Rino Akbar Gitaris RGB meninggal Dunia
(Foto Facebook.com Siyoyobegog)

Sabigaju.com – Duka mendalam tengah di rasakan para pecinta musik keras di Tanah Air. Rino Akbar gitaris sekaligius pendiri Band beraliran punk rock, Rage Generations Bother (RGB) meninggal dunia dalam usia 45 tahun pada Kamis 4 Juni 2020. saat tidur.

Ucapan turut berduka cita mengalir deras di akunmedia sosial Facebook  ataupun Instagram milik Rino

Konsisten Berkarya

Di mata para sahabat serta handai taulan yang mengenalnya, sosok Rino dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan suka menolong dan konsisten dalam bermusik.

RGB adalah salah satu band lawas atau bahasa kerennya “oldschool” di dunia sub kultur punk Jakarta Band ini berdiri berdiri pada tahun 1996, dengan formasi awal ; Rino (gitar), Botaka (Vox 1), Boker (Vox 2), Kelly (Bass), Alley (Drum).

Lewat tangan dingin Rino, RGB memiliki ciri dan warna sendiri Rino sendiri dikenal sangat Aware saat RGB tampil di panggung.

Pada tahun 1996, RGB merilis E.P album tanpa judul, berisi 4 lagu, sebanyak 300 copy dalam bentuk kaset.

BACA JUGA: Kolaborasi Super Keren Dr. Martens dengan Sex Pistols, Mesti Punya!

Punk Adalah Karya  Bukan Sampah

Setelah malang melintang band ini merilis album pertama Our Lifestyle (2000) di bawah naungan Label Independent Records, anak perusahan rekaman Aquarius.

Ada Alasan khusus yang di pernah dikemukann Rinok kepada Sabigaju mengapa dia dan RGB saat itu memilih menerima tawaran untuk rekaman dengan anak perusahaan dari big Major rekaman di tanah air kala itu.

Dirinya merasa muak dengan anggapan arogan orang-orang jika musik punk itu sampah. Rino beranggapan kalau RGB  ingin membuktikan, bahwa punk juga layak, sangat layak mungkin, untuk disebut karya dan dapat diterima masyarakat.

BACA JUGA: Marak Aksi pencurian di Masa Pandemi, Begini Mencegahnya

Empat tahun kemudian RGB merilis album kedua mereka bertajuk Sambut Kemenangan yang mendapat sambutan baik di kalangan pecinta musik keras di Tanah Air.

Selanjutnya pada tahun 2012 RGB kembali merilis album Intro For Outro album Dan pada 2017 lalu Rino bersama para personel RGB merilis Album Punkustik.

Rencananya jenazah almarhum Rino Akbar akan dimakamkan hari ini,  di TPU Layur, Rawamangun usai Sholat Jumat. Selamat Jalan Rino Akbar. (Sbg/Rig)

Comments