Ilustrasi Syuting film Dokumenter
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Raksasa penyedia layanan video streaming Netflix menggratiskan sejumlah film dokumenter yang bisa diakses di akun YouTube resmi mereka.

Hal ini dilakukan sebagai upaya Netflix membantu para guru menghadapi tantangan virus corona .

Para guru bisa menjadikan film dokumenter dari Netflix sebagai bahan pembelajaran selama masa social distancing atau physical distancing ini, tanpa perlu membayar biaya perizinan.

Berikut sinopsis dan pilihan film dokumenter rilisan Netflix yang bisa kamu saksikan gratis tersebut:

BACA JUGA: Film Bertema Pendidikan Buat Selingan Study At Home 

The White Helmets

Film dokumenter berdurasi 40 menit ini bercerita mengenai “pekerjaan berbahaya para relawan yang berani menghadapi bom untuk memberikan bantuan medis darurat bagai warga sipil di perang Suriah.

Film dokumenter ini berhasil meraih penghargaan di ajang Piala Oscar 201, untuk kategori film dokumenter pendek terbaik.

Zion

Film dokumenter ini mengisahkan kisah seorang atlet difabel dari cabang olahraga gulat Zion Clark yang menjadi peraih medali emas di gelaran Paralympic tahun 2016 lalu dicabang balap kursi roda, nomor 100 dan 400 meter.

Film Zion sendiri mengisahkan cerita masa muda Zion di dunia gulat tingkat SMU hingga tingkat Distrik, cabor pertama yang digelutinya secara serius, jauh sebelum menyandang status juara Paralympic 2016 lalu.

Tampilan sinematik film ini sungguh luar biasa. Efek perpindahan antar adegan, efek slow motion hingga penggabungan adegan dengan footage asli pun sangat memanjakan mata penontonnya dan meningkatkan unsur dramatis.

BACA JUGA: Deretan Film Pendek Keren Buat Kamu Saksikan di Akhir Pekan 

Chasing Choral

Film dokumenter karya Jeff Orlowski berdurasi 90 menit ini, Orlowski mengajak kita untuk menyaksikan langsung fenomena coral bleaching yang tengah mengancam ekosistem perairan global.

Coral bleaching adalah fenomena perubahan warna pada terumbu karang, dari yang sebelumnya berwarna hijau atau coklat menjadi putih pudar. Fenomena ini dipicu oleh perubahan suhu laut secara mendadak, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan kematian terumbu karang

Film ini kerap disebut-sebut sebagai bukti visual yang tak terbantahkan” atas fenomena rusaknya terumbu karang.

Abstract: The Art of Design

Serial dokumenter diproduseri oleh mentan pemimpin redaksi Wired, Scott Dadichini menyoroti para seniman kenamaan di bidang desain seperti membahas perjalanan ilustrator Christoph Niemann, perancang sepatu Nike Tinker Hatfield, penata panggung Es Devlin, arsitek Bjarke Ingels, perancang otomotif Ralph Gilles, desainer grafis Paula Scher, fotografer Platon, dan desainer interior Ilse Crawford.

Pada episode menampilkan sosok Tinker Hatfield. Serial dokumenter ini menjabarkan perjalanan Hatfield sedari menjadi atlet paruh waktu hingga kiprahnya bersama Nike.

Tak hanya itu Michael Jordan juga tampil mengungkap kisah sneakers Air Jordan 11, sepatu basket pertama yang menggunakan bahan kulit paten.

13th

Film dokumenter yang disutradarai Ava DuVernay ini, menyajikan beberapa pemikiran dari para sarjana, aktivis, dan politisi tentang kriminalisasi orang Afrika-Amerika dan ledakan penjara di Amerika Serikat (AS).

Knock Down the House

Film dokumenter ini  menceritakan kisah di belakang layar empat perempuan penuh tekad, termasuk Alexandria Ocasio-Cortez, dalam menantang para politisi kaya raya dalam perebutan kursi Kongres tahun 2018 lalu.

BACA JUGA: Penyuka Film Action, Waspadalah Kesehatan Mentalmu

Explained

Sutradara: Joe Posner dan Ezra Klein Serial ini akan membahas beragam topik, mulai dari cryptocurrency yang kini sedang naik daun, alasan gagalnya diet, sampai hebohnya dunia K-pop. (Sbg/Rig)

Comments