Sabigaju.com – Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Rusia adalah negara dengan populasi agama Kristen Ortodox yang kental.

Namun demikian dapat dikatakan bahwa negara ini juga memiliki jumlah populasi Muslim yang sangat tinggi, bahkan berada di posisi ke-2 setelah Kristen Ortodox.

Berkat banyaknya komunitas Muslim di Rusia, maka tidak sulit bagi kita untuk menemukan makanan halal di Rusia, yang bahan dasarnya menggunakan daging-daging halal seperti daging kuda, sapi atau domba.

Berikut adalah beberapa kuliner halal Rusia rekomendasi Albatrostrip  yang lezat yang perlu anda coba ketika berkunjung ke Rusia:

BACA JUGA: Menengok Masjid-Masjid Indah nan Menakjubkan di Rusia

1. Cheburek

Makanan halal Rusia pertama yang pertama perlu coba adalah Cheburek, yaitu dadar gulung goring yang berisi daging dan bawang.

Makanan yang mirip dengan pastel ini merupakan salah satu kekayaan kuliner suku Tatar yang dikenal sebagai “The King of the Russian Fast Food.”

Kuliner Halal Rusia_Cheburek
(Foto Instagram.com/katerina_tarantino_)

Makanan ini sangat popular di Rusia dan bahkan kepopulerannya dapat mengalahkan masakan asing seperti hamburger ataupun kebab. Kue kering ini diisi dengan daging kambing atau daging sapi.

Daging-daging tersebut dicincang secara halus dicampur dengan kaldu, lalu digoreng dengan mentega, sehingga membuat rasa makanan ini gurih.

2. Beshbarmak

Beshbarmak mungkin adalah hidangan nasional populer dari orang-orang Turki nomaden di Asia Tengah dan Rusia.

Kuliner halal Rusia ini bisa diterjemahkan ‘Lima jari” karena mengacu pada suku-suku nomaden yang tinggal di Asia Tengah dan mereka biasanya akan memakan hidangan tersebut dengan tangan.

Kuliner Halal Rusia_Beshbarmark
( Foto Instagram.com/anvar.saidjanov)

Untuk dagingnya sendiri, biasanya mereka menggunakan daging kuda, daging sapi ataupun kombinasi dari ketiga daging tersebut dan disajikan dengan dengan pasta tipis yang disiapkan secara tradisional.

Hidangan ini kemudian dikombinasikan dengan saus beraroma yang dibuat dengan kaldu daging, bawang, garam, dan lada, dan makanan yang sudah jadi biasanya disajikan bersama semangkuk kaldu daging di sampingnya.

BACA JUGA: Menikmati Kunjungan Virtual ke Museum Kelas Dunia di Rusia

3. Beef Stroganoff

Beef Stroganoff adalah hidangan daging sapi khas Rusia yang digoreng lalu disajikan dalam saus dengan smetana (krim asam).

Kuliner Halal Rusia_Beef Stroganoff
(Foto Instagram.com/joseph.magnelli)

Kuliner halal Rusia ini  berasal pada pertengahan abad ke-19  ini merupakan hidangan yang  telah populer di seluruh dunia.

Saus Stroganoff sendiri terbuat dari roux mentega / tepung dan dibumbui dengan jamur lunak, bawang, bawang putih dengan ditambahkan saus kaldu sapi dan krim asam, yang membuat rasanya lezat.

BACA JUGA: Foodstagramming, Tipu-tipu Kehidupan Lewat Makanan 

4. Plov

Plov (pulao atau pilaf) adalah kuliner halal Rusia berupa hidangan nasi yang dimasak dalam kaldu dengan daging, rempah-rempah dan sayuran.

Plov secara tradisional dibuat dengan daging domba dan dimasak dalam wadah besar di atas api terbuka.

Kuliner Halal Rusia_Plov
(Foto Instagram.com/world_recipes.aze)

Kuliner halal Rusia ini umumnya tersebar di sebagian besar negara-negara Asia Tengah dan merupakan kelezatan tradisional di Uzbekistan.

Namun demikian karena asimilasi budaya di Rusia, plov sejak lama telah menjadi salah satu makanan paling populer, khususnya bagi kalangan muslim di Rusia. (Sbg/Mhr/Rig)

Comments