Pikiran Negatif
(Sumber Foto: willingness.com)

Sabigaju.com – Pikiran negatif yang terlintas jika dibiarkan mengendap bisa menghalangi dirimu untuk merasa bahagia. Bahkan, pikiran negatif bisa menjadi salah satu faktor munculnya kondisi otak jadi tidak sehat dan hidup pun jadi tidak tenang.

pikiran negatif justru lebih banyak muncul tanpa kita sadari karena bentuknya yang beragam. Hal itu serupa bola salju yang bergulir dan terus memikirkan hal negatif lainnya sehingga tercipta sebuah pikiran buruk yang luar biasa besarnya.

Apa sesungguhnya yang ada di balik pikiran negatif sehingga ia bisa membuat hidup tidak tenang dan merusak kondisi otak? Simak Ulasannya berikut ini:

BACA JUGA: Anda Adalah Solusi Dari Kecemasan Dalam Hubungan

Hidup Tidak Tenang

Opini atau pikiran diri sendiri terkadang menjadi penyebab terbesar hidup kita dipenuhi kecemasan, bahkan kemarahan. Sayangnya, seringkali kita mudah dikendalikan oleh pemikiran negatif.

Ketika pikiran negatif itu datang, kita seringkali merasa lebih gelap, penuh kecurigaan, dan juga iri. Semua ini hanya akan menguras energi dan membuat kita menjadi tidak produktif. Oleh karena itu, penting untuk bisa melenyapkan pikiran ini dari kepala kita.

Nah, kamu perlu mengusir pemikiran negatif tersebut, cobalah untuk memikirkan hal-hal positif. Mulailah dengan memikirkan hal baik apa yang terjadi pada situasi yang sedang kamu rasakan. Lalu cobalah menerima kegagalan tersebut dan miliki energi baru untuk bangkit.

Lebih baik kamu berusaha untuk terus berpikir positif dan tidak membuang energi untuk secara spesifik memikirkan masalah yang tidak akan bertahan selamanya.

BACA JUGA: Waspada Texting Anxiety Saat Dilanda Asmara

Otak Jadi Tidak sehat

Memikirkan hal negatif secara konsisten dapat dengan mudah memengaruhi kesehatan otak kita. Ini karena setiap kali kita memikirkan sesuatu yang buruk (atau tidak baik), otak kita akan memompa zat kimia yang kemudian akan memengaruhi perasaan kita.

Dan jika kamu terus menerus berpikir negatif hal itu mengubah jaringan saraf kita, yang akan memudahkan kita untuk memikirkan lebih banyak hal negatif.

BACA JUGA: Aktivitas Keren Buat Melatih Ketajaman dan Kemampuan Otak

Hal itu juga membuat kita lebih mungkin membuat keputusan buruk, yang kemudian dapat menyebabkan lebih banyak pemikiran negatif otomatis alias automatic negative thoughts (ANT) yang terus-menerus muncul, menginfeksi otak kita dan mencuri kebahagiaan kita.

Untungnya, kita dapat dengan mudah melawan ANT dengan latihan. Ini dapat dilakukan dengan mengenali pemikiran negatif yang kita miliki, dan mengidentifikasinya sebagai ‘hanya sebuah pikiran’.

Dalam kebanyakan kasus, menjadi rasional dan lebih sadar diri akan pemikiran kita dapat menjadi alat yang kuat dalam meningkatkan fungsi otak. (Sbg/Rig)

Comments