Sabigaju.com – Berkunjung ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi pantai Parangtritis yang menjadi ikon Yogyakarta. Pantai Parangtritis terletak di bagian ujung selatan Yogyakarta, tepatnya berada di kecamatan Kretek, kabupaten Bantul.

Pantai Parangtritis juga punya daya tarik mistis. Konon katanya pantai ini terkait erat dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Ratu penguasa pantai selatan.

Menurut kisah turun temurun, nama Parangtritis tersebut diberikan oleh Dipokusumo. Dia adalah seorang pelarian dari kerajaan majapahit. Ia tiba di pantai yang sepi, tenang tersebut dan mulai bersemedi. Ketika dia sedang bertapa tersebut ia melihat air menetes dari celah karang. Karena peristiwa itulah pantai ini disebut dengan Parangtritis. Parangtritis berasal dari 2 kata yaitu parang yang artinya karang dan tumaritis yang berarti menetes.

Pantai Parangtritis, Yogyakarta (Instagram mrtaufik)

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang paling banyak di kunjungi di Yogyakarta. Penyebabnya pantai ini menyimpan potensi keindahan alam, serta ada potensi wisata budayanya juga. Dari segi keindahan alam, kamu bisa menikmati hamparan pasir pantai yang luas dan datar.

Saat berkunjung ke pantai ini kamu bisa menikmati indahnya gumuk-gumuk pasir yang langka, memakan hidangan berbagai macam ikan laut di pantai depok dan yang paling romantis menikmati sunset di sore hari.

Selain daya tarik wisata pantainya, di Parangtritis kamu bisa mengendarai ATV untuk menjelajah pantai. Tentu saja kamu harus menyewa jika ingin naik ATV ini.

Naik ATV di pantai Parangtritis, Yogyakarta (Instagram agskrnwn)

Bila kamu datang pada sore hari maka kamu bisa mencoba naik kuda yang juga banyak disewakan di sekitar pantai. Kalau kamu baru pertama kali naik kuda, kamu tidak perlu takut karena kuda tersebut dipegangi oleh pawangnya ketika kamu naiki. Selain kuda, ada juga lho kereta yang dapat kamu sewa. Seru kan?

Naik kereta kuda di pantai Parangtritis, Yogyakarta (Instagram ibnuyo)

Kini kamu juga dapat menikmati inovasi baru yang dimunculkan saat berwisata ke Pantai Parangtritis yakni menjajal wisata ekstrem paralayang dari salah satu bukit di dekat pantai ini.

Paralayang di Pantai Parangtritis, Yogyakarta (Instagram id.tourandtravel)

Jika kebanyakan paralayang menyajikan pemandangan pegunungan yang indah. Di tempat ini kamu akan mendapatkan pemandangan pantai. Terlebih jika terbangnya saat senja.

Paralayang di Pantai Parangtritis, Yogyakarta (Instagram hendradwiputranto)

Tarif satu kali naik plus pilot paralayang berkisar Rp300.000-Rp375.000. So, siapkan uangmu dari sekarang untuk menikmati sensasi terbang di pantai Parangtritis yang sangat indah dan bersiaplah menguras adrenalinmu! (Sbg/Rig)

Comments