Sumber: www.goldderby.com

Sabigaju.com – Ajang Penghargaan Film dan Televisi Inggris BAFTA 2018 menjadi sorotan banyak media karena memuat konten dan dihadiri oleh berbagai kalangan. Dari tokoh perfilman seperti aktor, aktris, hingga keluarga Kerajaan Inggris turut meramaikan ajang ke-71 untuk mengapresiasi perfilman Inggris terbesar ini. Selebriti kenamaan seperti Angelina Jolie, Lupita Nyong’o, hingga perwakilan Ratu Inggris, Pangeran Charles dan Kate Middleton terlihat tampil menawan di acara ini.

Berbagai genre dan karakter film menjadi nominasi dari 23 kategori dalam ajang BAFTA 2018

Dalam acara ini, terdapat dua penghargaan pilihan, yaitu Fellowship Award dan Outstanding British Contribution to Cinema. Selain itu terdapat 23 kategori yang diperebutkan oleh para nominator. Beberapa film yang menjadi nominasi dalam ajang penghargaan ini ditayangkan juga di Indonesia. Seperti Dunkirk, Paddington 2, Coco, I Tonya, Get Out, Wonder, dan masih banyak lagi.

Pada penghargaan ini terdapat juga kategori yang unik dan sangat spesifik untuk diperebutkan. Diantaranya Outstanding Debut by a British Writer, Director or Producer, Film Not In English Language, British Short Film dan British Short Animation.

Three Billboards Outside Ebbing, Missouri karya Martin McDonagh membawa pulang 5 piala sekaligus dalam satu malam

Selain para pemenang, yang tidak kalah menarik adalah para tamu yang juga menjadi perhatian dunia. Dari mulai kabar terbaru beberapa tokoh hingga representasi berpakaian mereka saat melewati karpet merah. Hampir semua tamu dan selebriti yang hadir mengenakan pakaian berwarna hitam untuk mendukung isu Time’s Up. Kampanye yang menyangkut kasus pelecehan seksual di Hollywood, Amerika Serikat ini telah menjadi topik di media dan beberapa kalangan. Dengan mengenakan pakaian berwarna hitam, mereka dianggap mendukung kampanye yang menyuarakan kesetaraan gender di seluruh dunia.

Namun ada satu pemandangan yang tidak biasa saat perwakilan keluarga Kerajaan Inggris. Duchess of Cambridge, Kate Middleton, justru mengenakan gaun cantik berwarna hijau gelap. Saat ditanya tentang hal ini, Kate maupun pihak Kerajaan tidak menjawab secara langsung. Tak heran aksi dan reaksinya menuai beberapa kritik dan keraguan tentang dukungannya untuk kampanye Time’s Up.

Alih-alih, pengamat fashion dan beberapa ahli media menyatakan asumsi mereka tentang penampilan sang Duchess of Cambridge. Penampilan Kate pada malam itu diyakini bahwa seluruh Keluarga Kerajaan tidak diperbolehkan menunjukkan pesan keberpihakan politik apapun.

Selain Kate, aktris senior Frances McDormand, pemain di film Three Billboards Outside Ebbing Missouri juga tidak mengenakan pakaian hitam. Berbeda dengan Kate Middleton, Frances memilih untuk menjelaskan mengapa ia memilih gaun merah pada acara BAFTA 2018. Ia menyatakan dengan nada penuh canda bahwa ia tidak suka mengikuti aturan. Meski demikian, ia tetap mendukung solidaritas sesama wanita tanpa tampil mengenakan pakaian hitam.

Masih dari topik kesetaraan gender, aktris asal Meksiko-Amerka, Salma Hayek sempat menyatakan hal yang mencengangkan di panggung. Saat membacakan nominasi dan pemenang untuk kategori Best Leading Actor, Salma Hayek mengungkapkan betapa ironis tugasnya malam itu. Ketika sedang giat mendukung isu wanita dan kesetaraan gender, Salma malah mengumumkan pemenang kategori Pemeran Pria Utama Terbaik.

BAFTA 2018 juga membawa beberapa kejutan seperti kemenangan Sutradara asal Wales, Ruango Nyoni. Film I Am Not A Witch karyanya memenangkan kategori Outstanding Debut by a British Writer, Director or Producer. Ajang penghargaan legendaris ini diselenggarakan di Royal Albert Hall, London, dan melibatkan partisipasi publik, dewan juri, serta penghargaan khusus. (Sbg/Nvl)

Comments