Sumber foto : http://thejakartapost.com

Sabigaju.com – Indonesia memiliki banyak sekali sosok inspiratif dan kreatif yang membuat orang lain terbuka pikirannya tentang suatu pilihan profesi atau pekerjaan. Salah satunya adalah Pinot, seorang desainer grafis, ilustrator, dan animator asal Indonesia yang sekarang berbasis di New York, AS. Awalnya,  Pinot yang memiliki nama asli Wahyu Ichwandardi adalah seorang desainer grafis di sebuah stasiun televisi di Indonesia. Ia pindah ke Kuwait pada tahun 2007 karena ditawarkan pekerjaan di salah satu stasiun televisi di sana, yaitu Al Watan. Lalu, ketika platform media sosial Vine diperkenalkan oleh Twitter, ia mulai tertarik lagi untuk mengejar hobinya. Membuat video ilustrasi pendek dan menggambar di kertas adalah hobi yang ia kejar. Yang awalnya membuat dia tertarik adalah bagaimana Vine memberi keterbatasan untuk para pencipta untuk tidak bisa mengedit video yang ia ambil, sehingga harus langsung diunggah.

Dalam membuat karyanya,ia menggabungkan medium kertas dan lingkungan tiga dimensi. Pinot juga menggabungkan elemen stop-motion untuk membuat animasi secara analog pada karya-karyanya, sehingga gambar buatannya bergerak dan berinteraksi secara langsung dengan lingkungan di luar medium kertas. Hal ini adalah salah satu yang membuat karya-karyanya unik, karena ia menggabungkan banyak elemen ketika ia membuat karya-karyanya, entah itu yang analog, digital, atau dua-duanya. Pinot berkata bahwa ia mendapatkan inspirasi dalam membuat karyanya dari ketiga anaknya, Arwen, Leia, Neo. 

Sumber foto : http://instagram.com/pinot

Tidak hanya medium-medium tersebut, ia juga sering membuat ulang trailer film seperti Star Wars: The Last Jedi menggunakan computer Apple IIc keluaran tahun 1984 yang ia beli di pasar loak ketika tinggal di Kuwait. Pada bulan Juli lalu, ia iseng membuat ulang trailer teaser untuk Stranger Things musim ke-2. Proyek tersebut menghabiskan waktu tiga minggu, namun hasilnya sangat memuaskan dan memukau banyak orang. Bahkan, ia dikontak oleh tim media sosial Stranger Things untuk membuat konten official – salah satunya adalah untuk membuat opening sequence title untuk after-show Stranger Things yang bernama ‘Beyond Stranger Things’.

Penghargaan Yang Diterima Pino

Beberapa penghargaan yang telah diterima Pinot. Diantaranya adalah menjadi nominasi di kategori animasi Festival Film Tribeca 2013. Di tahun yang sama ia juga memenangkan penghargaan di Fast Film Fest untuk kategori Animasi .Ia juga mendapatkan penghargaan lewat kategori “Vineography” di ajang Shorty Awards untuk kategori animasi dalam Fast Film Fest di 2014. Dan jangan lupa untuk ikutin serial Kluk The Chicken, sob!

Pinot Di Media Sosial

Oh iya, Sob, Pinot atau biasa disapa dengan Papin oleh anak-anaknya, mempunyai istri bernama Dita, yang akrab disapa dengan @ditut atau biasa juga dipanggil Mamin. Ditut juga memiliki tangan dingin di bidang food photography dan cake artist, loh. Selain itu, Dita juga memproduksi syal, menggambar dengan media cat air, dan mengabadikan proses kerajinannya dengan teknik stop motion di akun Instagramnya @ditut. Kebayang ya serunya keseharian keluarga Pinot. Salah satu aktivasi keluarga Neverland yang sayang banget buat dilewatin adalah #NeverlandStrolls di Instagram.

pinotSumber foto : http://instagram.com/ditut

Sabi banget, ya, Sob? Coba ikutin akun media sosialnya di @pinot untuk bisa melihat kecanggihan tangan berkolaborasi dengan idenya menjadi sebuah visalisasi yang ciamik! (Sbg/Mrc)

Comments