionalitas VK sangat mirip dengan Facebook. Pada Agustus 2018, VK memiliki setidaknya 500 juta akun. VK berada di peringkat 19 (per Agustus 2019) di 500 situs global teratas Alexa.

Selain itu, menurut SimilarWeb, VK adalah situs web ke 14 yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Sebagian besar alasan mengapa VK begitu populer karena kemampuan platform ini dalam hal berbagi file yang terintegrasi, sehingga memungkinkan pengguna memposting video dan musik secara langsung.

Ketika berbicara tentang video, maka dapat dikatakan bahwa VK merupakan kompetitor YouTube terberat di Rusia untuk platform hosting video.

BACA JUGA: Streetwear Berkelas Dari Rusia, Jajal Yuk Gaes! 

3. Telegram

Telegram merupakan sebuahplatform digital instant messaging yang memberikan layanan pesan seperti aplikasi WhatsApp.

Layanan perpesanan Telegram sangat populer karena ia menawarkan fungsi “Secret Chat” yang dienkripsi dengan Protokol MTProto milik Telegram dan fitur-fitur lainnya seperti Super Group yang memungkinkan kita menampung hingga 10,000 anggota dalam satu group,

Kamu juga bisa berbagi file hingga 1,5 GB. Tidak seperti pesan biasa, obrolan rahasia pengguna di Telegram tidak berbasis cloud dan hanya dapat diakses di perangkat yang digunakan.

Saking ketatnya fitur privasi yang dimiliki oleh Telegram, bahkan pemerintah Rusia pernah berupaya untuk memblokir Telegram.

Namun demikian, dampak yang ditimbulkan malah sebaliknya, yaitu malah membuat Telegram semakin terkenal sebagai tempat yang aman untuk berita dan percakapan dan bisa menjadi salah satu pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan.

BACA JUGA: Produsen-Produsen Pesawat Terkenal Rusia

4. Maxim

Salah satu platform aplikasi transportasi online yang terkenal di Rusia diantaranya adalah Maxim. Perusahaan ini bermula sebagai layanan pemesanan taksi kecil di Shadrinsk, sebuah kota kecil Rusia.

Seiring dengan berjalannya waktu, layanan taksi online dari Maxim tidak terbatas hanya di Rusia saja, tetapi Maxim juga memberikan layanan taksi online di banyak negara-negara Eropa Timur dan Asia Tengah, dan bahkan telah hadir di Indonesia.

Kelebihan dari dari layanan Maxim diantaranya adalah fitur pemesanan kendaraan atau reservasi, dimana pelanggan yang memiliki kebutuhan lima hari kedepan, pelanggan bisa memesan penjemputan pada saat itu juga sehingga memberikan kepastian akan driver dan waktu jemput.

Selain itu, platform digital  Maxim juga memungkinkan pengguna untuk melakukan perjalanan secara multi-destinasi.

So, Mana platform digital buatan Rusia di atas  yang bakal kamu jajal? (Sbg/Mhr)

Comments