Ilustrasi Philippe Coutinho mengenakan seragam tim Barcelona. (Foto Instagram)
Ilustrasi Philippe Coutinho mengenakan seragam tim Barcelona. (Foto Instagram)

Sabigaju.com – Akhirnya transfer Philippe Coutinho Correia berakhir. Gelandang yang kerap bermain kreatif asal Brasil itu akhirnya dilepas Liverpool ke FC Barcelona, Sabtu (6/1) atau Minggu dini hari WIB.

Pihak Barcelona telah mengonfirmasi transfer tersebut lewat media sosial dan situs resmi. Coutinho telah menandatangani kontrak berdurasi 5,5 tahun bersama Barcelona dengan mencantumkan klausul pelepasan sebesar 400 juta euro (sekitar Rp 6,45 triliun).

Situs resmi Barcelona tidak menyebutkan berapa nilai transfer yang telah dikeluarkan oleh manajemen Blaugrana untuk mengontrak Coutinho.

Namun, beberapa media ternama Inggris mengatakan bahwa transfer tersebut memakan biaya sebesar 142 juta pounds atau sekitar Rp 2,58 triliun.

Liverpool Beri Ganti Rugi Buat Fans

Banyak fans Liverpool yang kecewa dengan hengangkangnya Philippe Coutinho ke Barcelona. (Foto Instagram phil.coutinho)
Banyak fans Liverpool yang kecewa dengan hengangkangnya Philippe Coutinho ke Barcelona. (Foto Instagram phil.coutinho)

Kepergian Cotinho meniggalkan The Reds menimbulkan kekecewaan yang luar biasa bagi para pendukung Liverpool.

Sang manajer sekaligus pelatih Juergen Klopp juga meyakinkan kepada suporter bahwa pihak klub sudah berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan sang pemain. Namun, putusan Coutinho sudah bulat.

Satu hal yang membuat kecewa para fans Liverpool adalah mereka banyak yang sudah terlanjur membeli replika jersey klub Liverpool yang diperuntukan untuk untuk pemain asal Brasil tersebut.

Liverpool sendiri akhirnya akan memberi ganti rugi kepada para fans bentuk pertanggungjawaban mereka kepada para fans yang sudah rela membeli replika jersey Philippe Coutinho musim 2017-2018.

View this post on Instagram

🙌 The Red Arrows strike again! 🙌

A post shared by Liverpool Football Club (@liverpoolfc) on

Adapun Ganti rugi yang akan Liverpool kembalikan adalah senilai harga jersey Coutinho, yakni 50 poundsterling (setara Rp900.000).

Penawaran dari pihak Liverpool bisa digunakan dengan membawa jersey Coutinho serta bukti pembayaran. Selain memberi ganti rugi penuh, Liverpool pun tak meminta kembali jersey tersebut.

Voucher tersebut akan berlaku mulai 13 Januari-31 Mei 2018 di toko resmi Liverpool di Inggris dan Irlandia.

Menebak Posisi Philippe Coutinho di Barca

Philippe Coutinho dalam ilustrasi mengenakan seragam tim Barcelona. (Foto Instagram)
Philippe Coutinho dalam ilustrasi mengenakan seragam tim Barcelona. (Foto Instagram)

Keberhasilan transfer Coutinho ini disambut gembira oleh pihak Barcelona. Mereka sangat yakin pemain berusia 25 tahun itu akan menambah daya serang tim dari lini tengah.

Coutinho memiliki kecepatan dan selalu berhasrat melewati pemain bertahan. Kemampuannya mencetak gol juga sudah tak terbantahkan lagi dengan koleksi 13 gol untuk Liverpool pada musim lalu.

Coutinho bisa diplot di gelandang maupun sisi kiri penyerangan. Namun, dia digadang-gadang akan menjadi pengganti Andres Iniesta di posisi nomor 10 karena di lini serang kiri sudah ada Ousmane Dembele. Adapun Iniesta bermain lebih ke belakang, sebagai pemain nomor 8. (Sbg/Rig)

Comments