Sabigaju.com – Mendiang Didi Kempot yang dikenal dengan julukan Lord Didi, adalah salah satu penyanyi yang rajin menyebut keindahan pesona alam yang terdapat di Tanah Air.

Hal itu rupanya punya dampak positif dimana banyak wisatawan yang sebelumnya belum mengetahui adanya lokasi yang dia sebut dalam lagunya kini menjadi tenar.

Nah, berikut sederet tempat wisata yang memiliki pesona alam luar biasa dalam lagu Lord Didi yang mesti kamu kunjungi usai pandemi nanti.

BACA JUGA: Terimakasih Lord Didi yang Telah Mengobati Patah Hati Kami 

Gunung Api Purba Nglanggeran

Keindahan tempat wisata ini disinggung Lord Didi dalam sebuah lagunya yang berjudul Banyu Langit.

Lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang mengingat kenangannya dengan sang kekasih saat berada di Gunung Nglanggeran. Sang kekasih pergi, namun pada akhirnya, seperti lagu-lagu Didi Kempot yang sebelumnya, kepergian sang kekasih diakhiri pengingkaran janji lantaran ia tak pernah kembali lagi.

pesona Alam di Gunung Api Purba Nglanggeran
(Foto: Instagram.com/gunungapipurba)

Gunung Api Purba Nglanggeran, merupakan gunung yang ada terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.. Gunung ini adalah gunung berapi yang aktif puluhan juta yang lalu, sekitar 60 – 70 juta tahun silam dan sekarang gunung ini dinyatakan sudah tidak aktif lagi.

Gunung ini cocok disambangi cocok untuk para pendaki pemula ataupun kalian yang ingin sekedar merasakan kesejukan lantaran tidak terlalu tinggi. Saat kamu sampai di lokasi, kamu bisa beristirahat di sebuah pendopo yang berbentuk joglo.

Panorama wisata yang ditawarkan di pegunungan Nglanggeran ini meliputi Sunrise dan sunset matahari dan terbitnya bulan pada malam hari, jutaan bintang yang tersebar di langit dapat kita nikmati pada malam hari,

Kamu juga bisa melakukan aktivitas panjat tebing atau rock climbing yang menantang sambil menikmati perkampungan penduduk yang menarik.

BACA JUGA: Wisata Ramah Lingkungan Bakal Jadi Tren

Pantai Klayar

Pesona alam di Pantai Klayar juga disebut oleh Lord Didi dalam lagunya yang berjudul Pantai Klayar.

Lagu ini berkisah tentang seseorang yang berjanji di Pantai Klayar, namun pada akhirnya ia pergi dan tak pernah kembali lagi. Berakhir Pantai Klayar menyimpan seribu kenangan.

Pesona Alam Pantai Klayar
(Foto: Instagram.com/pantaiklayarpacitan)

Pantai Klayar sendiri merupakan pantai berpasir halus di Pacitan dengan bebatuan karang yang artistik yang terletak 45 kilometer ke arah barat dari Kabupaten Pacitan, tepatnya di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Pantai ini bisa ditempuh dari Solo dan Yogyakarta. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar dua jam.

Sebelum masa pandemi, pantai ini tak pernah sepi. Selalu ada turis yang datang menikmati pantai yang menawarkan beragam pesona unik dan eksotik ini.

BACA JUGA: Menggapai Langit Saat Wisata Gunung Binaiya 

Pantai Parangtritis

Keindahan pesona alam di pantai nan eksotis ini rupanya menjadi sumber inspirasi lagu milik Lord Didi  yang berjudul Parangtritis.

Lagu tersebut mengisahkan tentang seseorang yang ditinggal kekasih, padahal sudah saling berjanji untuk saling bertemu di Pantai Parangtritis.

“Rasane kepengin nangis yen kelingan Paramgtritis, neng ati koyo diiris.” Jika diartikan kurang lebih kalimatnya demikian, “Rasanya ingin menangis jika mengingat Parangtritis, hati bak diiris sebut Lord Didi dalam lagunya yang berjudul Parangtritis.

Pesona Alam di Pantai Parangtritis
(Foto: Instagram.com/parangtritis)

Pantai Parangtritis merupakan salah satu daya tarik terbesar bagi wisatawan saat mampir ke Yogyakarta. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang magical.

Selain itu, kamu bisa menikmati beragam atraksi, seperti naik andong, menunggang kuda, belanja kerajinan khas, hingga wisata kuliner khasnya.

BACA JUGA: Liburan di Pantai Pilihan Tepat untuk Sehatkan Fisik dan Mental 

Teluk Penyu

Pesona alam lainnya yang disebut Lord Didi dalam lagunya adalah Teluk Penyu. lagu yang berjudul Teluk Penyu. Lirik ini memiliki arti tentang ingatan janji sang kekasih.

Ora ngiro ora nyono sliramu dadi mentolo, Lali janji ning Teluk Penyu semono, Lali janji ning Cilacap ndek semono.” Yang berarti, sudahlah kamu tidak sendirian, lupakan Teluk Penyu di sini, lupakan janji di Cilacap.

pesona alam di Teluk Penyu Cilacap
(Foto: Instagram.com/pw_panggih)

Teluk Penyu merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lokasinya aman untuk berwisata karena tak terhubung langsung dengan samudera India karena terhalang Pulau Nusakambangan.

Selain cukup nyaman untuk bermain, di sepanjang pesisir pantai, jika beruntung kamu akan bertemu sisa-sisa kerang laut yang bertebaran indah di sepanjang pasir pantai.

Perhatikan indahnya kerang-kerang putih, gemerlapan terkena sinar mentari bagai kilauan permata indah.

Selain deburan ombak dan pasirnya, Teluk Penyu menjadi salah satu tempat untuk wisata kuliner dan berburu oleh-oleh. (Sbg/Rig)

Comments