Pisau Kunai
Grafis Elton Nunes

Sabigaju.com – Perhatian publik dan netizen saat ini tertuju pada sosok Menko Polhukam Wiranto yang mengalami penusukan yang dilakukan seorang pria usai mengisi kuliah umum di Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (10/10)  siang tadi.

Hingga kini pihak kepolisian masih menelusuri jenis senjata digunakan pelaku saat menusuk Wiranto

Namun dari foto-foto yang beredar luas di berbagai media sosial  , senjata diamankan pisau hitam dengan gagang terlilit tali merah. Senjata ini biasa disebut pisau kunai.

(Foto: Istimewa)

BACA JUGA: Mengintip Pasukan Ninja Perempuan Mematikan dari Iran

Asal Mula Pisau Kunai

Kunai adalah sejenis pisau pendek yang muncul pada era Kaisar Tensho. k Fungsinya bisa digunakan para shinobi alias ninja untuk pertarungan jarak deka untuk mengiris atau menikam musuh dalam pertempuran jarak dekat.

Kunai juga digunakan para ninja sebagai senjata saat pertempuran jarak jauh dengan cara melemparkannya ke arah musuh. Namun butuh teknik khusus untuk menggunakan kunai sebagai pisau lempar dan biasanya kurang mematikan.

Biasanya para ninja kerap melumuri mata kunai dengan racun.

Selain sebagai senjata pisau kunai ,  erap  digunakan seperti kuku oleh para ninja untuk untuk menempel di dinding sewaktu memanjat atau menggali tanah.

Kunai biasanya berukuran sekitar 10-15 cm sehingga cukup kecil untuk dibawa ke mana-mana dan disembunyikan di balik baju dan tak terlihat.

BACA JUGA: Ketentuan Baru YouTube, Bikin Para Vlogger Senjata Pindah ke PornHub

Kepopuleran Pisau Kunai di Indonesia

Kunai sendiri mulai populer di Indonesia sejak di indonesia terjadi sejak senjata ini kerap muncul di film animasi Naruto yang ditayangkan oleh Tv Swasta di Tanah Air.

Dalam film Naruto. pisau Kunai sendiri digambarkan sebagai semacam senjata wajib bagi para Ninja. Hampir semua Ninja dari berbagai generasi memiliki Kunai.

Ada dua sosok yang dinilai lihai memainkan senjata ini yakni Shikamaru Nara  dan Minato Namikaze

Shikamaru Nara menggunakan pisau kunai dengan teknik lemparan yang terlihat sedikit acak, tetapi sebenarnya dia memang sengaja melemparkan kunainya  ke tempat-tempat tertentu untuk membantu penggunaan jurus kagemane miliknya.

Pisau Kunai
Shikamaru Nara (Foto: topstrongest.fandom.com)

Sementara Minato Namikaze  selalu membawa dan menggunakan Kunai Hiraishin ciptaannya.

Pisau Kunai
Minato Namikaze (Sumber: toppng.com)

Selain berfungsi sebagai Kunai pada umumnya, kunai ini begitu spesial karena dilengkapi dengan kertas mantra.

Bisa dibilang kalau lemparan kunai Minato sangat  luar biasa, karena dalam sekali gerakan tangan, dia bisa melempar 18 sampai 20 kunai dan menandai titik-titik tertentu untuk perpindahannya. (Sbg/Rig)

Comments