Sabigaju – Negeri Turki memiliki pesona dan keunikannya sendiri. Dengan perpaduan budaya Eropa dan Asia, Turki memiliki daya tarik bagi banyak wisatawan dunia. Tempat wisata di Turki juga begitu beragam mulai dari sejarah hingga belanja.

Nah, ada berbagai tempat wisata di Turki memang sangat kuat untuk memanjakan dan memberikan pengalaman istimewa bagi para turismaupun traveler

Berikut sejumlah  tempat wisata  dengan pesona alam luar biasa di Turki  yang kerap menjadi destinasi wisata turis dari seluruh dunia.

BACA JUGA: Yuk, Main Sama Singa Plus Nikmatin Vitamin Sea di Mauritius 

Pamukkale

Pamukkale adalah sebuah kota kecil di Turki sebelah barat. Di kota ini terdapat sebuah destinasi Wisata alam berupa kolam sumber mata air panas yang kaya mineral berwarna biru kehijauan.

Tebing lembah itu membentuk teras berundak-undak berupa 17 kolam air panas. Dasar dan dinding kolam dilapisi kristal berwarna putih bersih seperti kapas. Cantik sekali.

Kolam Airhangat yang kaya Mineral di Turki
(Foto: Instagram.com/aliguven15)

Karena warnanya putih bersih seperti kapas, orang Turki memberinya nama Pamukkale yang artinya Cotton Castle atau Kastil Kapas. Suhunya berkisar antara 35°Cmineral yang menyehatkan tubuh.

Kolam tersebut kadang-kadang juga disebut Cleopatra’s Pool atau kolam renang Cleopatra. Disebut begitu karena ada kisah Cleopatra, Ratu Mesir, pernah berenang di situ.

(Foto: Instagram.com/des_fauteuils_et_des_lumieres)

Di atas lembah Pamukkale ada reruntuhan kota Romawi Kuno yang dibangun sekitar tahun 190 SM. Namanya Hierapolis. Disebut Hierapolis karena di sana ada kuil tempat memuja dewa Hieron.

Cappadocia

Cappadocia adalah salah satu karunia alam buat Turki. Kota Kecil di Anatolia timur ini berlokasi di dataran tinggi yang dikelilingi bentang alam unik. Nah, Kamu bisa menjajal hot air balloon yang jadi wisata primadona di Cappadocia.

(Foto: laurajhyatt )

Wisata balon udara ini disebut menjadi atraksi yang paling laris di Cappadocia. Kegiatan ini sendiri dilakukan di Goreme National Park.  Kamu akan diajak untuk melihat keindahan Cappadocia dari atas udara saat matahari terbit.

BACA JUGA: Palau, Tempat Wisata Khusus Buat Para Crazy Rich Man

Oludenis

Oludeniz merupakan salah satu desa kecil yang ada di Turki. Desa kecil ini berada di tepi pantai nan syahdu.

Letaknya di sebelah barat daya Laut Aegea. Selain memiliki hamparan pantai yang indah, desa ini memiliki teluk yang membuat kamu betah berlama-lama berada di sini.

(Foto: Instagram.com/gitseydik)

Apalagi bentuknya mirip dengan Blue Lagoon. Siapa coba yang nggak betah berlama-lama di tempat ini?

Selain memiliki keindahan hamparan pantainya, Oludeniz juga terkenal sebagai tempat paralayang favorit di dunia.

wisata paralayang di Oludenis, Turki
(Foto: Instagram.com/hbudakli)

Keindahan alam yang menawan dan cuaca yang tergolong stabil menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata favorit para wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Trabzon

Trabzon! Kota ini paling dikenal karena kesegaran ikan hamsi dan Karadeniz lahana-nya. Kota yang menyandang gelar “The Forest of Turkey” ini menyajikan kehijauan alam yang tiada tara.

Gak heran kalau musim panas tiba, Trabzon menjadi salah satu kota destinasi wisata yang dituju oleh turis lokal maupun mancanegara

Sumela Monastery di Turki
(Foto: Instagram.com/kus.bakisi)

Kamu bisa mengunjngi Sumela Monastery yang unik lantaran dikenal sebagai perbukitan tempat belajarnya para biarawati Ortodoks Yunani zaman dahulu sekitar abad ke-4.

Biara “bentukan alam” ini sangat unik mengingat posisinya yang menempel di tebing perbukitan.

(Foto: Instagram.com/emel_akcelik)

Kamu juga bisa mampri di Hamsiköy atau dalam bahasa Indonesianya disebut Desa Hamsi. Ya, selain keindahan desanya.

Desa ini juga memiliki jajanan khas yang biasa disebut sütlaç, di mana bahan utamanya adalah beras dan susu murni ditambah toping taburan kacang tanah atau selai kayu manis. Sütlaç biasanya disajikan bersama roti.

BACA JUGA: Inovasi Wisata Berkelanjutan Bakal Jadi Tren di Masa Depan

Antalya

Antalya terkenal dengan keindahan alamnya dan merupakan ibukota Provinsi Antalya. Secara geografis, kota ini terletak di Selatan Turki tepatnya di wilayah Mediterania.

Sudah tak asing kita dengar bahwa Mediterania kaya akan keindahan pantainya yang luar biasa.

(Foto: Instagram.com/come2istanbul_travel)

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu air laut yang berwarna biru turquoise sama dengan warna biru kerajinan batu akik di Cappadocia.

Duden Waterfalls di Turki
(Foto: Instagram.com/ismaili_fjori)

Selain itu, kamu bisa   mengunjung berbagaai destinasi alam nan indah sepertii Duden Waterfalls, Yivli Minare Mosque, Kesik Minare Mosque, Tekeli Mehmet Pasa Mosque, Tunek Hill, dan Karaalioglu Park. (Sbg/Rig)

Comments