berat Badan Ideal tidak aman jika menerapkan pola Diet Yoyo
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Biasanya saat Lebaran tiba tersaji begitu banyak menu lezat di meja makan  yang membuat kita tergoda untuk menyatapnya. Tapi, hati-hati dengan risiko kenaikan berat badan ya gaes.

Soalnya makanan bersantan serta penuh minyak biasanya dihidangkan di hari raya dan membuat kita kalap.

Supaya berat badan tetap terkontrol, yuk intip beberapa cara yang bisa memangkas lemak di tubuh lantaran terlalu banyak menyantap makanan lezat.

BACA JUGA: Naik Sepeda dan Upaya Memerangi Pandemi Corona 

Bersepeda

Bersepeda sangat baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan apalgi jika dilakukan secara rutin.

Bersepedabisa menurunkan berat badan

Salah satu kunci untuk menurunkan berat badan adalah dengan mambakar banyak kalori. Jika dilakukan dengan benar, bersepeda selama 30 menit dapat membakar antara 300-500 kalori.

American College of Sport Medicine menganjurkan olahraga cardio, termasuk bersepeda, selama 30 menit sehari yang dilakukan setidaknya 5 kali dalam seminggu.

Bersepeda di pagi hari sebelum makan berat dapat membantu membakar lebih banyak lemak yang disimpan dalam tubuh.

Selain itu, bersepeda di pagi hari tentu akan memperlancar metabolisme tubuh yang akan membantu pembakaran kalori dan mempertahankan berat badan ideal.

Rutin Konsumsi Teh Hijau

Kandungan antioksidan yang ada dalam teh hijau bisa melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga proses pencernaan perut pun jadi lancar. Namun kamu nggak boleh Meminum teh hijau secara sembarangan loh,

Nah jika kamu ingin mendapatkan manfaat menurunkan berat badan kamu harus mengikuti proses cara menyeduh sesuai dalam prosedur yang benar dan tepat.

BACA JUGA: Pilihan Makanan Berprotein Buat Menurunkan Berat Badan 

Sarapan dengan Muesli

Banyak orang kini mengonsumsi muesli, bubur atau sereal yang terbuat dari gandum, buah dan kacang-kacangan untuk mengisi perut di pagi hari.

sarapan dengan muesli bisa menurunkan berat badan
(Foto: Freepik.com)

Menu alternatif untuk sarapan ini banyak digemari karena kaya akan protein, serat, dan antioksidan.

Protein ini membuat perut menjadi terasa awet kenyang hingga jam makan siang, tanpa khawatir kelebihan asupan karbohidrat.

Lebih Banyak Porsi saat Sarapan dan Sedikit Porsi pada malam hari

Sarapan dalam porsi besar sebenarnya jauh lebih baik dibandingkan makan dalam porsi banyak saat malam hari. Porsi makan ini lebih efektif untuk menurunkan berat badan dan memperkecil lingkar pinggang.

Makan malam sebaiknya dilakukan dalam porsi kecil
(Foto: Freepik.com)

Pernyataan inipun dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Tel Aviv University. Mereka berhasil menemukan bahwa tidak melewatkan waktu makan dapat mudah mengendalikan berat badan. Selain itu juga porsi makan yang tepat juga sangat berpengaruh.

Kebiasaan makan ini perlu kamu tiru karena makan dengan kalori tinggi pada malam hari hanya akan menimbun lemak pada saat kamu tidur nantinya. Namun, jika kamu makan lebih banyak saat sarapan pagi hari makanan tersebut akan menjadi energi buat kamu dalam melakukan aktivitas.

BACA JUGA: Semakin Tua akan Semakin Sulit Menurunkan Berat Badan?

Lebih Banyak Makan di Rumah

Makan di rumah lebih sehat dan hemat
(Footo: Freepik.com)

Kebiasaan ini sangat baik buat kamu yang sedang melakukan diet. Karena dengan lebih sering makan di rumah, kamu lebih bisa mengontrol makanan apa yang pantas untuk kamu masukkan ke dalam tubuh. Selain itu, kamu juga bisa menghemat pengeluaran juga.

Itulah kebiasaan makan yang bantu kamu turunkan lemak pasca Lebaran. Tidak sulit bukan untuk menerapkan kebiasaan ini? (Sbg/Rig)

Comments