Makanan disebut memiliki kaitan dengan golongan darah yang kita miliki (Foto Pexels)
Makanan disebut memiliki kaitan dengan golongan darah yang kita miliki (Foto Pexels)

Sabigaju.com – Salah satu fungsi yang didapatkan dari makanan yang kita konsumsi adalah sebagai penambah energi yang berguna bagi tubuh untuk beraktivitas.

Namun tidak semua makanan dapat memberikan energi. Aadakalanya makanan yang kita konsumsi malah membuat tubuh kita menjadi lemas.

Menurut Dr Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati dan ahli dalam bidang golongan darah manusia mengungkapkan, setiap golongan darah menghasilkan antigen yang bereaksi terhadap setiap jenis makanan.

D’Adamo menambahkan, konsumsi makanan yang tidak menimbulkan reaksi baik terhadap golongan darah dapat menyebabkan kelelahan, retensi cairan dan masalah berat badan.

Menurut penulis  buku ‘Eat Right For Your Type’ itu menyebutkan bahwa darah adalah makanan paling mendasar bagi tubuh Anda; sehingga jenis darah yang berbeda akan bereaksi berbeda pula terhadap makanan yang Anda makan.

Dengan kata lain makanan memiliki kaitan erat dengan golongan darah yang kita miliki. Lantas apa saja makanan yang cocok untuk 4 tipe golongan darah manusia

Makanan untuk Golongan darah A

Makanan berupa sayuran sangat baik untuk kamu yang memiliki golongan darah A. (Foto Pexels)
Makanan berupa sayuran sangat baik untuk kamu yang memiliki golongan darah A. (Foto Pexels)

Menurut D’Adamo, orang dengan golongan darah tipe darah A sangat cocok mengonsumsi sayur-sayuran alias vegetarian, karena mereka tidak memiliki cukup asam lambung untuk dapat mencerna daging.

Makanan kaya protein nabati seperti kacang, legumes, kedelai, dan karbohidrat kompleks adalah makanan yang cocok untuk kamu yang memiliki golongan darah A.

Makanan untuk Golongan darah B

Keistimewaan golongan darah B adalah mereka lebih fleksibel dibandingkan dengan golongan darah lainnya, karena mereka dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani maupun nabati.

Mereka dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak.

Makanan Daging baik untuk kamu yang memiliki golongan darah B. (Foto: Pixabay)

Namun, pemilik golongan darah B tidak dianjurkan untuk konsumsi ayam, gandum, jagung, kacang, tomat, kacang tanah dan biji wijen. Makanan tersebut dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh yang dapat mengakibatkan kelelahan, retensi cairan, dan hipoglikemia.

D’adamo menyarankan bagi kamu yang memiliki golongan darah B agar mengonsumsi jenis daging seperti daging kambing, kelinci dan daging rusa.

Makanan untuk Golongan darah O

Orang yang memiliki golongan darah O merupakan jenis golongan darah yang paling umum dan jumlahnya paling banyak ketimbang jenis golongan darah lain.

Daging juga baik untuk di makan oleh kamu yang memiliki golongan darah O. (Foto Pixabay)
Daging juga baik untuk di makan oleh kamu yang memiliki golongan darah O. (Pixabay)

Sekitar 45 persen orang Amerika diketahui memiliki golongan darah O. Berdasarkan jenis makanan, orang dengan golongan darah O sangat cocok untuk mengonsumsi daging yang kaya protein tinggi.

Individu dengan golongan darah O memiliki lebih banyak asam lambung ketimbang golongan darah lainnya, yang membuat mereka lebih cocok untuk mencerna daging.

Makanan untuk Golongan darah Ab

Golongan darah jenis AB adalah golongan darah paling langka di dunia. Di Amerika saja, hanya sekitar 5 persen warga memiliki golongan darah ini.

Mengingat golongan darah Anda adalah campuran gen, maka makanan paling cocok untuk Anda adalah mengonsumsi campuran makanan laut, gandum dan sayuran.

Hidangan makanan yang berasal dari  ikan  bagus kamu yang memiliki golongan darah AB.
Hidangan makanan yang berasal dari  ikan  bagus kamu yang memiliki golongan darah AB. (Foto Pixabay)

D’Adamo menyarankan, individu dengan golongan darah AB mereka agar mengonsumsi ikan sayuran hijau, ikan laut dan susu rendah lemak merupakan makanan yang tepat untuk mereka dengan golongan darah AB.

Nah, semoga bermanfaat untuk kamu semua. (Sbg/Rig)

Comments